Category: Featured

Interior Ruang Tamu Minimalis

Interior Ruang Tamu Minimalis

Tips Mempercantik Interior Ruang Tamu Minimalis

Interior Ruang Tamu Minimalis, Bila anda mempunyai rencana untuk mendekor atau membuat ruang tamu tak perlu cemas dengan keterbatasan luas ruangan. Walaupun ruangannya kecil masih bisa digunakan untuk ruang tamu. Inti dari adanya ruang tamu itu kan, agar orang-orang yang datang sebagai tamu, mempunyai ruangan sendiri. Ruang tamu tak harus memiliki luas ruangan yang lebar, ruang kecil pun bisa digunakan, dengan konsep desain interior ruang tamu minimalis.

Yang terpenting adalah ruang tamu tersebur rapih, furniturenya tertata dengan baik, dan nyaman. Harus mulai darimana?? Hal pertama bisa anda lakukan dengan pemilihan warna, pemilihan warna menjadi factor penting dalam menciptakan ruang tamu agar terkesan luas. Sedikit saran, hindari warna-warna gelap pada ruang tamu minimalis. Pilihlah warna-warnah yang cerah, dengan begitu ruang tamu anda bisa terkesan lebih luas.

Setelah memberikan warna yang tepat pada ruang tamu, selanjutnya anda bisa meletakkan furniture atau barang-barang. Tapi yang mesti diingat, pilihlah furniture yang tidak terlalu besar ukurannya, sehingga tidak memakan banyak space ruangan tamu. Dengan begitu, ruang tamu anda lebih luas. Sesuaikan desain furniture dengan desain ruang tamu anda.

Interior ruang tamu minimalis

Ruang TamuAgar ruang tamu minimalis terlihat lebih luas, coba anda berikan cermin di ruang tamu tersebut, penggunaan cermin pada ruang tamu minimalis akan memberikan efek luas pada ruangan, karena pantulan ruangan yang dilakukan oleh cermin tadi.

Kadang, sering kali terlihat adanya perabotan yang tidak penting atau tidak tahu fungsinya sebagai apa pada ruang tamu. Perabotan atau furniture tersebut lebih baik anda pindahkan, atau disimpan jika memang tidak digunakan lagi. Banyaknya perabotan membuat ruang tamu menjadi sempit dan tidak sedap di pandang.

Agar ruang tamu minimalis menjadi lebih menarik, ciptakanlah sesuatu yang menjadi focus perhatian ( focal point ) misalkan pada dinding ruang tamu pada satu sisi dinding dibuat berbeda, atau ada furniture-furniture yang unik, focal point inilah yang menarik perhatian di dalam ruang tamu, dan tentunya desain interior ruang tamu semakin cantik saja.

Demikianlah informasi dan tips bagaimana membuat interior ruang tamu tampil lebih rapi, cantik di ruangan dengan space yang kecil. Semoga artikel ini bisa memberikan anda inspirasi dalam menentukan atau memilih ruang tamu minimalis 🙂

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai penataan interior dapur, interior dapur bawah tangga, dan interior dapur mini bar. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
interior dapur mini bar

Interior Dapur Mini Bar

Fungsi Mini Bar Sebagai Elemen Dekoratif Interior Dapur

Interior Dapur Mini Bar, Bila kita melihat desain dapur saat ini sangat terasa bedanya dengan desain-desain dapur jaman dulu. Dulu, desain dapur belumlah sebanyak dan seragam saat ini, masih monoton bisa dibilang, satu tipe ya satu tipe saja. Namun, beda dengan dapur saat ini, dapur era sekarang sudah sangat beragam desainnya, ada yang minimalis, klasik dan seterusnya.

Banyak orang saat ini membuat dapur bisa dua jenis, yang pertaman dapur kotor serta dapur bersih, untuk dapur bersih juga tidak hanya pantrynya saja, namun dilengkapi juga dengan meja island serta meja mini bar. Khusus, pada meja mini bar, biasanya sangat disenangi oleh pasangan-pasangan muda. Mereka senang kalau pantrynya ada meja mini barnya.

Walaupun meja mini bar sering kita dengar, namun, tahukah anda apa kelebihannya bila dapur kita memiliki meja mini bar?? Ada beberapa kelebihan atau keuntungan bila dapur memiliki meja mini bar, yaitu diantaranya sebagai berikut :

Dilihat dari Fungsinya

Secara umum, meja mini bar menggabungkan kendahan dengan fungsi. Indah karena dengan adanya meja mini bar berarti dapur kita semakin lengkap serta keindahan desain meja mini bar dapat memperindah dapur kita bahkan interior rumah anda. Untuk fungsinya, meja ini bisa dibuat tempat untuk anggota keluarga berdiskusi sambil menyantap makanan dan minuman.

Multifungsi

Tak hanya mempunyai satu fungsi saja, meja mini bar juga menjadi multifungsi, yaitu meja ini juga bisa dijdikan cabinet tambahan untuk menyimpan peralatan kitchen set, seperti sendok-sendok atau piring. Tidak hanya itu, meja bar juga bisa digunakan sebagai tempat untuk kumpul keluarga sambil menyantap makanan yang telah dimasak dan minuman

Mudah Perawatannya

Meja mini bar cukup mudah untuk dibersihkan, meja bar memang harus rutin perawatannya, sebab jika tak dirawat, akan merusak desain dari meja bar itu sendiri. Bila anda ingin meja bar mudah untuk dipindah-pindahkan, anda bisa memberikan roda di bawah meja bar tersebut. Dengan begitu, anda bergonta-ganti letak meja bar tersebut yang sesuai dengan keinginan anda.

Demikianlah informasi mengenai desain minibar, semoga bisa bermanfaat untuk anda semua yang ingin membuat desain interior mini bar. So, selamat membuat interior dapur mini bar.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai interior rumah gadang, penataan interior dapur, dan interior dapur bawah tangga. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
Interior Dapur Bawah Tangga 1

Interior Dapur Bawah Tangga

Tips Menerapkan Interior Dapur Bawah Tangga Minimalis

Interior Dapur Bawah Tangga, Mempunyai rumah dengan dua lantai memang sangat baik, banyaknya ruang bisa kita manfaatkan untuk membuat rumah tersebut terlihat lebih “wah” dengan kata lain semakin banyak ruang dalam rumah semakin baik bagi kita mengaplikasikan ke kreatifitasan kita dalam hal desain interior. Akan tetapi, tahukah anda ada satu ruang yang seringkali “terlupakan” oleh pemilik rumah untuk dijadikan sesuatu yang keren bangett. Ruang apa itu?

Ruangan tersebut adalah ruang kosong yang berada di bawah tangga. Ruangan bawah tangga seringkali dibiarkan kosong atau ditutup, padahal ruangan kosong tersebut bisa menjadi suatu interior yang keren bangett. Interior seperti apa? Seperti rak sepatu, rak bawah tangga dan jika luas ruangan tersebut cukup besar, bisa anda manfaatkan dengan membuat kitchen set, minimalis kabinet kitchen set.

Terserah pada anda mau dibikin apa ruangan kosong bawah tangga tersebut, namun, bila anda ingin memanfaatkannya menjadi kitchen set, hal terutama adalah anda harus mengukurnya ruangannya terlebih dulu, kira-kira pas tidak untuk kitchen set. Bila anda bingung, anda bisa menghubungi desainer interior, biarkan desainer interior tersebut yang memikirkan teknisnya seperti apa.

Gambar dapur minimalis bawah tangga

contoh dapur minimalis bawah tangga

interior dapur bawah tangga minimalisBiasanya, di dekat ruangan bawah tangga adalah ruang makan atau dapur, jika dekat dengan ruang makan, ruang bawah tangga itu bisa anda manfaatkan sebagai lemari yang bisa menyimpan peralatan makan anda seperti piring-piring, gelas,sendok dan seterusnya.

Namun, bila ruangan tersebut berada di dekat dapur, ya anda bisa membuatkan sebagai salah satu cabinet pada kitchen set, atau kitchen setnya yang anda buat di ruangan bawah tangga, seperti itu kira-kira contoh interior dapur.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah, apabila ruangan bawah tangga anda jadikan kitchen set yang pertama ukurannya haruslah disesuaikan, yang kedua adalah pada ruangan bawah tangga cukup lembab, untuk itu gunakanlah material atau bahan yang kuat dan tak mudah rusak bila berada di daerah yang lembab. Sangat disarankan untuk di konsultrasikan ke desainer interior, sehingga mereka yang akan memberikan solusi bagaimana caranya.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai interior rumah ala korea, interior rumah gadang, dan penataan interior dapur. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
penataan interior dapur

Penataan Interior Dapur

Tips dalam penataan interior dapur

Bila mampir kerumah seseorang katakanlah teman kita, dan saat melihat dapurnya yang tertata rapi, barang-barang atau perabot dapurnya disusun sangat rapi, pasti kita akan langsung bertanya bagaimana caranya membuat dapur tersebut terlihat rapi, nyaman, dan sejuk? Kita juga pasti meminta apakah ada tips-tips dalam penataan interior dapur.

Dapur mempunyai daya tarik tersendiri, suatu ruangan yang harus ada pada saat kita membangun rumah, ruangan dapur bisa menjadi “canvas” ke kreatifitasan kita, dengan menyediakan waktu sebentar saja untuk memikirkan desain-desain dapur yang anda inginkan, serta beberapa perencanaan dan budget dalam melakukan pembuatan interior dapur dalam hal ini adalah kitchen set atau pantry.

Setelah dapur tersebut jadi sesuai dengan desain yang anda inginkan, mulailah memikirkan penataan perabot-perabot dapur yang biasa digunakan. Sekedar tips, pilah-pilahlah perabot tersebut, mana yang masih anda gunakan, mana yang sudah using. Hal ini dilakukan karena sering kali, kita menumpuk barang-barang di dapur, sehingga dapur menjadi penuh dan terlihat sumpek. Asik dalam membeli perabotan dapur baru namun lupa, untuk mengeluarkan perabot yang lama dan tak terpakai lagi.

Buatlah kitchen set atau pantry dengan cabinet-kabinet yang pas untuk menyusun dan menyimpan perabot dapur tersebut yang sesuai dengan fungsinya. Contohnya begini, cabinet untuk sendok makan dan sejenisnya ya untuk alat-alat makan tersebut. Panci-panci ya untuk panci-panci, ada juga cabinet untuk rak piring dan seterusnya.

penataan interior dapurJika hal tersebut dilakukan, tujuannya satu yaitu agar mempermudah anda dalam mengakses alat-alat dapur di saat anda membutuhkannya. Selain itu, dapur juga lebih tertata dan rapi, tidak ada alat-alat masak yang menumpuk di atas top table. Agar dapur terlihat lebih segar, anda bisa menaruh tanaman hias hijau di dalam pot pada dapur, dengan begitu dapur terlihat lebih fresh.

Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan sirkulasi atau jalur udara di dapur, lebih baik pada ruangan dapur terdapat jendela atau pintu yang menghubungkan dengan taman rumah belakang, sehingga di saat anda sedang memasak atau selesai memasak, anda bisa membuka jendelanya untuk mengeluarkan asap-asap saat memasak dan diganti dengan udara yang lebih fresh.

Bagaimana bila terlanjur tak ada jendela?? Jika situasinya seperti itu, anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan cooker hood. Ada dua jenis cooker hood, yang pertama cooker hood yang hanya menghisap debu atau asap saja, dan yang kedua adalah cooker hood yang menghisap dan mengganti dengan udara yang lebih bersih.

Nah, sahabat imania, itulah informasi mengenai bagaimana dalam menata dapur. Semoga bermanfaat untuk anda semua dalam melakukan penataan interior dapur.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai interior dinding dapur, interior rumah ala korea, dan interior rumah gadang. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
interior rumah gadang

Interior Rumah Gadang

Mengenal Bentuk dan Fungsi dari Interior Rumah Gadang

Interior Rumah Gadang, Rumah gadang, siapa yang tak kenal rumah yang satu ini, salah satu budaya warisan Indonesia ini mempunyai bentuk yang unik dan menarik untuk dipelajari. Rumah gadang berasal dari suku minangkabau, rumah ini mempunyai atap yang unik, bila dilihat dari ukurannya, terdapat beberapa jumlah lanjar ( ruas dari depan ke belakang ), pada atapnya bergonjong runcing menjulang, oleh karena itu, rumah ini juga disebur rumah bagonjong.

Pada rumah gadang, terdapat lipek pandan, atau biasa disebut rumah yang berlanjar dua, lipek pandan ini umumnya menggunakan dua gonjong. Ada juga rumah yang berlanjar tiga yang biasa disebut balah bubuang ( belah bubung ), yang unik pada rumah ini adalah atapnya yang bergonjong empat. Setelah rumah yang berlanjar tiga, ada juga yang berlanjar empat, atau masyarakat setempat biasa menyebutnya gajah maharam yang mempunyai arti gajah terbenam.

Adakah fungsi dari rumah gadang?? Tentu saja ada, ada beberapa fungsi dalam rumah adat gadang, yaitu sebagai rumah adat dan rumah keseharian. Bingung? Mari kita bahas satu per satu :

interior rumah gadang

rumah gadangSebagai fungsi keseharian

Sebagaimana rumah tinggal pada umumnya, rumah gadang juga mempunyai fungsi sebagai rumah keseharian. Rumah gadang adalah rumah yang dihuni oleh sebuah keluarga besar dengan segala aktifitas masing-masing. Arti dari keluarga besar disini adalah sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak perempuannya. Khusus untuk anak laki-laki tidak memiliki tempat di dalam rumah gadang.

Sebagaimana rumah pada umumnya, dalam rumah gadang juga terdapat beberapa ruangan, yaitu ruangan public yang memang disediakan untuk bersama seperti ruang tamu, ruangan lainnya adalah ruangan semi privat, Yaitu ruang peralihan yang terdapat didepan kamar tidur serta anjuang (ruang khusus) yang terdapat pada bagian ujung-ujung rumah gadang yang dapat kita temukan pada beberapa jenis rumah gadang.

Ruang privat,  Yaitu kamar tidur yang terdapat pada rumah gadang, ruang privat ini juga tergantung dari anak gadis yang dimiliki oleh pemilik rumah. Dan Ruangan terakhir adalah ruang servis, ruangan ini Adalah dapur pada rumah gadang, dapur disini adalah dapur tradisonal yang menggunakan bahan alami untuk memasak, seperti kayu.

Sebagai fungsi adat

Sebuah rumah gadang, merupakan rumah utama yang dimiliki oleh sekelompok masyarakat minangkabau yang diikat oleh suatu suku tertentu. Sebagai rumah utama, rumah gadang merupakan tempat untuk melangsungkan acara-acara adat dan acara-acara penting lain dari suku yang bersangkutan.

Kegiatan-kegiatan adat pada masyarakat minangkabau dapat kita uraikan berdasarkan kepada siklus kehidupan mereka, yaitu:

  1. Turun Mandi
  2. Khitan
  3. Perkawinan
  4. Batagak Gala (Pengangkatan Datuak)
  5. Kematian

Fungsi-fungsi di atas dapat disebut juga fungsi temporer yang berlangsung pada suatu rumah gadang, karena kegiatan tersebut tidak berlangsung setiap hari dan berlangsung pada waktu-waktu tertentu saja. Demikianlah informasi mengenai rumah gadang, semoga bisa menambah wawasan anda semua dalam mengetahui fungsi dan interior rumah gadang.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai kitchen set bsd, interior dinding dapur, dan interior rumah ala korea. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp