Tips atau Cara Agar Cat Dinding Luar Rumah Lebih Awet dan Tahan...

Tips atau Cara Agar Cat Dinding Luar Rumah Lebih Awet dan Tahan Lama

SHARE

Cat dinding merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan tembok rumah kita. Namun ternyata cat dinding diluar rumah mengalami pengelupasan lebih cepat dan lebih mudah rusak dibandingkan dengan cat dinding yang ada didalam rumah. Cat dinding luar lebih mudah rusak seperti warna yang lebih cepat pudar dan terkelupas, atau juga lebih mudah berjamur karena iklim cuaca diluar yang berubah-ubah.

Oleh sebab itu, pada bagian dinding luar rumah haruslah kita perhatikan dengan baik dan dirawat dengan seksama. Tentunya agar lebih awet dan lebih tahan lama. Kita pastinya yidak ingin dindind luar rumah kita terlihat kusam dan jelek apalagi jika ada tamu atau tetangga yang datang kerumah.

Nah, untuk membuat cat dinding luar rumah menjadi lebih awet dan tahan lama, berikut ini adalah beberapa tips agar cat dinding lebih awet, tahan lama dan tetap terlihat cantik walau dalam kondisi cuaca yang kurang baik.

pict by rumahtrendy .com

Bersihkan Dinding yang Hendak Di Cat

Sebelum anda mulai untuk memberi cat ke dinding luar, sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu kalau dinding sudah bersih dari kotoran ataupun debu yang menempel. Anda debu atau kotoran dapat membuat cat menjadi kurang menempel sempurna dan akan cepat mengelupas kembali.

Jika dinding rumah anda ternyata sudah berlumut, maka gunakan air kaporit untuk membersihkan jamur dan membuat benih jamur yang menempel di dinding mati. Setelah itu bersihkan dan anda bisa memulai mengecat tembok rumah anda.

 

Gunakan Cat Khusus Eksterior

Untuk tembok luar, sebaiknya gunakan cat khusus untuk tembok luar atau cat khusus eksterior. Cat jenis ini sudah dibuat secara khusus untuk bisa bertahan lebih lama dan dapat melindungi dinding rumah dengan lebih sempurna dari iklim ekstrim ataupun dari kotoran dan jamur.

 

Sesuaikan Cat dengan Bahan Dinding

Dalam memilih cat, sesuaikan juga dengan bahan tembok yang anda gunakan. Cat untuk tembok kayu tentunya akan berbeda dengan cat yang digunakan untuk dinding yang menggunakan batu alam. Cat tembok terutama untuk dinding luar biasanya mempunyai tekstur yang lebih tebal dan lebih menempel dengan kuat.

 

Gunakan Warna Cerah

Pemilihan warna dari dinding luar juga sangat penting dan mempengaruhi kesan dari orang-orang yang melihatnya. Selain itu kenapa warna cerah sangat disarankan adalah karena warna tersebut memiliki pigmen yang lebih sedikit dibandingkan dengan warna-warna gelap. Hal tersebut akan mengurangi resiko cat menjadi cepat pudar. Warna yang baik dan disarankan untuk dipilih adalah warna merah muda, putih, hijau muda dan kuning.

 

Mengecat Saat Cuaca Cerah

Disarankan untuk melakukan pengecatan saat dalam cuaca yang cerah. Karena hal tersebut dapat mempercepat proses pengeringan cat.

 

Itulah beberapa tips yang bisa Sahabat Imania lakukan untuk membuat cat dinding luar rumah menjadi lebih awet dan juga lebih tahan lama dibandingkan biasanya.

Lihat juga: Cara Bikin Dinding Rumah Terlihat ‘Wah’ dan Cantik

 

 

Berikan Rating
Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS