Tips Memakai jasa Tukang untuk Membangun atau Renovasi Rumah

Tips Memakai jasa Tukang untuk Membangun atau Renovasi Rumah

SHARE

Membangun atau melakukan renovasi rumah tentunya membutuhkan tukang atau jasa supaya pengerjaannya dapat lebih cepat dan lebih baik. Tentunya anda tidak mau kan mengerjakannya sendiri? Namun, sebisa mungkin kita tidak ingin mengeluarkan banyak uang saat membangun rumah, apalagi jika hasilnya ternyata tidaklah sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Dalam memilih jasa tukang juga harus anda perhatikan dengan seksama, jangan sampai anda salah pilih sehingga hasilnya kurang maksimal. Entah itu pengerjaan yang buruk, pemilihan material bangunan yang jelek atau pekerjaannya memang tidaklah serius da asal-asalan.

 

Tips Memilih Jasa Tukang untuk Menbangun Rumah

rumah minimalis type 45
rumah minimalis type 45

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih jasa atau tukang untuk membangun atau merenovasi rumah.

  1. Cek Rekam Jejak Kontraktor atau Tukang

Cari tahu mengenai hasil kerja dari kontraktor atau jasa desain interior dan tukang yang akan anda gunakan. Tanyakan kepada orang yang telah menggunakan jasa mereka mengenai kualitas dan hasil kerja yang telah mereka buat.

  1. Ketahui Pekerjaan yang Dikerjakan

Saat sedang membangun atau  merenovasi, sebaiknya ketahui rincian dari pekerjaan apa saja yang akan dikerjakan dan juga pekerjaan apa saja yang dibebankan ke kontraktor atau tukang.

  1. Pilih Pekerjaan Harian atau Borongan

Cek biaya dan pekerjaan yang harus dilakukan, apakah kira-kira harus dikerjakan dengan system bayar harian atau borongan. Cek mana yang kira-kira membutuhkan biaya yang lebih tinggi, termasuk biaya makan, biaya rokok dan lain-lain.

  1. Buat Kontrak Tertulis

Membuat kontrak tertulis sangat penting dan sangat diperlukan agar tidak ada masalah dikemudian hari, seperti bangunan yang gampang rusak, material yang tidak sesuai dengan rancangan, dan masalah lainnya dikemudian hari.

Dalam kontrak juga harus tertera nilai pembayaran, pekerjaan yang harus diselesaikan, waktu pekerjaan, bahan material yang digunakan, dan sebagainya.

  1. Gunakan Jasa Konsultan Arsitektur

Pengawasan dan jasa arsitek sangatlah penting agar pekerjaan tukang menjadi lebih baik dan lancar. Namun memang penggunakan jasa arsitek masih terbilang jarang digunakan, padahal keberadaannya cukup membantu dalam membangun sebuah rumah terutama untuk rancang bangun yang terbaik dan tepat.

Itulah beberapa tips dari Imaniadesain.com yang bisa anda lakukan saat akan memakai jasa tukang untuk membangun dan merenovasi hunian tempat tinggal anda. Semoga informasi dari kami ini dapat bermanfaat dan berguna untuk kamu sahabat Imania semua.

 

Lihat juga: Arsitektur Rumah Unik dan Menarik di Dunia

Berikan Rating
Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS