Category: Info Arsitektur

skylight

Ruangan Lebih Terang Dengan Skylight

Pencahayaan Dengan Skylight

Ruangan Lebih Terang Dengan Skylight – Untuk anda yang senang akan ruangan terbuka, anda bisa menghadirkan bukaan yang transparan pada atap rumah, metode ini umumnya lebih popular disebut skylight. Cara ini juga merupakan cara yang paling ampuh untuk mendapatkan pencahayaan alami di dalam rumah. Dalam  prinsipnya, skylight hampir serupa dengan jendela yakni elemen bukaan yang berfungsi sebagai akses masuknya sinar matahari sekaligus menjadi sirkulasi udara yang baik di dalam ruangan. Bedanya, kalau jendela menempel pada dinding, sedangkan skylight berada di langit-langit rumah.

Yang perlu diperhatikan dalam membuat skylight adalah desain dan pilihan materialnya, dan komponen instalasi menjadi titik terpenting yang harus diperhatikan dan juga keamanan instalasinya.

skylightPosisi Skylight

Banyak pertanyaan mengenai tempat skylight dibuat, sebenarnya dalam membuat skylight tidak ada ruang khusus, skylight bisa diletakkan dimana saja sesuai dengan keinginan anda, apakah itu di ruang keluarga, dapur atau ruangan lainnya tidak ada masalah. Namun, karena skylight ini mengantarkan cahaya matahari masuk kedalam rumah, ada baiknya ditempatkan di area-area yang lembab yang cukup tinggi seperti di kamar mandi, dapur dan lain sebagainya.

Memilih Material yang Tepat

Untuk material, skylight umumnya menggunakan material transparan seperti fiber, plastic, polykarbonat atau kaca. Hal tersebut karena skylight ini berfungsi sebagai bukaan. Anda bisa memilih material atau bahan yang ringan namun tetap kuat untuk mengurangi beban, agar material tersebut tidak mudah retak. Untuk kaca, bila nantinya anda memutuskan untuk menggunakan kaca sebagai bahan skylight, ada baiknya menggunakan kaca tempered yang daya tahannya lebih kuat disbanding kaca biasa yang lain.

Bila cahaya yang masuk terlalu silau, anda bisa melapisinya dengan kaca film atau dengan kisi-kisi kayu. Dengan begitu akan dapat mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan.

Instalasi Skylight

Pada instalasi skylight ada 3 hal atau komponen yang harus diperhatikan, yaitu yang pertama buatlah lubang ditengah atap pada ruang yang telah ditentukan. Setelah itu install built in frame pada persilangan yang ada di langit-langit untuk membuat bukaan. Dan komponen terakhir adalah pasanglah light shaft ( semacam lubang cahaya ), light shaft ini nantinya berfungsi menghubungkan atap dengan langit-langit.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Tanaman Rambat, 4 Hotel Dengan Interior Mewah di Bawah Laut, dan Ingin Menerapkan Innercourt? Ini Caranya !. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
4 Hotel Dengan Interior Mewah di Bawah Laut 1

4 Hotel Dengan Interior Mewah di Bawah Laut

Seperti Apa Interior Hotel Bawah Laut?

4 Hotel Dengan Interior Mewah di Bawah Laut – Menyelam merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan, karena dengan menyelam kita dapat melihat aneka ragam keindahan yang ada di bawah laut. Namun, tak semua orang memiliki keberanian untuk menyelam di lautan, bagaimana agar mereka bisa melihat keindahan alam bawah laut tanpa harus menggunakan pakaian selam? Banyak cara yang bisa dilakukan bagi mereka yang tidak berani menyelam tetapi ingin melihat keindahan alam bawah laut, yaitu bisa dengan cara menyewa kapal selam dan lain sebagainya.

Namun, menyewa kapal selam membutuhkan biaya yang cukup mahal dan anda tidak bebas bergerak di dalamnya. Ada satu cara selain menggunakan kapal selam, yaitu dengan menginap di 4 hotel berikut ini. Hotel?? Emang bisa? Tentu saja, 4 hotel ini berbeda dengan hotel-hotel lain di dunia, anda bisa melihat keindahan alam bawah laut hanya dari dalam kamar hotel ini, karena hotel ini berada di bawah laut letaknya, keren bukan? Tak hanya itu hotel ini juga mempunyai desain interior yang mewah loh 🙂

Jules Undersea odge, Key Largo, Florida

Jules Undersea odgeBerbeda dari kamar hotel yang lain, kamar hotel bawah laut disini memiliki kedalama 10 meter dari permukaan, lebih dalam dari yang lainnya. Awalnya, kamar bawah laut ini sebagai tempat penelitian dan pengamatan area bawah laut perairan Florida. Namun, beralih fungsi menjadi  guesthouse 2 kamar tidur dengan tariff sekitar $800 per malam. Uniknya, untuk menuju kamar bawah laut ini, tamu harus menyelam terlebih dulu, rasa lelah saat menyelam langsung hilang saat anda melihat pemandangan bawah laut di dalam kamar hotel tersebut, anda bisa melihat ikan barakuda yang berseliweran di sekitar kamar hotel. Bagaimana tertarik untuk mencoba? 🙂

Resor Hilton, Conrad Maldives Rangali Island, Maladewa

Resor Hilton, Conrad Maldives Rangali Island, MaladewaSalah satu hotel ternama di dunia yaitu Hilton, mempunyai kamar hotel bawah laut di kepulauan Maladewa. Kedalaman kamar hotel ini berada di sekitar 5 meter dari permukaan air. Di dalam kamar hotel ini anda tidak saja bisa melihat ikan-ikan kecil, tetapi juga bisa melihat hiu yang mungkin saja melintas di sekitar kamar hotel. Untuk merasakan petualangan menginap di kamar hotel bawah laut ini anda harus merogeh kocek sebesar $815 per orang/ malam.

Utter Inn, Vasteras, Swedia

Kamar hotel bawah laut yang satu ini di desain oleh seniman dan pematung kenamaan yaitu Mikael Genberg. Bila anda menginap di hote ini, anda akan diantar ke rumah mini yang ada di tengah lautan. Disinilah lokasi kamar bawah lautnya. Ukuran kamar ini seluas sekitar 7 meter dan berada di kedalaman sekitar 3 meter dari permukaan air. Berapa harga sewa kamar bawah laut ini?? Untuk menikmati layanan kamar hotel bawah laut ini, anda cukup merogeh kocek sekitar $167 saja.

Resor Manta, Pulau Pemba Zanzibar

Resor ini berada di Afrika, dan merupakan satu-satunya hotel di Afrika yang memiliki kamar di bawah laut. Tak hanya kamar tidur bawah lautnya saja, kamar ini juga dilengkapi dek untuk tamu yang ingin berjemur, plus ruang makan dan ruang duduk. Kamar bawah lautnya berada di kedalaman 4 meteran di bawah permukaan air. Dari kamar hotel ini nantinya anda bisa melihat ikan-ikan bawah laut berseliweran dekat kamar hotel, bagi yang baru menikah, tentunya akan menambah nuansa romantic bukan? 🙂 Berapa harga sewanya? Dengan falisitas keren ini anda cukup membayar sekitar $900/orang saja untuk satu malam.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Cara Simpel Merawat Sofa Kulit, Ingin Menata Ruang Bermain Anak? Ini 5 Kunci Utamanya !, dan Tanaman Rambat. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
teras rumah

Cara Simple Menjadikan Teras Rumah Lebih Cantik

Ingin Teras Rumah Lebih Cantik? Ini Tipsnya !

Cara Simple Menjadikan Teras Rumah Lebih Cantik – Teras rumah juga memiliki peranan yang penting dalam dunia desain interior. Teras rumah merupakan sebuah area transisi pada rumah sebelum masuk ke dalam rumah, tak hanya itu perannnya juga dapat menciptakan impresi sebuah bangunan dengan posisinya yang terletak pada wajah bangunan ( fasad ). Teras juga bisa sebagai tempat bersantai dan berkumpul sambil minum teh bersama dengan keluarga. Oleh karena ragam fungsi dan kelebihannya, teras juga perlu diberikan sentuhan desain interior agar teras menjadi lebih indah dan nyaman.

Untuk mendekor tampilan teras, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, beberapa cara yang dapat dengan mudah anda lakukan untuk menjadikan tampilan teras menjadi lebih indah. Caranya seperti apa?? Berikut cara simple untuk menjadikan area teras rumah menjadi lebih indah dan nyaman 🙂

desain teras rumah teras rumahFurniture Yang Tepat

Pemilihan furniture menjadi factor kunci dalam memperindah tampilan teras rumah, penataan furniture yang baik dan benar dapat menjadi solusi agar teras menjadi lebih rapi dan tertata. Salah satu furniture yang wajib ada di area teras adalah penempatan kursi dan meja, untuk jumlah kursinya, tinggal disesuaikan saja dengan luas area teras yang ada. Bila teras cukup luas, anda menempatkan sofa dan coffee table, namun kalau terasnya cenderung kecil, anda menempatkan single chair saja sudah cukup.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah bahan material dari furniturenya itu sendiri. Karena umumnya teras berada di luar rumah, maka intensitas terkena air hujan dan sinar matahari menjadi lebih sering, ada baiknya untuk bahan material untuk furniturenya yang terbuat dari rotan sintetis atau kayu solid. Kalau desainnya, anda bisa sesuaikan dengan desain arsitekturnya.

Dinding dan Lantai

Salah satu cara untuk memperindah area teras rumah adalah dengan dinding dan lantai. Untuk lantai, anda bisa memilih keramik yang memiliki motif atau material lain seperti batu alam. Saat ini keramik lantai memiliki banyak sekali motif, dari motif polos sampai motif yang menyerupai material alam seperti batu alam, kayu, dan bamboo. Sedangkan untuk dinding, bila anda ingin mempunyai kesan natural di teras, anda bisa menggunakan atau mengekspos dinding bata merah, hal ini akan memberikan kesan natural tropis di teras rumah anda.

Tanaman Hias

Agar teras rumah menjadi lebih fresh dan kesan natural lebih tampak, anda bisa menempatkan pot berisi tanaman disekitar teras. Anda bisa meletakkan pot tersebut di sudut-sudut teras, atau bila areanya tidak cukup, anda bisa menggunakan pot atau tanaman gantung, dengan hadirnya pot tanaman tersebut menjadikan teras rumah anda lebih asri dan nyaman.

Pencahayaan

Pencahayaan sangat diperlukan baik di dalam rumah maupun untuk mempercantik tampilan teras rumah. Untuk pencahayaan pada teras, anda bisa menggunakan lampu spot light untuk menerangi objek tertentu pada teras seperti hiasan dinding. Atau sebagai aksen anda bisa menggunakan accent lighting dengan warna cahaya yang eye catching.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai 7 Kesalahan Yang Umum Terjadi di Dapur, Tips Dalam Memilih Bathtub, dan Perbedaan Pergola Dengan Kanopi. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
pergola

Perbedaan Pergola Dengan Kanopi Secara Lengkap

Apa Beda Pergola Dengan Kanopi??

Perbedaan Pergola Dengan Kanopi – Keduanya memiliki fungsi yang serupa  tetapi juga keduanya memiliki perbedaan. Bagi sebagian orang mungkin menganggap pergola dan kanopi sama saja, masih satu jenis, namun bila diamati lebih jauh, antara pergola dan kanopi memiliki perbedaan. Dilihat dari segi fungsinya pun bila diamati memiliki perbedaan, begitu juga dengan bentuknya, dan perbedaan lainnya. Ingin tahu lebih jauh mengenai perbedaan apa saja antara pergola dan kanopi? Berikut informasinya 🙂

perbedaan pergola dengan kanopi
Pergola
Fungsi

Bila dilihat dari perbedaan fungsi, fungsi kanopi lebih berfungsi sebagai media penghalang cuaca, baik dari sinar matahari maupun air hujan, sedangkan fungsi pergola merupakan berfungsi sebagai peneduh dari cahaya matahari, umumnya dalam bentuk tanaman rambat. Karena bentuk atapnya yang  dari tanaman rambat, kekurangan pergola adalah tidak bisa melindungi dari air hujan. Hanya berfungsi melindungi dari sengatan panas matahari.

Struktur Atap

Secara visual, perbedaan yang paling bisa dilihat antara pergola dengan kanopi ada pada bagian atap. Atap pada kanopi berbahan plastic polimer atau lebih dikenal dengan polycarbonate. Struktur atapnya pun dapat melengkung. Sedangkan pergola hanya terbentuk dari tanaman rambat, seperti alamanda, struktur atapnya berbentuk datar dan tersusun dari rusuk-rusuk kayu sejajar berselang-seling.

Kanopi
Kanopi
Material

Penggunaan material pun  berbeda antara kanopi dengan pergola, material yang digunakan pada kanopi umumnya menggunakan stainless steel. Bisa dengan bahan material lain, namun, karena kanopi ini sering terkena sinar matahri dan air hujan, maka ada baiknya memilih bahan yang tahan terhadap perubahan cuaca. Sedangkan material pergola umumnya terbuat dari bahan logam dan beton.

Kesan

Perbedaan Pergola dengan kanopi yang selanjutnya adalah Kesan. Kesan antara keduanya juga berbeda, dalam penempatan, keduanya kanopi dan pergola dapat diterapkan dimana saja, seperti bagian balkon, bagian luar rumah seperti garasi misalnya. Walaupun begitu, kesan diantara keduanya sangat berbeda. Pergola yang terbentuk dari tanaman rambat, akan menimbulkan kesan asri, alami dan nuansa tropis. Sedangkan kesan yang ditimbulkan kanopi adalah kesan simple dan kokoh.

Itulah beberapa perbedaan pergola dengan kanopi yang perlu anda ketahui. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Material Counter Top Dapur yang Paling Populer, 7 Kesalahan Yang Umum Terjadi di Dapur, dan Tips Dalam Memilih Bathtub. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
Tips Mengatasi Kelembaban Pada Rumah

Tips Mengatasi Kelembaban Pada Rumah

Solusi Mengatasi Kelembaban Pada Rumah

Tips Mengatasi Kelembaban Pada Rumah – Salah satu masalah pada rumah yang dikeluhkan oleh banyak orang adalah mengenai tingkat kelembapan pada rumah. Maksud dari lembab di dalam rumah ini adalah bukan semua ruangan di dalam rumah menjadi lembab, tetapi memfokuskan pada beberapa ruangan yang mempunyai tingkat kelembapan cukup tinggi di dalam rumah. Bicara mengenai kelembapan, mari kita bagi area rumah dengan tingkat kelembapannya.

Kelembapan pada bagian atap ( plafon ). Atap rumah atau plafon kelembapannya terjadi melalui proses bocornya genteng rumah ketika hujan, air masuk melalui kuda-kuda dan sampai merembes ke plafon. Tak hanya dari kuda-kuda, bisa juga dari talang penampung yang bocor. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan memeriksa plafon rumah, bila ada yang berlubang, harus segera diperbaiki.

Kelembapan Di bagian tengah ( dinding ). Salah satu bagian yang sering terjadi dan cukup riskan terkena kelembapan adalah dinding rumah, kelembapan yang terjadi pada dinding sifatnya merata sehingga cukup sulit untuk diperbaiki. Bisa jadi kelembapan pada dinding pengaruh factor kualitas material plesteran bangunan yang tidak bagus, baik pada dinding bagian luar maupun bagian dalam.

Tips Mengatasi Kelembapan Pada RumahKelembapan di bagian bawah ( lantai ), area yang paling sering terjadi kelembapan adalah pada bagian lantai, hanya saja perbedaan kelembapan pada lantai dengan bagian yang lain adalah pada lantai lebih kea rah struktur bangunan seperti pondasi dan sloof. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah campuran bahan material yang kualitasnya tidak baik. Apalagi kalau tidak dilapisi oleh bahan kedap air, kontak langsung dengan permukaan tanah akan semakin mempermudah rembesan masuk kedalam struktur tersebut.

Setelah mengetahui tingkatan area kelembapan, lantas bagaimana dengan solusinya dalam mengatasi rumah dari kelembapan?? Untuk mengatasi kelembapan didalam rumah, ada beberapa cara, berikut informasinya 🙂

Tips Mengatasi Kelembaban Pada Rumah

Pertama adalah saat membangun rumah, pilihlah bahan material yang memang benar-benar berkualitas, minimalkan bahan material dari kayu, karena jamur lebih leluasa tumbuh di bahan kayu, kalaupun menggunakan material kayu, lapisi dulu dengan bahan anti jamur dan rayap.

Kedua adalah untuk mengurangi tingkat kelembapan adalah dengan cara memasukkan cahaya matahari ke tempat-tempat lembab tersebut, dan juga sirkulasi udara yang baik pada tempat tersebut. Karena udara yang mengendap di dalam ruangan akan cepat menimbulkan kelembapan di dalam ruangan.

Cara ketiga adalah dengan memperhatikan plumbing atau pemipaan dari sumber air menuju kran. Yang perlu diperhatikan adalah pada sambungan pipanya apakah ada kebocoran atau tidak. Seperti itu.

Demikianlah informasi singkat mengenai Tips Mengatasi Kelembapan Pada Rumah. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Interior Rumah Minimalis Modern lebih fresh dengan Warna Pop, Tips Permainan Dekorasi Rumah dengan Warna Pastel, dan Padu Padan Warna Tempat Lesehan. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp