Cara dan Tips Mendesain Dapur yang Berukuran kecil

Cara dan Tips Mendesain Dapur yang Berukuran kecil

SHARE
dapur sederhana

Menata dapur dengan ukuran yang sempit atau Kecil

Mendesain Dapur yang Berukuran kecil – Rumah terdiri dari beberapa kamar atau ruangan yang penting sesuai dengan kebutuhan dari di pemiliknya, salah satunya yaitu dapur yang meskipun kecil namun jika desain dapur dibenahi sedemikian rupa. Maka akan memberikan kesan yang nyaman, bersih, bahkan juga luas.

Dapur adalah sebuah ruangan atau tempat yang digunakan atau berfungsi sebagai tempat untuk melakukan aktifitas mengolah makanan, atau yang umumnya disebut dengan memasak. Biasanya dapur terdiri atau terbagi menjadi “dapur kering” dan “dapur basah”. Dapur kering umumnya terdapat meja makan, dan lebih dekat dengan ruang keluarga. Sedangkan dapur basah adalah tempat untuk proses memasak dan juga mencuci barang seperti piring dan gelas kotor yang terletak lebih di belakang.

Mendesain dapat disamakan juga dengan menata dapur agar menjadi lebih nyaman. Terutama dapur yang memiliki ruangan tidak besar harus dapat di tata dengan baik. Karena jika dapur yang memiki ukuran ruangan lebih kecil dan tidak terdesain dengan baik, akan menjadi lebih sempit.

Mendesain Dapur yang Berukuran kecilMemiliki ukuran dapur yang relatif kecil memang bukan suatu masalah. Namun jika tidak tertata dengan rapi maka akan membuat dapur menjadi tidak efektif. Akan tetapi jika tahu bagaimana cara menyiasati dapur yang sempit, maka kesan luas atau lega akan didapatkan. Dapur dengan ukuran yang luas memang lebih leluasa, namun ruangan yang kecil pun dapat berfungsi dengan baik dan juga nyaman.

Untuk mengetahui cara bagaimana mendesain dapur yang kecil agar lebih nyaman dan juga fungsional, maka berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan. Di antaranya yaitu;

  • Pertama; bayangkan jika ruangan dapur lebih luas. Kemudian siasati dengan memberikan cat dinding yang berwarna putih. Jika memungkinkan, menonjolkan tumpukan piring yang berwarna putih juga akan memberikan kesan yang luas. Hal tersebut karena piring yang berwarna putih juga akan terlihat menyatu dengan dinding dapur tersebut.
  • Kedua; menemukan tempat untuk menyimpan semua barang di dapur. Tentu saja barang-barang yang berkaitan dengan kepentingan atau urusan dapur. Rapikan barang-barang tersebut karena kerapian adalah hal terpenting agar ruangan yang sempit dapat digunakan lebih efisien.
  • Ketiga; jika memiliki pintu lemari di dapur, tidak ada salahnya melepas pintu lemari tersebut dan biarkan isi lemari dapat dilihat dengan mudah. Atau jika tidak ingin lemari tanpa penutu, maka dapat menggunakan pintu kaca. mengapa hal ini berpengaruh pada ruangan dapur yang sempit, karena akan menghilangkan kesan sempit.
  • Keempat; berikan pencahayaan yang lebih terang untuk dapur dengan ruangan yang kecil. Selain itu lebih baik jika terdapat fentilasi udara yang cukup, setidaknya agar matahari dapat masuk. Jika sinar matahari sama sekali tidak masuk, maka usahakan untuk memberikan penerangan yang lebih agar dapur tidak memiliki kesan yang sesak.
  • Kelima; menggunakan barang atau furniture yang lebih multi fungsi. Tentu saja hal ini bertujuan agar barang tidak banyak memakan ruangan alias hemat tempat. Selain itu juga gunakan barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan, atau tidak menumpuk barang yang jarang digunakan. Selain agar dapur menjadi luas, juga agar tidak memberikan kesan berantakan dan juga “penuh” untuk dapur kecil tersebut.

Mendesain dapur yang berukuran kecil atau dengan kapasitas ruangan yang relatif sempit memang gampang-gampang susah. Namun jika dapat melakukannya, dapur mungil akan sangat efektif. Karena bagaimanapun bentuk dan juga ukurannya, kunci kerapian dan kebersihan akan selalu menjadi hal yang paling utama sebagai desain dapur yang nyaman dan juga luas.

Nah, sahabat Imania itulah beberapa sharing mengenai cara simpel dalam mendesain dapur yang berukuran kecil. Selamat mencoba.

Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS