Category: Info Interior

desain-ruang-bawah-atap-kayu-1

Memanfaatkan Ruangan Di Bawah Atap ( Loteng )

Ruangan Di Bawah Atap

Ruangan Di Bawah Atap atau biasa disebut Loteng ini biasa di gunakan sebagai gudang saja, padahal Loteng bisa kita manfaatkan untuk menjadi ruangan yang menarik terlebih lagi kalo kita memiliki rumah minimalis keterbatasan ruangan pada rumah minimalis sudah menjadi hal yang wajar terjadi, akan tetapi kalo kita bisa memanfaatkan sepace yang ada kita bisa memiliki ruangan – ruangan yang kita perlukan salah satunya yaitu Memanfaatkan Ruangan Di Bawah Atap ( Loteng ) yang akan kita bahas kali ini.

Ada beberapa faktor yang harus di perhatikan seblum sobat imania memanfaatkan loteng. supaya pemanfaatan loteng ini lebih maximal.
Berikut Faktor – Faktor yang harus Sobat Imania perhatikan di kutip dari rumahkuunik.

  1. Bentuk atap : Rumah yang cocok untuk penambahan ruang adalah rumah bentuk  pelana karena rangka atap pelana hanya terdiri dari kuda-kuda yang diletakkna di ujung-ujung dinding. Atap bentuk limasan memiliki rangka atap yang lebih rumit dan hanya cocok dimanfaatkan sebagai gudang.
  2. Kontruksi kuda-kuda : Konstruksi kuda-kuda pada struktur atap rumah sangat mempengaruhi bisa atau tidak sebuah loteng digunakan untuk ruangan. Untuk memanfaatkan sebagai ruangan, atap dengan kuda-kuda kayu atau beton yang memiliki jarak 3-4 meter cukup leluasa. Hindarilah pemakaian kuda-kuda baja ringan bila ingin memanfaatkan loteng sebagai ruangan, karena deretan kuda-kuda yang berjarak rapat akan menyebabkan ruangan di bawah atap tidak termanfaatkan.
  3. Ketinggian : Tinggi minimal ruang di bawah atao yang dianjurkan sekitar 2,4 m dihitung dari titik atas plafon hingga titik bawah rangka atap
  4. Material lantai : Gunakan material ringan yang tidak terlalu membebani struktur bangunan. Jika menggunakan material kayu, gunakan anti rayap atau bisa di coating lebih dahulu. Bila merencanakan sebagai ruang untuk fungsi tertentu, rencanakan pondasi sejak awal untuk menahan beban lantai loteng.
  5. Insulasi panas : Berada di bagian atas yang paling banyak tersinari matahari, maka harus dilakukan pemasangan insulasi tambahan agar ruangan tidak terlalu panas. Anda bisa memasang aluminium foil, glasswool atau polyurethane di bawah lapisan ganteng, kemudian pasang plafon seperti biasa. ANda bisa menggunakan plafon berbahan gypsum atau fiber cement dengan rangka kayu atau besi hollow.
  6. Ventilasi dan pencahayaan : Pasang ventilasi pada dua sisi berhadapan agar memperoleh ventilasi natural. Untuk pencahayaan alami bisa menggunakan genteng kaca pada bagian tertentu atau memasang jendela skylight. Pastikan memasang pada arah utara dan selatan untuk menghindari radiasi panas berlebihan dari arah barat.
  7. Tangga : Tangga sangat penting untuk akses menuju ke loteng. Anda bisa menggunakan Model Tangga Bentuk L, Model Tangga Bentuk U ataupun Model Tangga Melingkar jika memiliki space terbatas. Material bisa menggunakan bahan besi atau kayu yang buat dengan aman dan nyaman.

Jika semua faktor – faktornya sudah di rasa cukup sobat imania tinggal pilih ingin di buat apa Loteng yang ada dirumah sobat imania.
Kali ini kita akan memberikan rekomendasi ruangan yang cocok buat sobat imania :

1.  Ruangan Kerja Di Loteng

Memanfaatkan Loteng sebagai ruangan kerja merupakan salah satu cara alternatif untuk rumah minimalis , jika sobat imania bingung ingin memiliki ruangan kerja namun space terbatas.

2. Kamar Di loteng

desain-kmar-di-ruang-bawah-atap4
desain-kmar-di-ruang-bawah-atap4

Membuat Kamar Tidur dengan memanfaatkan Loteng yang biasanya menjadi gudang merupakan salah satu cara yang paling sering di gunakan dalam pemanfaat Loteng.

Selain yang di atas kami juga memiliki Ide Desain yang lainnya untuk sobat imania terapkan pada Loteng rumah minimalis

Bagaimana sobat imania ? sudah mempunyai bayangan ingin di buat apa Loteng rumah sobat imania miliki ?
Jika sobat imania memerlukan Desain ataupun Interior untuk keperluan Loteng, sobat imania bisa menghubungi kami di menu contact us

Berikan Rating
Ruang Keluarga Puri Bintaro 2

12 Desain Interior Rumah Kecil

Tips Desain Interior Rumah Kecil

 

Interior Rumah Kecil – Perumahan dengan model minimalis sekarang ini sudah banyak yang menawarkan dengan beberapa tipe rumah seperti rumah tipe 36, rumah tipe 45.

Apalagi rumah dengan tipe tersebut banyak diminati pangsa pasangan muda yang mempunyai impian memiliki rumah. Biasanya dengan rumah tipe 36 dan 45 kamu sudah mempunyai 2 kamar tidur dengan 1 kamar mandi dan ruang tamu minimalis.

Ditambah halaman depan yang cukup untuk parker 1 mobil dan halaman belakang yang cukup untuk ruang menjemur pakaian.

Sumber Pict rumah.com
Sumber Pict rumah.com

 

Beberapa tampilan Desain Interior Rumah Kecil

Jiak kita memiliki rumah minimalis. Kita harus pandai menyiasati penempatan barang/ furniture agar ruangan tidak terlihat penuh.

Apa aja sih yang perlu di tata pada desain rumah yang memiliki ukuran kecil?

Model Sofa ruang kecil

Sofa Rumah Tebet

sofa-bentuk-L
Sofa bentuk L

 

Baca Juga : 6 Tips Membeli Sofa yang Sesuai untuk Ukuran Rumah Minimalis

Desain Dapur Sederhana

Berikan Rating

6 Tips Membeli Sofa yang Sesuai untuk Ukuran Rumah Minimalis

Sofa adalah salah satu investasi furnitur ruangan yang paling permanen yang kamu punya. Ibarat pasangan, sofa ini akan menemani kamu dirumah dalam suka dan duka.. loh.. 😀

Sofa yang kamu beli akan kamu pakai dalam jangka waktu yang panjang. Bahkan jika kamu mempunyai satu sofa dan ingin membeli sofa baru lagi, sofa yang lama pasti kamu akan memindahkannya keruang lain.

Maka jangan teruru-buru membeli sofa, sebelum kamu mempertimbangkannya dengan matang,,

Memilih sofa sepintas merupakan pekerjaan yang gampang. Namun, tak hanya harga dan selera saja yang harus diperhatikan. Ada beberapa hal lain yang perlu juga untuk dipertimbangkan,

Berikut ini tips cara memilih sofa untuk desain interior minimalis yang kami sarankan untuk sahabat imania :

 

1. Tentukan dimana kamu akan meletakkan sofa, di dalam atau di luar ruangan ?

Jawaban dari pertanyaan ini akan membawa kamu pada pertimbangan selanjutnya,

Yaitu memilih bahan yang tepat.

Bahan yang dipakai untuk penggunaan sofa indoor dan outdoor jelas berbeda.

Sofa indoor mengutamakan kenyamanan, sementara sofa outdour lebih mengutamakan ketahanan bahan terhadap perubahan cuaca.

Sofa Model Indoor (sumber: houzz.com)

 

sofa-outdoor
sofa model outdoor (sumber: houzz.com)

 

2. Tentukan akan difungsikan sebagai apa sofa tersebut

Sofa yang ideal tidak hanya menarik dipandang tetapi juga nyaman untuk diduduki.

Sofa untuk menyambut tamu biasanya terdiri dari satu set yang terdapat beberapa buah sofa, dan dapat menampung setidaknya empat orang, serta dipasangkan dengan meja pendek.

Sementara sofa yang digunakan untuk tidur-tiduran dan bersantai cukup satu buah sofa memanjang dengan bahan yang lembut. Sofa jenis lounge bisa menjadi pilihan sempurna untuk ini.

sofa-jenis-lounge
Sofa Jenis Lounge (sumber: houzz.com)

3. Pertimbangkan tinggi dan berat sofa

hal ini penting apabila sofa akan ditempatkan di lantai atas sehingga harus melewati tangga. Hitung ukuran yang cocok untuk melewati pintu masuk ruangan.

Pastikan ukuran sofa sesuai dengan ruangan yang tersedia.

Jangan sampai sofa yang kamu beli membuat ruangan menjadi lebih sempit, ukur dulu ruangan tempat yang akan diletakkan sofa.

Untuk memudahkan perkiraan pengukuran, kamu bisa memasang plester di lantai. hitung pula meja dan pelengkap sofa lainnya yang akan diletakkan bersama sofa, kalkulasikan juga ukurannya.

Baca Juga : Model Kursi dan Sofa Minimalis Modern

4. Pilih bentuk yang sesuai

Jika kamu memiliki rumah minimalis dan ruang tamu kecil, sebaiknya pilihlah set sofa minimalis yang berbentuk L. Sofa bentuk L memberikan kesan terbuka pada ruangan

sofa-bentuk-L
Sofa bentuk L (sumber: houzz.com)

5. Pastikan memilih sofa yang berkualitas

Sofa berkualitas biasanya harus terasa padat dan berat. Cek juga bahan sofa dan juga jahitannya. Bisa juga memilih bahan sesuai dengan gaya hidup kondisi rumah anda.

Baca Juga : Tips Membersihkan Sofa Kain dengan Mudah dan Cepat

Jika kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil dirumah, sebaiknya pilih sofa yang terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan, seperti vinyl atau kulit.

Sekian tips yang bisa kami berikan untuk sahabat imania, semoga bermanfaat 🙂

 

Berikan Rating
Kamar Tidur Utama Puri Bintaro

Cara Menata Kamar Tidur yang Sempit agar Terlihat Luas

Mempunyai kamar tidur yang sempit dan sumpek pasti terasa tak nyaman dan bikin kita tidak betah berlama-lama didalamnya. Padahal kamar tidur haruslah membuat kita merasa nyaman dan bisa menghilangkan segala penat setelah seharian beraktivitas. Namun kamar yang sempit terkadang membuat kita malah tambah stress.

Kamar yang luas dan besar tentunya menjadi impian dari banyak orang. Kita jadi bisa menaruh berbagai macam furniture, aksesoris atau melakukan berbagai dekorasi yang kita suka. Dan yang pasti rasanya tidak sumpek dan pengap.

Namun bagaimana kalau interior kamar tidur yang kita miliki tergolong kecil dan sempit? Sahabat Imania tidak perlu khawatir karena disini kami akan memberikan berbagai tips dan cara menata kamar tidur sempit supaya tampak luas dan tidak sumpek.

 

Cara Menata Kamar Tidur Sempit

Penataan Perabotan

Tips atau cara menata kamar tidur sempit yang pertama adalah anda harus memperhatikan pemilihan dan pembelian perabotan yang akan digunakan didalam kamar anda. Sebaiknya hindari membeli furniture atau aksesoris berukuran besar. Sesuaikan ukuran tempat tidur dengan kebutuhan, jika anda hanya tinggal sendiri sebaiknya tidak menggunakan Kasur untuk dua orang.

 

Terlalu Banyak Bantal

Kamar Tidur Apartemen Serpong Green ViewTerlalu banyak bantal dalam satu kamar juga bisa membuat kamar terkesan sumpek dan padat. Sebaiknya tempatkan bantal diatas Kasur sebanyak jumlah orang yang tidur diatasnya. Anda boleh menambah guling jika memang diperlukan.

 

Pencahayaan yang Cukup

kamar tidur dengan nuansa maskulinKamar tidur akan terkesan makin sempit jika cahaya didalamnya terbilang kurang. Sebaiknya ganti lampu kamar dengan lampu led yang terang atau bisa juga menambahkan lampu meja untuk membantu kamu untuk tidur dengan lebih nyenyak. Kamu juga tidak terganggu saat membaca buku sebelum tidur.

 

Gunakan Warna Kalem

Desain Interior Kamar Tidur MinimalisTips atau cara menata kamar tidur minimalis yang sempit selanjutnya adalah menggunakan warna-warna kalem dan menenangkan untuk kamar tidur. Penggunaan warna-warna yang cerah seperti merah, biru, kuning dan hijau sebaiknya dihindari untuk kamar tidur anda. Untuk warna yang baik adalah warna putih, abu-abu, atau biru langit.

 

Hindari Barang Elektronik di Kamar

Hindari memasukan barang-barang elektronik kedalam kamar seperti tv, radio, permainan dan lain-lain. Karena barang-barang elektronik tersebut bisa mengganggu waktu tidur kita yang harusnya lebih cepat dan lebih nyenyak. Karena kamar tidur harusnya menjadi tempat yang baik untuk kita beristirahat.

 

Tambahkan Tanaman Hidup

Sediakan juga satu atau dua tanaman hidup agar suasana kamar menjadi lebih segar dan lebih sehat serta tidak terlalu terasa sumpek saat masuk kedalam kamar tidur tersebut.

 

Nah, bagaimana sahabat imania mengenai tips dan cara menata kamar tidur yang sempit diatas, semoga bisa jadi referensi dan tips yang tepat untuk kamu terutama jika memang kamu memiliki desain kamar tidur minimalis dirumah.

 

 

 

Berikan Rating

Tips Membersihkan Kitchen Set Sekaligus Merawatnya

Memiliki kitchen set tentunya sangat menyenangkan terlebih lagi jika anda memiliki kitchen set dengan desain yang menarik dan juga mempunyai tempat penyimpanan yang lengkap.

Kitchen set dengan menggunakan bahan kayu HPL saat ini sudah sangat banyak digunakan dan menjadi hal yang lumrah. Namun tentunya penggunaan yang sering akan membuat kitchen set cepat kotor, bahkan jika tidak dirawat dengan baik kitchen set akan cepat rusak.

Nah, untuk mencegah agar kitchen set dirumah tidak mudah rusak dan kotor, tentunya kita harus rajin membersihkan dan merawatnya. Akan tetapi, membersihkan dan merawat kitchen set tidak bisa sembarangan sahabat Imania, ada cara-cara khusus yang harus kamu tau supaya tidak malah merusak bahan dari kitchen set tersebut.

Berikut ini tips membersihkan kitchen set minimalis sekaligus perawatannya supaya tetap bersih dan awet.

Kitchen Set Apartemen City LightKitchen Set Telaga Golf 2Kitchen set Gading SerpongKitchen Set Rumah BintaroKitchen Set Michelia centro bsdtips membersihkan kitchen set

Tips/Cara Membersihkan Kitchen Set Secara Rutin

Kitchen set terutama bagian granit dan HPL sebaiknya dibersihkan secara rutin agar tetap terlihat bersih dan terawatt dengan baik. Untuk membersihkan granit cukup mudah yaitu hanya dengan mengelapnya menggunakan kain basah yang telah diberi sabun kemudian lap kembali dengan menggunakan kain kering.

Untuk membersihkan HPL bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Siapkan larutan pembersih, yaitu dengan membuat larutan cuka dengan mencampur air cuka dan air dengan pembandingan 1:3. Gunakan larutan ini untuk membersihkan kitchen set secara rutin.
  • Semprotkan ke bagian yang ingin dibersihkan atau bagian yang kotor.
  • Kemudian lap dengan menggunakan lap kering.

 

Tips Membersihkan Kitchen Set Secara Total

Setiap seminggu atau sebulan sekali, anda sebaiknya melakukan pembersihkan kitchen set secara total mulai dari bagian permukaan luar, dalam, dan sisi-sisinya. Berikut ini langkah demi langkah cara membersihkan kitchen set secara total.

  • Bersihkan bagian luar terlebih dahulu dengan menggunakan larutan cuka dan lap kering.
  • Kemudian bersihkan bagian dalam, keluarkan barang-barang atau perabotan yang ada didalam agar tidak rusak saat dibersihkan.
  • Bersihkan bagian dalam cabinet dan sela-selanya dengan menggunakan larutan cuka dan kuas atau kain yang kecil.
  • Jika anda kotoran atau noda yang telah lama menempel didalam cabinet, gunakan baking soda yang dicampur dengan air secukupnya untuk menghilangkan noda tersebut.

 

Itulah cara dan tips membersihkan kitchen set sekaligus merawatnya agar tetap terlihat kinclong dan pastinya tetap awet dan tahan lama.

Lihat juga info menarik lainnya terutama tentang desain interior rumah minimalis dan arsitektur.

Berikan Rating
Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp