Prinsip-Prinsip Desain Interior Rumah dengan Konsep Islami

Prinsip-Prinsip Desain Interior Rumah dengan Konsep Islami

SHARE

Konsep desain interior rumah bisa berdasarkan berbagai hal, seperti hobi, kebutuhan ataupun budaya. Kepercayaan dalam beragama terkadang juga mempengaruhi akan interior hunian tempat tinggal kita. Islam sendiri memiliki beberapa aturan yang cukup detail mengenai kondisi rumah kita agar lebih memberikan suasana yang nyaman dan ketenangan. Hal tersebut tentunya sangat baik untuk anda perhatikan dan terapkan kedalam rumah.

Kebanyakan desain interior rumah terutama di perumahan atau komplek tidak terlalu memperhatikan hal tersebut, salah satu contohnya adalah jarang adanya ruang untuk ibadah solat terkecuali kita sendiri yang membuat atau memintanya. Walau memang ibadah solat bisa dilakukan dimana saja, namun sebaiknya kita tetap menyediakan ruangan khusus agar ibadah kita menjadi lebih khusyuk dan tidak terganggu dengan hal lainnya. Ruangan khusus ibadah tersebut juga dibutuhkan apabila ada tamu atau saudara yang dating berkunjung ataupun menginap dirumah kita.

Ada beberapa hal atau prinsip utama yang sebaiknya anda perhatikan dalam mendesain baik itu interior atau eksterior rumah agar lebih islami dan sesuai dengan syariat agama. Tentunya dengan melakukan hal tersebut, diharapkan akan menambah dan mempermudah usaha kita dalam mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan ketaqwaan.

 

Prinsip Desain Interior Rumah Islami

Jauhkan Rumah dari Hal-Hal yang Syirik
ornamen-atau-lukisan-islami
gunakan ornamen atau lukisan islami

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam mendesain rumah bernuansa islami adalah dengan menjauhkan segala hal yang berbau syirik atau yang mengandung kesirikan walau sedikit. Salah satu contohnya adalah patung-patung, ornament yang bisa mengundang sirik, benda pusaka, lukisan atau gambar dengan mahluk yang bernyawa dan lain-lain. Pembangunan rumah juga tidak berdasarkan kepercayaan tertentu seperti arah mata angina, feng shui dan sebagainya.

Jangan Membuat Toilet Menghadap atau Membelakangi Kiblat

Didalam salah satu hadist, ada larangan untuk tidak membuat toilet dengan posisi menghadap atau juga membelakangi kiblat.

janganlah salah seorang dari kalian kencing dgn menghadap ke arah Kiblat. Dan akulah orang yg pertama kali menyampaikan hadits ini kepada orang-orang. [HR. ibnumajah]

Pisahkan kamar Anak Laki-Laki dan Anak Perempuan
desain kamar tidur minimalis
kamar tidur anak perempuan

Prinsip desain interior rumah islami selanjutnya adalah memisahkan kamar untuk anak laki-laki dan juga untuk anak perempuan. Hal tersebut juga dijelaskan didalam hadist agar kita sebagai orang tua memberikan ruangan yang berbeda terutama jika sudah balig.

Baiknya Sediakan Tempat Wudhu dan Kran Diluar kamar Mandi

tempat-wudhuWalau tidak ada larangan untuk mengambil wudhu di kamar mandi, sebaiknya membuat tempat khusus atau kran diluar kamar mandi. Ada beberapa aturan saat kita mengambil air wudhu di kamar mandi terutama yang ada toiletnya. Islam sendiri melarang kita berzikir jika sedang berada di dalam toilet atau kamar mandi. Oleh karenanya, sebaiknya anda membuat tempat wudhu sendiri yang dibuat diluar kamar mandi atau toilet.

Halangi Pandangan Orang Luar Melihat Langsung Kedalam Rumah

Desain rumah anda agar orang luar tidak dapat melihat langsung kedalam rumah. Hal tersebut penting salah satunya agar melindungi orang rumah dari terlihatnya aurat. Terkadang saat kita berada didalam rumah, ibu atau anak perempuan tidak mengenakan penutup aurat secara sempurna.

Lihat juga: Tema atau Konsep Desain Interior Terbaik

Itulah beberapa prinsip atau kaidah mengenai desain interior rumah islami yang sebaiknya anda terapkan kedalam rumah anda. Desain rumah yang baik tentunya akan membuat kita merasa lebih nyaman dan memberi keberkahan bagi kita yang tinggal didalamnya.

 

Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS