Kabinet Gantung

Kabinet Gantung

SHARE
kabinet gantung 2

Tips Perawatan Kabinet Gantung

Kabinet Gantung ~ Unsur utama penunjang suatu tampilan desain interior yang harmonis adalah kesesuaian tema ruangan dengan karakter furniture di dalamnya. Tampilan desain interior ruangan berikut ini mengedepankan kesan ringan, seperti pemilihan warna dinding yang berkarakter soft, pemilihan sofa berkaki stainless, hadirnya banyak bukaan pada ruang, dan sebagainya. Agar terlihat harmonis, kesan ringan juga dihadirkan pada lemari lemari dua sisi yang didesain khusus.

Lemari dua sisi ini dipesan khusus di produsen furniture. Dari segi harga, tentu berbeda dengan yang ada di toko furnituer. Harganya bisa lebih mahal dibanding dengan harga di toko furniture. Namun, sudah dapat dipastikan secara keseluruhan tampilannya dapat disesuaikan dengan penataan desain interior hunian. Oleh karena itu,  yang membatasi antara ruang makan dengan dapur juga dirancang dengan konsep ringan. Hasilnya berupa olahan bentuk pada kabinet simpannya. Lazimnya, kabinet simpan memang cenderung  full sampai ke lantai, tetapi kali ini dibuatlah seolah-olah menggantung.

desain kabinet gantungFokus utama pada lemari dua sisi ini memang hanya ada di kabinet simpannya yang dirancang tidak full sampai ke lantai atau seolah-olah menggantung. Oleh karena itu, olahan bentuk lainnya hanya dipadupadankan dengan tampilan backdrop kaca dekoratif dan tiang-tiang kayu yang dipermanis dan diikat oleh permainan ambalan saja. Minimnya olahan bentuk dan alternatif area simpan pada lemari ini sengaja dihadirkan untuk menghindari kesan “berat”. Apabila rancangan lemari dua sisi memiliki banyak olahan bentuk dan alternatif area simpan maka akan mengakibatkan ketidaksesuaian dengan tema tampilan desain interior  nya secara keseluruhan yang mengangkat konsep “ringan”.

Area simpan pada kabinet gantung dirancang berupa laci. Kabinet laci lebih termudahkan pengguna dalam menjangkau barang yang tersimpan di dalamnya. Selain itu, penataan barang pada kabinet aci pun bisa lebih rapi. Kabinet laci yang ditempatkan pada sisi yang menghadap ruang dapur sengaja dipilih dikarenakan aktivitas dan kebutuhan simpan pada ruang dapur lebih banyak daripada di ruang makan. Oleh karena itu, area simpan pada kabinet gantung dirancang terbuka. Rak terbuka tersebut hanya berfungsi untuk meletakkan benda-benda yang lebih bersifat dekoratif atau pajangan dengan harapan benda-benda dekoratif tersebut bisa dinikmati keindahannya dari arah ruang makan.

Ada beberapa tips cara perawatan desain interior dengan menggunakan  kabinet gantung :

  1. Selain menggunakan permainan kaca dekoratif bisa juga diganti dengan kaca sandblast.
  2. Hindarkan penyimpanan benda yang beratnya berlebihan pada kabinet laci karena akan menyulitkan pada saat mengambil barang.
  3. Hindarkan menyimpan benda lebih tinggi daripada tinggi laci. Hal tersebut akan membuat benda yang disimpan tidak awet.
  4. Rawatlah sela-sela tiang dan ambalan yang jaraknya terlalu rapat. Perawatan bisa menggunakan  kuas bekas cat. Sesuaikan besar kuas dengan permukaannya. Kemudian basahi dengan air bersih lalu sapukan pada celah yang ada dilemari. Bulunya yang lembut bisa menyapu debu yang menumpuk. Terakhir, bungkus kuas dengan lap bersih yang kering kemudian sapukan untuk mengeringkan area pada celah tersebut.

Demikianlah tips cara merawat desain interior dengan menggunakan kabinet gantung. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai interior klasik dan oriental, desain interior metal, dan gaya etnik. Selamat membaca, Happy design 🙂

Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY