Tips Berkebun di Apartemen – Persiapan Awal sebelum Menanam

Tips Berkebun di Apartemen – Persiapan Awal sebelum Menanam

SHARE
tanaman terarium

Memiliki sebuah apartemen yang lahannya terbatas memang cukup mengesalkan, namun hal tersebut tentunya tidak harus menghentikan hobi kita dalam berkebun atau memiliki taman impian sendiri di apartemen.

Saat ini kegiatan berkebun tidaklah harus menggunakan area lahan atau tempat yang luas. Anda bisa memanfaatkan ruangan atau area yang kecil di apartemen untuk dijadikan sebagai tempat untuk anda menanam berbagai tanaman kesayangan. Terdapat beberapa trik yang bisa kita lakukan untuk membuat kebun di lahan apartemen yang sempit. Berikut ini beberapa tipsnya untuk sahabat Imania.

 

Pilih Media Tanam

tanaman terariumKarena lahan yang terbatas, tentunya kita harus pintar-pintar dalam memilih media tanam agar tidak terlalu menghabiskan banyak tempat maupun biaya. Terdapat 2 media tanam yang bisa menjadi pilihan bagi sahabat Imania, yaitu dengan menggunakan pot ataupun menggunakan pipa.

Pot: Pilihan yang pertama adalah dengan menggunakan wadah pot yang berukuran kecil hingga sedang atau sekitar 17 cm untuk menanam tanaman hias ataupun untuk sayur-sayuran. Jika mau, anda bisa membuat pot buatan sendiri dari botol, kaleng bekas, atau dari wadah toples.

Pipa: Anda juga bisa menggunakan pipa yang berukuran cukup panjang dengan diameter minimal sekitar 7 cm. Pipa tersebut bisa ditempatkan di dinding ataupun seperti rak bersusun.

 

Posisi dan Kapasitas Jumlah Sinar Matahari

Nah, sebelum kita memulai untuk berkebun atau membeli tanaman yang akan ditaruh di apartemen anda, sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu dimana dan berapa banyak sinar matahari yang masuk ke apartemen anda. Hal tersebut sangat penting untuk diketahui terutama dalam pemilihan tanaman nantinya agar lebih cocok dan juga tahan lama.

 

Pemilihan Jenis Tanaman

Pemilihan jenis tanaman yang tepat dan cocok dengan apartemen anda pastinya sangatlah penting, karena anda tidak mau kan kalau tanaman yang ditanam ternyata jadi cepat mati. Jika apartemen anda berada di lantai atas dan terkena banyak sinar matahari langsung, maka memilih tanaman yang tahan panas sangat dianjurkan.

Sebaliknya, jika apartemen anda jarang terkena panas, maka pilihlah tanaman yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahari atau memang tidak kuat terkena sinar matahari.

 

Menggunakan Taman Vertikal
sumber: pinterest .com

Tehnik atau metode taman vertikal saat ini sangat popular dan bisa menjadi pilihan terbaik untuk menanam tanaman di apartemen. Dengan menggunakan taman vertikal, anda bisa memanfaatkan dinding atau menggunakan rak bersusun.

 

 

Berikan Rating
Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS