Jenis – Jenis Apartemen yang harus anda ketahui

Jenis – Jenis Apartemen yang harus anda ketahui

SHARE
Jenis Jenis Apartemen

Jenis – Jenis dan kelebihan Aprtemen yang harus anda ketahui !

Apartemen merupakan tempat tinggal yang identik dengan gedung yang besar dan berbagai fasiltas mewah yang di tawarkan oleh pihak pengelolanya terlebih lagi di kota metropolitan seperti Jakarta Apartemen sudah menjadi tempat tinggal yang sangat di minati bagi yang berkerja di sekitaran Jakarta. Keterbatasan lahan yang ada di Jakarta menjadi salah satu faktor kenapa banyak orang yang memilih apartemen sebagai tempat tinggalnya.

Apartemen sendiri memilik banyak jenisnya. jenis – jenis Apartemen bisa kita lihat dari luas per unit-nya dan juga ruangan yang ada di setiap unit. Namun makin luas apartemen dan juga makin banyak ruangan yang tersedia maka harga perunit apartemen pun semakin mahal.

Kali ini kita akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis apartemen yang biasa ada di Jakarta.

1. Apartemen Tipe / Jenis Studio

Keunggulan

Keunggulan pertama dari tipe apartemen studio adalah hemat. Ya bagaimana tidak, tipe apartemen studio sendiri memang lebih murah daripada tipe apartemen lainnya. karena luasnya yang tidak terlalu besar, maka biaya perawatan apartemen studio juga tidaklah terlalu mahal. Bahkan, bagi anda penghuni apartemen studio, tidak perlu terlalu kesulitan dalam menjaga kebersihan apartemen. Bagaimana tidak, luasnya yang tidak terlalu besar membuat anda akan dapat dengan mudah membersihkan apartemen.

Selain itu, anda juga tidak perlu terlalu banyak membeli hiasan untuk apartemen anda. juga anda bisa menghemat listrik. Karena penggunaan listrik yang dapat disesuaikan dengan ruangan yang ada. Tidak perlu keluar terlalu banyak biaya.

Kekurangan

Bagi anda yang biasa tinggal di rumah tapak atau hunian horizontal, tinggal di apartemen akan membutuhkan banyak penyesuaian. Hal ini dapat membuat anda merasa bosan dan juga stres area adanya area yang terlalu sempit. Tidak hanya itu, anda juga harus selektif dalam memilih furnitur yang akan digunakan agar apartemen tidak terasa sempit.

source : https://www.patinews.com

2. Tipe Apartemen Alcove Studio

Luasnya hampir sama dengan tipe apartemen studio. Namun apartemen tipe alcove studio berbentuk “L”.

Kelebihan

Kelebihan Apartemen dengan type Alcove Studio dimana bentuk “L” ini bisa memberikan nuansa berbeda di banding dengan apartemen studio biasa, di mana ruang terkecilnya bisa Anda jadikan sebagai kamar tidur karena dapat lebih privasi. Tipe ini biasa disebut half room.

Kekurangan

Kekurangan Apartemen dengan type Alcove Studio sama seperti Apartemen studio dimana ruanganya kurang luas.

3. Apartemen Convertible Studio

Apartemen Convertible Studio memiliki ruangan lebih besar dari Apartemen studio lainnya dan juga memiliki dinding pemisah di setiap ruangannya.

Kelebihan

Dengan Memiliki ruangan Lebih besar dan dinding pemisah dari apartemen studio lainnya ini cukup ideal bagi yang sedang membutuhkan sebuah hunian dengan tampilan modern dan fungsionalitas yang maksimal.

4. Apartemen Tipe Loft

Apartemen Type LOFT memiliki ciri khas pada plafon atau langit-langit yang sangat tinggi, serta keberadaan jendela besar. Sepintas, tampilan apartemen LOFT menyerupai sebuah loteng. Apartemen tipe ini memiliki ruang setengah lantai yang biasanya difungsikan sebagai sebuah kamar.

5. Apartemen Tipe Junior 1 Bedroom

Selain Apartmen Studio ada juga Apartemen tipe junior 1 Bedroom. Apartemen tipe ini memiliki kelebihan dari ruangannya yang sedikit lebih besar dari tipe studio, dimana Apartemen tipe ini memiliki 1 Kamar Tidur dalam satu ruangan yang di pisahkan oleh dinding pembatas ruangan.

Kelebihan
Keuntungan Apartemen tipe ini selain ruanganya yang lebih besar dari Apartemen tipe studio Tipe ini memiliki keuntungan dengan ruangan kamar tidur yang terpisah dari ruangan lainnya sehingga kita bisa lebih nyaman ketika di kamar tidur.

7. Apartemen Tipe Junior 4

Apartemen ini terdiri dari 4 ruangan yaitu satu ruang tengah, satu buah dapur, satu buah kamar tidur, dan satu kamar tidur yang lebih sempit.

Kelebihan

Kelebihan Apartemen tipe ini selain memiliki 2 kamar tidur namun di salah satu kamar tidur yang memiliki ruangan yang sedikit lebih kecil dan memiliki ruangan kecil lainnya yang kita bisa memanfaatkan sebagai tempat belajar atau pun ruangan kerja yang terdapat di satu ruangan.

8. Apartemen Tipe 3 Room

Di mana apartemen memiliki tiga kamar tidur, namun tata letaknya tidak menciptakan lebih dari satu atau dua kamar tidur.

Kelebihan

Apartemen ini sangat cocok bagi untuk keluarga yang sudah memiliki anak di karenakan apartemen ini memiliki beberapa kamar tidur yang bisa di gunakan sebagai kamar anak.

9. Apartemen Tipe Classic Six

Apartemen tipe ini sangat populer di beberapa Negara Eropa dan Amerika khususnya di kota – kota besarnya.

Kelebihan

Apartemen dengan tipe ini sangat luas sehingga satu apartemn mampu memiliki 3 ruang kamar tidur, 2 kamar tidur dan satu kamar tidur yang sedikit kecil biasanya kamar tidur ini biasa di gunakan untuk pembantu rumah tangga.

10. Apartemen Tipe Duplex dan Triplex

Apartemen yang bertingkat, yang sekilas menyerupai rumah tinggal biasa. Lantai dua dan tiga apartemen ini difungsikan menjadi kamar tidur.

Kelebihan

Apartemen seperti ini memiliki banyak sekali kelebihan dari ruangan yang sangat besar bisa kita manfaatkan untuk menjadi beberapa ruangan dan ruangan kamar tidur yang teripisah di lantain berbeda sehingga menajdi kita lebih nyaman berada di kamar tidur.

11. Apartemen Tipe Garden

Tipe apartemen yang satu ini memang sangat jarang sekali ditemukan di Indonesia – bahkan tidak ada. Disebut garden apartment karena memiliki akses ke halaman belakang dan selalu ada di lantai dasar, bahkan berada di lantai bawah tanah (basement). Apartemen taman juga bisa bermasalah karena alasan keamanan dan cenderung memiliki banyak hama.

Tipe manakah yang sobat imania belum Anda ketahui? Selanjutnya, Anda dapat memilih dan menentukan tipe apartemen seperti apa yang paling sesuai dan cocok dengan kebutuhan.

Aksesoris
SHARE

1 COMMENT

Comments are closed.