Category: Info Landscape

taman minimalis

Taman Minimalis

Membuat Taman Minimalis

Dalam Desain Interior, Tidak hanya memperhatikan keindahan interior dalam rumah saja, akan tetapi juga memperhatikan keindahan eksterior rumah, dalam hal ini adalah taman rumah. Keindahan interior suatu rumah memang bisa mencerminkan pemilik rumah tersebut. Akan tetapi eksterior rumah juga mempunyai peran yang sama dengan interior.

Eksterior yang dimaksud adalah Taman, keindahan taman juga mempunyai peranan yang cukup penting dalam menentukan nilai suatu rumah. Karena, hal pertama yang dilihat oleh tamu ketika datang ke rumah kita, adalah bagian luar rumah, bila pada rumah tersebut terdapat taman yang di maksimalkan fungsinya, dan mencerminkan keindahan, maka akan memberikan suasana nyaman, sejuk, dan tenang pada setiap orang yang melihatnya. Sehingga dapat memberikan nilai Plus pada rumah dan pemilik rumah.

Dalam membuat taman rumah, tidaklah harus mempunyai lahan yang luas. Lahan yang seadanya pun bisa anda manfaatkan dengan dibuatkan taman, atau ditanami dengan bunga-bunga dan hal semacamnya. Saat ini banyak sudah rumah-rumah yang membuat taman dengan konsep minimalis. Bagaimana membuatnya?? Berikut informasinya :

taman minimalis
taman gantung minimalisDalam membuat taman minimalis, ada baiknya, memperhatikan aspek keindahan, kesehatan, dan kenyamanan. Hal-hal tersebutlah yang membuat taman anda selaras dengan desain rumah minimalis anda. Desain taman minimalis, seharusnya bisa memberikan efek sejuk dan segar, agar rumah tidak terasa sumpek, panas, dan sebaginya.

Taman sangat dibutuhkan khususnya bagi mereka yang seharian lelah bekerja, karena mereka bisa melepas lelah setelah seharian bekerja dan beraktivitas dengan duduk-duduk/ bersantai  di gazebo dan memandangi taman yang indah, dan memberikan rasa sejuk.

Taman yang hijau dan sejuk sangat dibutuhkan oleh rumah minimalis, agar rumah minimalis tidak tampak kaku. Taman dengan kolam bisa menjadi alternative pilihan desain anda. Karena selain membuat segar dan menyejukkan, ternyata kolam juga berfungsi dapat menjadi sumber air bagi tanaman hijau. Anda juga dapat menaruh pancuran di sekitar kolam untuk menambah aspek keindahan model taman minimalis.

Selain itu, Gemericik air dari kolam membuat suara yang merdu dan baik bagi psikologis anggota keluarga. Kabut air yang dihasilkan pancuran juga berfungsi menjaga kelembaban udara dirumah anda. Bagi anda yang tinggal di kota-kota yang bersuhu panas, seperti Jakarta, pasti akan membutuhkan hal ini. Anda juga bisa menambahka air terjun untuk melengkapi keindahan taman rumah.

Tips Merawat Taman Minimalis

Bagaimanakah cara merawat taman rumah minimalis, agar tetap terawatt dengan baik ?? berikut beberapa tips dalam merawat taman rumah, berikut informasinya :

  • Klasifikasikanlah tanaman yang ada di taman, misalnya, tanaman yang paling butuh air anda kumpulkan jadi satu, dan tanaman yang tidak banyak membutuhkan air, anda kumpulkan juga jadi satu, tetapi terpisah dengan tanaman yang membutuhkan banyak air. Hal ini akan mempermudah anda dalam merawat dan menyiraminya.
  • Agar mudah merawatnya, anda bisa memilih tanaman yang pertumbuhannya lama, sehingga akan mudah bagi anda dalam mengontrolnya. Pilih juga daun tanaman yang kuat, dan tidak mudah berguguran, agar anda tidak terlalu sering menyapunya.
  • Jika anda ingin memangkas dahan serta ranting tanaman, pilihlah dahan dan ranting, yang bagian pangkal dengan batang tebal agar pertumbuhan tanaman menjadi lambat. Hal ini dimaksudkan agar tumbuh kembang daun dan ranting lurus keatas yang dinamis.
  • Tanamlah tanaman air pada pot yang berukuran besar dan mudah untuk dikuras. Pot yang berukuran besar akan mempermudah anda dalam menyiram atau mengisi penuh pot tanaman air. Pot air juga harus ruitn untuk dibersihkan sehingga terbebas dari sarang nyamuk.

Itulah beberapa gambaran/informasi, tips-tips dalam merawat taman rumah minimalis. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai desain ruang belajar, desain kitchen set minimalis, dan desain rumah kayu modern. Selamat membaca, Happy Design 🙂

Berikan Rating
Gazebo taman

Gazebo Taman

Manfaat Adanya Gazebo Taman di Halaman Rumah

Gazebo Taman, Di akhir pekan ingin rasanya menikmati pemandangan yang sejuk, indah, nyaman, bersama keluarga dan dapat membuat tubuh kita rileks, pernahkah anda mempunyai keinginan seperti itu?? Jika iya, Gazebo adalah salah satu solusinya. Anda tidak harus pergi ke tempat yang jauh untuk mendapatkan itu semua, cukup dengan membuat gazebo sendiri di rumah anda.

Jika anda mempunyai tanah kosong ( tidak harus luas ), anda bisa membuat taman dan gazebo anda sendiri. Gazebo tesebut bisa disesuaikan dengan luas dan bentuk taman.

Tahukah anda, gazebo yang kita tahu, ternyata sudah anada sejak zaman dahulu. Dahulu, gazebo ini, seringkali digunakan oleh kaisar tiongkok dan kaum bangsawan untuk bersantai, kadang juga untuk menjamu tamu, dan menjadi tempat bersantai para selir kaisar dan anak-anak mereka.

Bentuk gazebo dahulu adalah rata-rata berbentuk lingkaran, namun ada juga yang berbentuk segi delapan. Untuk warnanya di dominasi cat yang berwarna merah yang di kombinasi keemasan. Hal ini sesuai dengan filosofi kebudayaan cina yang kental dengan nuansa merah dan keemasan. Gazebo ini juga berhiaskan relief dan ukiran karya seniman ternama waktu itu.

Gazebo Taman Minimalis Gazebo taman Gazebo Telaga Golf

Gazebo Taman MinimalisLetak gazebo taman

Gazebo pada umumnya terletak ditengah-tengah taman, walaupun ada beberapa gazebo yang terletak di sudut taman. Ukurannya pun disesuaikan dengan luas dan bentuk taman tersebut. Tentunya, akan terlihat aneh, bila taman yang kecil dan dengan bentuk tidak terlalu besar, dibangun gazebo yang berukuran besar.

Tujuan di bangunnya gazebo adalah, agar kita bisa bersantai, memandangi taman dan pepohonan, sehingga dapat memberikan rasa rileks untuk diri kita. Hal ini dapat terwujud apabila gazebo tersebut tidak terlalu dekat dengan rumah utama.

Karena jika gazebo terlalu dekat dengan rumah utama, cenderung akan mengurangi nuansa rileks dan santai yang ingin anda dapatkan. Gazebo sebaiknya diletakkan di dekat kolam ikan atau air terjun buatan.

Adanya kolam ikan atau air terjun buatan, akan menambah nuansa rileks, sambil bersantai bersama keluarga, dan anak-anak, anda bisa mendegarkan gemericik air dan tingkah polah ikan hias dalam kolam. Dengan adanya gazebo taman di halaman rumah anda, tentu sangat membantu dalam menciptakan kebersamaan yang harmonis dan hangat dalam keluarga.

Demikianlah sahabat Imania informasi singkat mengenai gazebo untuk taman. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai jenis kompor gas, model lemari pakaian, gorden rumah minimalis. Selamat membaca, Happy design 🙂

 

Berikan Rating
Ide Desain Kolam Renang Terbaik dan Menarik 1

Ide Desain Kolam Renang Terbaik dan Menarik

Terlalu sering berada di dalam rumah terkadang sangat membosankan, ingin pergi keluar namun rasa malas terus menghantui, karena kamu tau tentunya bagaimana kemacetan ibu kota yang tiada hentinya dan terkadang cuacapun tidak mendukung sehingga faktor itulah yang membuat malas untuk keluar rumah.

Tetapi jika di dalam rumah terus menerus membuat jenuh dan bosan, bagaimana tidak bosan di dalam rumah tidak dapat menemui sesuatu yang menarik, sedangkan di saat posisi mulai jenuh seharusnya mendapatkan sesuatu yang fresh tetapi hal itu tidak di rasakan sama sekali saat di dalam rumah. Mencoba melakukan kegiatan yang baru tetap saja tidak memberikan efek apapun.

Wahhh, posisi serba salah seperti itu terkadang membuat sahabat imania pusing bukan ?

lalu bagaimana caranya nih caranya mengatasi semua itu ?

Buat Kolam Renang yang Menarik

Sahabat imania tidak perlu ambil pusing dengan masalah itu, sahabat imania bisa lohh membuat sesuatu yang menarik di dalam rumah. Apa sihh caranya ?

Salah satu cara yang tepat sahabat imania bisa membuat sebuah ‘Pool Design’

Pool design ini sangat menarik lohh sahabat imania, tidak hanya menambah nilai estetika suatu rumah tetapi dengan adanya pool design didalam rumah akan membuat rumah kamu lebih mewah dan tentunya menjadi menarik lagi. Tidak hanya itu jika rumah memliki sebuah pool design akan menambah nilai jual suatu rumah dan tentunya menjadi salah satu investasi yang menguntungkan untuk kedepannya.

Dengan adanya pool design kamu dapat olahraga tanpa harus keluar rumah dan mengeluarkan biaya tentunya, sangat ekonomis dan praktis bukan ?

Lalu, kamu juga dapat mengabiskan waktu bersantai bersama keluarga yang tentunya menciptakan kehangatan dalam keluarga.

Banyak sekali yah keuntungan dengan adanya sebuah pool design di dalam rumah, tentunya tidak hanya keuntungan yang di dapat tetapi sebuah kenyamanan pun akan di dapatkan .

ayoo sahabat imania sekarang tidak perlu ragu lagi untuk membuat pool design yang akan menghiasi rumah kamu.

Dibawah ini ada berbagai contoh pool design yang dapat menjadi inspirasi sahabat imania 😉 😉

Contoh Ide Kolam Renang Terbaik

Ide Desain Kolam Renang Terbaik dan Menarik 2Ide Desain Kolam Renang Terbaik dan Menarik 3Ide Desain Kolam Renang Terbaik dan Menarik 4Ide Desain Kolam Renang Terbaik dan Menarik 5Ide Desain Kolam Renang Terbaik dan Menarik 6Ide Desain Kolam Renang Terbaik dan Menarik 7Ide Desain Kolam Renang Terbaik dan Menarik 8Ide Desain Kolam Renang Terbaik dan Menarik 9Ide Desain Kolam Renang Terbaik dan Menarik 10Ide Desain Kolam Renang Terbaik dan Menarik 11

 

Nah, keren-keren ya desain kolam renangnya, semoga artikel ini bisa memberi manfaat atau sebagai referensi buat sahabat Imania yang memang ingin membuat kolam renang dirumah atau dihunian tempat tinggal lainnya.

Lihat juga: Desain Taman Jepang dan Tips Membuatnya

Berikan Rating
Top 15 Desain Taman Jepang dan Tips Cara Membuatnya 12

Top 15 Desain Taman Jepang dan Tips Cara Membuatnya

Taman jepang atau Japanese Garden termasuk salah satu desain taman yang sangat diminati di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Taman ala Jepang itu menawarkan banyak kelebihan, diantaranya adalah desainnya yang unik, nyaman, dan dapat memberikan ketenangan bagi orang yang melihatnya.

Buat kamu yang tertarik untuk membuat taman rumah minimalis dan ingin menggunakan konsep taman tersebut, Imaniadesain.com akan memberikan info dan tips mengenai cara membuat desain taman Jepang dan juga beberapa contoh terbaik dari konsep tersebut.

 

Tips dan Cara Membuat Taman Jepang

Ada beberapa tips dan juga syarat yang perlu untuk kamu penuhi dan perhatikan saat akan membuat taman ala Jepang di halaman rumah anda.

Tanaman

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membuat taman ala Jepang adalah dari tanamannya. Dalam memilih tanaman yang tepat untuk taman jenis ini, sebaiknya pilih tanaman yang tidak terlalu besar dan tidak harus ada bunganya. Tanaman yang sering digunakan adalah beberapa jenis tanaman bambu atau tanaman yang simpel. Selain itu tanaman bonsai juga sering digunakan untuk mempercantik tanaman tersebut.

Unsur Air

Salah satu unsur lain yang sering atau bisa dibilang harus ada di taman Jepang adalah air. Contohnya adalah kolam ikan, kolam dengan pancuran air, atau juga kolam yang ditambahkan dengan air terjun kecil. Terdapat juga aksesoris lain seperti jembatan kayu diatas kolam tersebut.

Unsur Kayu

Selanjutnya adalah unsur kayu yang juga sangat dominan di konsep yang satu ini. Dengan adanya unsur kayu akan meningkatkan kesan alami, elegan dan juga kesan natural. Biasanya unsur kayu tersebut ditemukan di pagar, gazebo, atau di pancuran air yang menggunakan bambu. Biasanya kayu juga digunakan untuk bahan lantai disamping halaman rumah.

Unsur Bebatuan

Batu alam termasuk hal yang harus ada ditaman ala Jepang, dan memang cukup umum digunakan di berbagai jenis atau konsep taman yang ada saat ini. Untuk konsep Japanese Garden, batu yang digunakan adalah bebatuan dengan ukuran yang pipih dan lebar.

 

Desain Taman Jepang Terbaik dan Menarik

Top 15 Desain Taman Jepang dan Tips Cara Membuatnya 13Top 15 Desain Taman Jepang dan Tips Cara Membuatnya 14Top 15 Desain Taman Jepang dan Tips Cara Membuatnya 15Top 15 Desain Taman Jepang dan Tips Cara Membuatnya 16Top 15 Desain Taman Jepang dan Tips Cara Membuatnya 17Top 15 Desain Taman Jepang dan Tips Cara Membuatnya 18Top 15 Desain Taman Jepang dan Tips Cara Membuatnya 19Top 15 Desain Taman Jepang dan Tips Cara Membuatnya 20

Top 15 Desain Taman Jepang dan Tips Cara Membuatnya 21
SONY DSC

Top 15 Desain Taman Jepang dan Tips Cara Membuatnya 22Top 15 Desain Taman Jepang dan Tips Cara Membuatnya 23Top 15 Desain Taman Jepang dan Tips Cara Membuatnya 24Top 15 Desain Taman Jepang dan Tips Cara Membuatnya 25Top 15 Desain Taman Jepang dan Tips Cara Membuatnya 26Top 15 Desain Taman Jepang dan Tips Cara Membuatnya 27

 

itulah beberapa contoh desain taman jepang yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk halaman rumah anda.

Lihat juga: Kelebihan dan Kekurangan Taman Vertikal

Berikan Rating
Kelebihan dan Kekurangan Taman Vertikal di Hunian Tempat Tinggal 28

Kelebihan dan Kekurangan Taman Vertikal di Hunian Tempat Tinggal

Taman vertikal atau dikenal juga dengan sebutan Vertical Garden merupakan salah satu cara untuk membuat taman selain dengan cara biasa atau konvensional. Sesuai dengan namanya, taman vertikal adalah taman yang dibuat secara vertikal dan biasanya ditempatkan dipermukaan dinding rumah atau menggunakan rak yang menjulang keatas.

Cukup banyak jenis-jenis tanaman yang bisa ditanam dengan menggunakan sistem yang satu ini, mulai dari tanaman hias bunga, tanaman hias hijau, atau juga buah dan sayuran konsumsi. Sistem vertikal garden atau taman vertikal sebenarnya sudah cukup lama dikenal, tentunya terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan didalam sistem ini. Berikut informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari sistem taman vertikal atau Vertical Garden.

 

Keuntungan Menggunakan Sistem Taman Vertikal

Kelebihan dan Kekurangan Taman Vertikal di Hunian Tempat Tinggal 29
sumber: pinterest .com

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari menggunakan tehnik vertikal atau tehnik tegak. Keuntungan-keuntungan berikut membuat tehnik ini sangat popular saat ini.

Memaksimalkan Lahan Terbatas

Apalabila anda memiliki lahan yang terbatas, maka sistem taman vertikal sangat tepat untuk digunakan, karena tehnik tersebut tidak membutuhkan lahan yang luas dalam penerapannya. Bahkan jika anda tidak memiliki lahan sekalipun.

Mempercantik Tampilan Rumah

Taman vertikal dapat meningkatkan daya tarik dan tampilan baik itu untuk interior maupun eksterior rumah. Selain itu juga dapat memberikan kesan natural dan asri.

Mengurangi Polusi Udara

Dengan membuat taman vertikal didalam maupun diluar ruangan, akan membuat udara disekitar rumah menjadi lebih bersih dan segar. Taman baik itu vertikal ataupun taman biasa memang sudah dikenal mampu untuk mengurangi polusi udara. Namun taman vertikal juga bisa dipasang di dalam ruangan seperti ruang tamu, sehingga udara didalam rumah pun menjadi lebih bersih dan sejuk.

Mengurangi Resiko Tanaman Sakit

Tanaman yang menggunakan tehnik tegak atau vertikal dapat meningkatkan sirkulasi udara, hal tersebut membuat tanaman menjadi lebih terlindungi dan terbebas dari hama serta penyakit yang menjangkit tanaman. Hal tersebut juga dapat mengurangi resiko kerusakan tanaman karena terinjak atau karena serangan hewan liar.

Dapat Menanam Banyak Jenis Tanaman

Walau memiliki lahan yang sedikit, anda tetap bisa menanam banyak tanaman dengan cukup banyak macam atau jenis tanaman yang bisa ditanam. Anda bisa menanam lebih dari satu asalkan anda memiliki dinding yang kosong dan bisa dimanfaatkan.

Lihat juga: Tips Membuat Taman Minimalis Sendiri di Rumah

 

Kekurangan menggunakan Sistem Taman Vertikal

Kelebihan dan Kekurangan Taman Vertikal di Hunian Tempat Tinggal 30Taman vertikal bukannya tidak memiliki kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan atau kelemahan dati tehnik vertikal.

Cepat Mengering

Taman vertikal terkadang lebih cepat kering dibanding taman biasa. Hal tersebut karena taman vertikal yang diletakkan diluar dan dekat dengan jalan akan membuat tanaman menjadi lebih cepat kering, selain itu tanah juga akan lebih cepat kehilangan air karena cahaya matahari atau suhu udara yang panas.

Sebaiknya siram secara rutin atau gunakan peyemprot air otomatis agar tanah dan tanaman selalu segar dan basah.

Biaya Lebih Mahal

Dibandingkan dengan sistem konvensional, vertical garden membutuhkan biaya yang bisa dibilang lebih besar. Hal tersebut karena tehnik ini memerlukan beberapa peralatan khusus, terutama karena ditempatkan di dinding rumah.

 

Berikan Rating
Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp