Category: Info Arsitektur

Tips Memakai jasa Tukang untuk Membangun atau Renovasi Rumah 1

Tips Memakai jasa Tukang untuk Membangun atau Renovasi Rumah

Membangun atau melakukan renovasi rumah tentunya membutuhkan tukang atau jasa supaya pengerjaannya dapat lebih cepat dan lebih baik. Tentunya anda tidak mau kan mengerjakannya sendiri? Namun, sebisa mungkin kita tidak ingin mengeluarkan banyak uang saat membangun rumah, apalagi jika hasilnya ternyata tidaklah sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Dalam memilih jasa tukang juga harus anda perhatikan dengan seksama, jangan sampai anda salah pilih sehingga hasilnya kurang maksimal. Entah itu pengerjaan yang buruk, pemilihan material bangunan yang jelek atau pekerjaannya memang tidaklah serius da asal-asalan.

 

Tips Memilih Jasa Tukang untuk Menbangun Rumah

rumah minimalis type 45
rumah minimalis type 45

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih jasa atau tukang untuk membangun atau merenovasi rumah.

  1. Cek Rekam Jejak Kontraktor atau Tukang

Cari tahu mengenai hasil kerja dari kontraktor atau jasa desain interior dan tukang yang akan anda gunakan. Tanyakan kepada orang yang telah menggunakan jasa mereka mengenai kualitas dan hasil kerja yang telah mereka buat.

  1. Ketahui Pekerjaan yang Dikerjakan

Saat sedang membangun atau  merenovasi, sebaiknya ketahui rincian dari pekerjaan apa saja yang akan dikerjakan dan juga pekerjaan apa saja yang dibebankan ke kontraktor atau tukang.

  1. Pilih Pekerjaan Harian atau Borongan

Cek biaya dan pekerjaan yang harus dilakukan, apakah kira-kira harus dikerjakan dengan system bayar harian atau borongan. Cek mana yang kira-kira membutuhkan biaya yang lebih tinggi, termasuk biaya makan, biaya rokok dan lain-lain.

  1. Buat Kontrak Tertulis

Membuat kontrak tertulis sangat penting dan sangat diperlukan agar tidak ada masalah dikemudian hari, seperti bangunan yang gampang rusak, material yang tidak sesuai dengan rancangan, dan masalah lainnya dikemudian hari.

Dalam kontrak juga harus tertera nilai pembayaran, pekerjaan yang harus diselesaikan, waktu pekerjaan, bahan material yang digunakan, dan sebagainya.

  1. Gunakan Jasa Konsultan Arsitektur

Pengawasan dan jasa arsitek sangatlah penting agar pekerjaan tukang menjadi lebih baik dan lancar. Namun memang penggunakan jasa arsitek masih terbilang jarang digunakan, padahal keberadaannya cukup membantu dalam membangun sebuah rumah terutama untuk rancang bangun yang terbaik dan tepat.

Itulah beberapa tips dari Imaniadesain.com yang bisa anda lakukan saat akan memakai jasa tukang untuk membangun dan merenovasi hunian tempat tinggal anda. Semoga informasi dari kami ini dapat bermanfaat dan berguna untuk kamu sahabat Imania semua.

 

Lihat juga: Arsitektur Rumah Unik dan Menarik di Dunia

Berikan Rating
Bentuk dan Contoh Gambar Model Teras Rumah 2

Bentuk dan Contoh Gambar Model Teras Rumah

Salah satu hal yang paling dilihat oleh tamu atau orang lain saat berkunjung ke rumah kita bagian depan rumah, atau lebih tepatnya adalah bagian teras rumahnya. Model teras rumah yang cantik akan membuat kesan rumah anda menjadi lebih baik dan akan terlihat menarik dari luar. Terdapat banyak sekali bentuk teras rumah cantik yang bisa anda pilih dengan berbagai macam variasi bahan maupun biaya yang bisa anda sesuaikan dengan budget.

Model teras rumah harus anda sesuaikan dengan tema atau desain interior dan eksterior bangunan tempat tinggal. Teras rumah sendiri memiliki banyak fungsi bagi rumah anda, diantaranya adalah sebagai pemanis tempat tinggal, sebagai alas sebelum masuk kedalam rumah, sebagai tempat berteduh dan masih banyak lagi. Membuat teras rumah memberikan banyak manfaat yang menarik.

Untuk kamu yang ingin membuat teras atau ingin mengganti dan merenovasi dengan membuat model yang baru, berikut ini adlaah model teras rumah cantik dengan berbagai bentuk teras rumah yang bisa anda pilih sesuai dengan selera masing-masing.

Ide Gambar Model Teras Rumah Cantik Terbaru

Teras Rumah
Teras Rumah

desain teras rumah

teras rumahBentuk dan Contoh Gambar Model Teras Rumah 3

model teras rumahTips Teras Rumah Cantik

Dalam membuat teras untuk rumah menjadi lebih cantik dan dapat tampil lebih menarik, kamu bisa melakukan berbagai macam cara, diantaranya adalah:

Mengganti Warna Cat

Mengganti atau menyesuaikan warna cat dengan eksterior rumah bisa anda lakukan supaya terdapat kesan harmoni yang baik. Anda juga bisa mengganti dengan warna yang sama sekali beda dengan warna cat dinding rumah. Pastikan anda menggunakan warna yang cerah dan tidak warna yang gelap atau suram.

Menggunakan Bahan Tahan Lama dan Tahan Panas

Karena teras biasanya digunakan sebagai tempat kita duduk-dudk dengan keluarga, maka sebaiknya gunakan bahan yang dapat memantulkan panas dan juga tahan lama.

Gunakan Lantai yang Tidak Licin

Teras rumah sering digunakan sebagai tempat kita menarus kendaraan atau barang-barang lainnya. Supaya aman maka gunakan lantai atau bahan yang tidak licin yang bisa membuat anda terjatuh atau terpeleset.

Lihat juga: Tips Membuat Taman Rumah Minimalis

Demikian info mengenai bentuk teras rumah dengan berbagai macam model teras rumah yang bisa anda pilih untuk hunian tempat tinggal anda.Semoga informasi diatas dapat menjadi info yang bermanfaat dan bisa jadi referensi terbaik untuk anda yang ingin renovasi teras di luar rumah atau hunian tempat tinggal anda.

 

Jika anda ingin membuat atau merenovasi teras di rumah ataupun tempat tinggal anda, ImaniaDesain siap membantu anda untuk membangun berbagai model teras rumah cantik terbaik bagi rumah anda.

 

 

Berikan Rating
Kelebihan dan Kekurangan Membeli Rumah dengan Sistem KPR 4

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Rumah dengan Sistem KPR

Setiap orang pasti ingin memiliki rumah mereka sendiri. Namun harga rumah yang terbilang cukup tinggi membuat banyak orang kesulitan untuk mewujudkan impiannya tersebut. Salah satu cara untuk mempermudah orang yang ingin memperoleh rumah adalah dengan system KPR. Pembelian hunian tempat tinggal menggunakan system KPR atau Kredit Pemilikan Rumah sangat diminati karena dapat meringankan beban biaya yang harus ditanggung.

Terdapat banyak keuntungan yang ditawarkan oleh system yang satu ini, salah satunya adalah biaya awal pembelian rumah yang lebih murah. Biasanya sekitar 20 sampai 30 persen dari harga rumah. Sang calon pembeli atau debitur hanya diharuskan untuk melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan dan membayar uang mukanya saja kepada pengembang atau pemilik rumah.

Sebenarnya apa itu system KPR dan apa saja kelebihan serta kekurangannya? Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai system Kredit Pemilikan Rumah.

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Rumah dengan Sistem KPR 5Kelebihan dan Kekurangan Membeli Rumah dengan Sistem KPR 6

Keuntungan-Keuntungan KPR

Biaya Awal yang Lebih Ringan

Dengan biaya awal atau uang muka yang lebih ringan tentunya akan membuat anda bisa lebih cepat memiliki rumah, terutama jika anda memiliki dana yang terbatas dan masih harus membayar kebutuhan yang lainnya.

Yang perlu anda lakukan hanyalah memenuhi pesyaratan yang dibuat oleh bank, diantaranya adalah membayar Down Payment (DP) sebesar 15-20% dari harga total. Termasuk juga surat-surat dan biaya administrasinya.

 

Legal dan Berpayung Hukum

Membeli rumah dengan system Kredit Pemilikan Rumah bersifat legal dan memiliki perlindungan secara hukum. Bank atau penyandang dana hanya akan memberikan dana atau memproses pembelian rumah yang memiliki sertifikat dan sesuai dengan undang-undang yang legal. Sehingga anda akan memiliki hunian tempat tinggal yang aman, legal dan tentunya tidak akan menimbulkan masalah dikemudian hari.

 

Siap Huni

Rumah yang akan anda beli akan langsung bisa diisi setelah semua proses selesai tanpa harus menunggu rumah anda selesai dibangun jika anda membuat sendiri dari awal. Bahkan anda bisa mengisi setelah pembayaran DP walau pinjaman anda masih belum lunas sepenuhnya.

 

Investasi Jangka Panjang

Anda bisa menjadikan rumah yang anda beli dengan KPR sebagai salah satu investasi jangka panjang. Apalagi jika rumah tersebut terletak di lokasi yang sangat strategis dan memang ramai dikunjungi banyak orang.

 

Biaya Cicilan dari Uang Sewa

Anda bisa mendapatkan uang tambahan untuk membayar cicilan rumah atau untuk kebutuhan sehari-hari dengan menyewakan rumah anda anda miliki ke orang lain.

 

Adanya Asuransi

Pada setiap premi asuransi biaya juga disertai dengan biaya asuransi yang digunakan untuk memberi perlindungan untuk rumah anda dari berbagai resiko seperti kebakaran, kerusakan dan lain-lain.

Lihat juga: Tips Memakai Jasa Tukang untuk Membangun atau Renovasi Rumah

 

 

Kekurangan-Kekurangan KPR

  • Harga rumah yang menggunakan system KPR lebih tinggi dibandingkan kita membeli langsung tanpa cicilan. Biasanya karena ada tambahan dari bunga, administrasi, asuransi dan lainnya.
  • Prosedur yang cukup lama dan merepotkan dibandingkan
  • Anda harus mempersiapkan cukup banyak dokumen seperti kartu keluarga, KTP, buku nikah, slip gaji, dan dokumen lainnya.

 

Berikan Rating
tanaman terarium

Tips Berkebun di Apartemen – Persiapan Awal sebelum Menanam

Memiliki sebuah apartemen yang lahannya terbatas memang cukup mengesalkan, namun hal tersebut tentunya tidak harus menghentikan hobi kita dalam berkebun atau memiliki taman impian sendiri di apartemen.

Saat ini kegiatan berkebun tidaklah harus menggunakan area lahan atau tempat yang luas. Anda bisa memanfaatkan ruangan atau area yang kecil di apartemen untuk dijadikan sebagai tempat untuk anda menanam berbagai tanaman kesayangan. Terdapat beberapa trik yang bisa kita lakukan untuk membuat kebun di lahan apartemen yang sempit. Berikut ini beberapa tipsnya untuk sahabat Imania.

 

Pilih Media Tanam

tanaman terariumKarena lahan yang terbatas, tentunya kita harus pintar-pintar dalam memilih media tanam agar tidak terlalu menghabiskan banyak tempat maupun biaya. Terdapat 2 media tanam yang bisa menjadi pilihan bagi sahabat Imania, yaitu dengan menggunakan pot ataupun menggunakan pipa.

Pot: Pilihan yang pertama adalah dengan menggunakan wadah pot yang berukuran kecil hingga sedang atau sekitar 17 cm untuk menanam tanaman hias ataupun untuk sayur-sayuran. Jika mau, anda bisa membuat pot buatan sendiri dari botol, kaleng bekas, atau dari wadah toples.

Pipa: Anda juga bisa menggunakan pipa yang berukuran cukup panjang dengan diameter minimal sekitar 7 cm. Pipa tersebut bisa ditempatkan di dinding ataupun seperti rak bersusun.

 

Posisi dan Kapasitas Jumlah Sinar Matahari

Nah, sebelum kita memulai untuk berkebun atau membeli tanaman yang akan ditaruh di apartemen anda, sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu dimana dan berapa banyak sinar matahari yang masuk ke apartemen anda. Hal tersebut sangat penting untuk diketahui terutama dalam pemilihan tanaman nantinya agar lebih cocok dan juga tahan lama.

 

Pemilihan Jenis Tanaman

Pemilihan jenis tanaman yang tepat dan cocok dengan apartemen anda pastinya sangatlah penting, karena anda tidak mau kan kalau tanaman yang ditanam ternyata jadi cepat mati. Jika apartemen anda berada di lantai atas dan terkena banyak sinar matahari langsung, maka memilih tanaman yang tahan panas sangat dianjurkan.

Sebaliknya, jika apartemen anda jarang terkena panas, maka pilihlah tanaman yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahari atau memang tidak kuat terkena sinar matahari.

 

Menggunakan Taman Vertikal
Tips Berkebun di Apartemen – Persiapan Awal sebelum Menanam 7
sumber: pinterest .com

Tips Berkebun di Apartemen – Persiapan Awal sebelum Menanam 8

Tehnik atau metode taman vertikal saat ini sangat popular dan bisa menjadi pilihan terbaik untuk menanam tanaman di apartemen. Dengan menggunakan taman vertikal, anda bisa memanfaatkan dinding atau menggunakan rak bersusun.

 

 

Berikan Rating
Tips dalam Memilih Pagar Hunian Tempat Tinggal Anda 9

Tips dalam Memilih Pagar Hunian Tempat Tinggal Anda

Kebanyakan rumah terutama yang ada di perumahan menggunakan pagar sebagai pembatas rumah mereka dengan rumah yang lain atau lingkungan sekitarnya, atau juga sebagai perlindungan dari hewan liar ataupun orang yang tidak bertanggungjawab. Selain dari itu, pagar juga bisa digunakan sebagai aksesoris tambahan dalam mempercantik ekterior rumah. Bisa dengan model-model yang menarik atau warna yang cantik.

Saat ini sudah cukup banyak model ataupun bentuk dari pagar yang bisa kita pilih, termasuk juga jenis material yang digunakan. Ada yang berbahan batu, kayu, ataupun juga yang harganya murah hingga pagar dengan harga yang sangat mahal dengan bentuk yang sangat unik dan menarik. Namun tentunya anda juga harus menyesuaikan dengan desain atau dekorasi dari hunian tempat tinggal anda.

 

Tips Memilih Pagar Rumah Anda

Pemilihan Material

Dalam memilih pagar yang baik, salah satu hal yang paling utama yang harus anda perhatikan adalah dalam memilih material dari pagar tersebut. Pastinya anda menginginkan untuk mempunyai pagar rumah yang kuat dan kokoh, serta tidak mudah rusak dan hancur.

Pagar yang menggunakan bahan kayu dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang menginginkan tampilan yang lebih minimalis, modern dan juga hangat. Bisa juga dikombinasikan dengan material lain seperti besi untuk lebih memperkokoh pagar tersebut.

Anda juga bisa menggunakan bahan material berupa batu alam yang dapat memberikan kesan yang lebih natural. Selain itu, beberapa alternative batu alam yang bisa anda gunakan adalah batu bata, ataupun batu semen yang dilapisi dengan keramik.

Model dan Bentuk Pagar

Model ataupun bentuk yang anda pilih haruslah sesuai dengan desain arsitektur dari hunian tempat tinggal anda. Jika anda menggunakan konsep minimalis, sebaiknya gunakan juga model atau desain pagar yang minimalis pula. Begitu pula dengan konsep-konsep yang lainnya, harus disesuaikan agar tidak terlihat aneh dan tampak menarik.

Anda bisa juga memilih model yang unik agar tampilan rumah tampak berbeda dengan rumah lain disekitarnya.

Pemilihan Warna

Warna pagar anda tidaklah harus sama dengan cat dinding rumah. Anda bisa menggunakan warna yang lembut atau bahkan warna yang bertolak belakang dengan warna dinding rumah. Namun tentunya anda tetap harus memperhatikan dan memikirkan estetika warna.

Anda juga bisa untuk tidak menggunakan cat dan lebih menonjolkan warna asli dari bahan material yang digunakan, misalnya warna alami batu alam, batu bata, kayu dan bahan material lainnya.

 

Berikut ini adalah beberapa contoh dari pagar yang menarik dan unik yang mungkin bisa menjadi inspirasi anda dalam memilih pagar untuk rumah anda.

pagar rumah 2pagar rumah sumber gabionok .hupagar rumah sumber pinterest .comrenoguide .com

Demikian tips memilih pagar rumah agar dapat memberikan tampilan yang selaras dan sempurna untuk hunian tempat tinggal.

 

Lihat juga: Tips Dekorasi Kamar Mandi Minimalis

Berikan Rating
Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp