Blog

Pentingnya Mengenal Bagian Kitchen Set

Peralatan elektronik pendukung bagian kitchen set

Punya rencana membuat kitchen set …?? Sebaiknya kenali dulu bentuk kitchen set beserta bagian – bagiannya. Bentuk/model kitchen set yang benar dan sesuai dengan ukuran ruangan menjadikan desain interior dapur tampil kompak dan menawan. Berikut beberapa bagian kitchen set yang perlu kita ketahui, antara lain :

Lemari Kabin

Bagian kitchen set lemari kabinMerupakan bagian kitchen set yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai peralatan dapur serta aksesoris pelengkap kitchen set. Berdasarkan letaknya pada kitchen set, lemari kabin terdiri dari dua bagian, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Tinggi lemari kabin atas idealnya adalah sejangkauan tangan , sehingga kita mudah untuk mengambil barang – barang yang diperlukan tanpa harus menggunakan bantuan tangga. Di bagian bawah dapat digunakan untuk menyimpan barang – barang yang sering di gunakan. Bahan dasar yang umum digunakan untuk lemari kabin adalah kayu solid dan kayu olahan .

Table Top/ Counter Top

bagian kitchen set toptableTampilan kitchen set tidaklah lengkap tanpa kehadiran table top. Table top adalah kitchen set yang berfungsi sebagai meja kerja untuk melakukan persiapan memasak. Material table top sendiri haruslah kuat, antigores, tahan panas dan air, serta memiliki permukaan yang mudah dibersihkan. Pilihan material untuk table top antara lain solid surface, granit, marmer , keramik, atau tacon. Dari pilihan material diatas, solid surface merupakan material yang terbaik sehingga harganya pun cukup tinggi.

Kitchen Sink

bagian kitchen set kitchen sinkKitchen sink merupakan salah satu sis kitchen set yang berfungsi sebagai tempat mencuci, baik bahan makanan maupun peralatan memasak. Jenis-jenisnya antara lain kitchen sink dengan lubang tunggal atau dua lubang. Gunakan jenis sink yang sesuai dengan ukuran Model kitchen set sehingga hasil tampilan desain interior dapur sesuai dan pas dilihat mata.

Kompor

Merupakan kitchen set yang paling pokok untuk aktifitas memasak . Ada beberapa jenis kompor yang ada dipasaran, yaitu kompor portable , kompor tanam (built in cooker), dan kompor berdiri (freestanding cooker). Penggunaan kompor yang tepat membuat aktifitas memasak anda menjadi aman, nyaman, efisien, dan makanan yang dihasilkan pun lebih nikmat .

Cookerhood

Adalah sisi kitchen set yang berfungsi sebagai alat penghisap asap atau uap hasil memasak. Dengan adanya cookerhood ini udara di dapur akan menjadi lebih bersih dan segar. Kini telah tersedia beragam jenis cookerhood dari yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Berdasarkan bentuk atau modelnya, cooker hood terbagi atas beberapa bentuk yaitu slim line, sliding, chimney, island dan country.

Kulkas/Refrigerator

Merupakan pelengkap kitchen set yang identik dengan kitchen set modern. Sebagai tempat menyimpan bahan – bahan makanan agar tetap segar dan menjadi lebih tahan lama dan tidak cepat membusuk. Ada tiga jenis kulkas yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu jenis side by side / freezer di samping, two-door-top-mount/ freezer di atas, dan two-door-bottom-mount /freezer di bawah.

Microwave

Merupakan aksesoris kitchen set yang berfungsi sebagai perlengkapan pendukung untuk menghangatkan makanan. Alat ini tergolong perangkat dapur yang mewah, karena hanya rumah dengan daya listrik besar yang bisa memakainya. Tapi, kini makin banyak microwave dengan harga yang terjangkau. Konsumsi listriknya pun makin irit, mulai dari 500 – 2400 watt. Dengan fungsi makin beragam microwave sangat mendukung gaya hidup serba instan dan praktis.

Itulah beberapa informasi mengenai bagian kitchen set. Untuk melengkapi informasi mengenai interior rumah, sahabat Imania juga bisa membaca artikel yang berkaitan yaitu mengenai aksesoris pelengkap kitchen set dan aksesoris pelengkap wardrobe. Selamat membaca, happy design 🙂

Berikan Rating

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp