Tips Mengatasi Lantai Keramik yang Berjamur

Tips Mengatasi Lantai Keramik yang Berjamur

SHARE
model lantai keramik

Lantai Keramik Anda Berjamur atau Lembap?? Ini Tips Mengatasinya !

Lantai keramik yang terserang jamur memang sangat kurang sedap dipandang. Jamur yang menempel juga dapat menyebabkan penyakit. Umumnya keramik yang terserang jamur berada di tempat yang lembab seperti kamar mandi, tempat mencuci dan lain sebagainya. Namun, sahabat Imania tak perlu cemas, ada salah satu cara untuk menghilangkan noda akibat jamur, yaitu dengan menggunakan bubuk Kristal.

Penggunaan bubuk Kristal ini untuk membersihkan keramik dari jamur memang belum tenar banget di rumah-rumah tinggal. Namun, kalau di hotel maupun perkantoran penerapan membersihkan jamur dengan bubuk Kristal sudah umum dilakukan. Membersihkan keramik dari jamur dengan menggunakan bubuk Kristal sangat mudah sekali, berikut informasinya :

 Alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • Air
  • Sikat gigi
  • Bubuk Kristal
  • Spons
  • Kuas
  • Wadah plastic

Cara penggunaannya :

  1. Campurkan 1 sendok bubuk Kristal dengan ¼ gelas air bersih secara merata dalam wadah plastic. Bila nodanya sudah sangat parah bangett, jumlah bubuk kristalnya harus ditambahkan.
  2. Bersihkan keramik dengan kuas atau spons hingga bersih dari noda. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan noda pada nat ( celah diantara keramik )
  3. Setelah benar-benar bersih, siram keramik lantai dengan air bersih.

lantai keramik kamar mandiTips Mengatasi Lantai Keramik yang Lembab

Lantai rumah, baik yang terbuat dari kayu, keramik ataupun bahan lainnya sering kali mengalami masalah kelembapan. Lantai rumah yang lembab dapat menjadi penyebab munculnya penyakit akibat adanya jamur dan bakteri. Sedangkan lantai lembab itu disebabkan oleh adanya air yang berasal dari tanah yang muncul atau merembes keatas. Nah, muncunya air tersebut disebabkan oleh lapisan adukan pada lantai yang tidak kedap air. Untuk mengatasi model keramik lantai yang lembap, berikut tipsnya :

Alat yang digunakan :

  • Lembaran plastic
  • Pasir
  • Semen
  • Sendok semen

Langkah pengerjaannya :

  1. Bila lantai kedap air, cukup tutup nat dengan bahan kedap air. Untuk lantai yang tidak kedap air, seperti lantai parket, angkat lantai di daerah permukaan yang lembab sampai ke lapisan urukan pasir
  2. Lapisi permukaan pasir tadi dengan lembaran plastic
  3. Beri spesi kedap air dengan perbandingan semen dan pasir 1:2. Dengan ketebalan lapisan spesi sekitar 3 cm.
  4. Pasang kembali lantai seperti semula.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu 4 ide desain rumah mewah, tips memilih warna cat rumah minimalis, dan lantai keramik tips mengatasi penutup lantai lepas. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS