Category: Info Material

Keramik Lantai

Keramik Lantai

Tips Memilih Model Keramik Lantai

Keramik lantai – Tahukah anda, elemen apa yang wajib ada saat membangun rumah?? Hayoo apa πŸ™‚ yupp, Keramik jawabannya. Keramik adalah salah satu elemen yang wajib ada saat kita membangun rumah, coba bayangkan kalau membangun rumah tanpa keramik,, rasanya ada sesuatu yang kurang gt, ibaratnya kaya makan sayur tanpa garam, tanpa lauk, dan tanpa mangkok/piring ( just kidding πŸ™‚ ).

Walaupun, keramik ini nantinya akan di injak-injak, tetapi bisa berfungsi juga sebagai penghias rumah, karena semakin banyak model keramik lantai yang beraneka ragam. Dulu, mungkin keramik hanya berwarna putih polos tanpa ada hiasannya, namun, saat ini, keramik sudah bermacam-macam model, dan ada yang ada gambarnya, di ukir dan lainnya.

Keramik lantai banyak kelompoknya, ada keramik yang digunakan untuk outdoor ( luar ) dan ada yang indoor ( dalam ). Lalu, apa yang membedakannya?? Perbedaan dari dua keramik tersebut adalah dari permukaannya. Untuk keramik indoor permukaannya lebih halus, dan untuk keramik outdoor permukaannya lebih kasar.

Sedangkan untuk jenis keramiknya, hal ini dilihat dari aplikasi pemakaiannya, yaitu ada keramik untuk kamar tidur, keramik kamar mandi, keramik, ruang tamu, keramik dapur, dan lainnya. Lalu, kalau dari ukurannya gimana??

Dari ukurannya, biasanya untuk keramik biasa dibuar bermacam ukuran. Seperti ukuran 20×25 untuk dapur atau dinding kamar mandi, keramik yang berukuran 30×30 digunakan untuk lantai, keramik ukuran 20×20 digunakan untuk keramik dilantai kamar mandi, dan keramik yang berukuran 40×40 digunakan untuk pemakaian penutup lantai dengan ukuran yang agak luas.

Sebenarnya, keramik terbuat dari campuran semen, gypsum, dan pasir halus. Namun, yang memiliki permukaan berupa press printing dengan beraneka warna dan motif yang cantik. Sehingga, ruangan seperti apapun, baik yang luas, sempit, sederhana, dan biasa saja, setelah ditutupi oleh keramik, tentu akan beda kesannya, kesannya akan tampak mewah, berkelas, menawan, dan β€œwah” .

Tips Memperbaiki Nat Keramik Lantai yang Rusak

Salah satu kerusakan yang sering dijumpai pada lantai rumah tinggal adalah rontoknya nat keramik. Rontoknya nat keramik ini sering terjadi pada lantai kamar mandi. Hal ini bisa disebabkan oleh penggunaan cairan pembersih lantai bahan kimianya terlalu keras, sedangkan kualitas bahan untuk nat tidak bagus sehingga nat pun menjadi rontok. Bahkan, jika rontoknya nat keramik tersebut terjadi dikamar mandi lantai atas maka dapat terjadi rembesan pada dak beton sehingga dapat merusak plafon di lantai bawahnya.

keramik lantai kamar mandibanyak orang menggunakan semen warna/ oker sebagai bahan penutup nat. Padahal bahan tersebut kurang bagus sebagai penutup nat karena tidak memiliki sifat fleksibel. Apabila sudah kering, oker mudah patah dan getas sehingga menyebabkan nat keramik mudah rontok. Solusi yang dapat dilakukan adalah menggunakan semen instan sebagai bahan nat. Keunggulan dari semen instan yaitu mengandung bahan lateks yang menyebabkan memiliki sifat fleksibel sehingga dapat memuai dan menyusut mengikuti cuaca.

Alat dan Bahan yang digunakan :

  • Kape
  • Adukan Semen Instan
  • Karet/busa

Langkah-langkahnya :

  1. Kerok nat keramik yang lama dengan menggunakan kape
  2. Aduk semen dengan air sesuai standar yang tertera pada label kemasan
  3. Oleskan adukan semen dengan menggunakan karet/busa pada nat keramik
  4. Biarkan sekitar 5-10 menit hingga nat dari semen tersebut kering
  5. Bersihkan permukaan keramik yang kotor akibat adukan semen dengan menggunakan karet/ busa.

Model keramik

Berikut ini beberapa informasi mengenai model-model keramik. Berikut informasinya :

model natural

Keramik model natural ini dibuat berbahan dasar tanah liat yang diproses dengan di bakar dan diberikan warna yang sesuai dengan keinginan. Model keramik ini bisa memberikan kesan klasik dan etnik pada rumah

lantai berpola

Jika anda ingin membuat rumah anda berkesan modern, anda dapat memilih keramik dengan model berpola ini. Keramik berpola dapat memberikan kesan modern pada rumah. Pada saat dipasang, kesan yang ditimbulkan adalah lantai yang bersih, natural dan berbentuk tegas. Bahkan hamper menyerupai batu alam.

model glazed

Keramik ini biasanya digunakan di kamar mandi. Keramik ini tersedia dalam berbagai macam pola dan warna yang dapat kita pilih sesuai dengan keinginan kita. Yang menarik dari kerami ini adalah, keramik ini bisa memunculkan berbagai gaya dan pola pada ubin. Seperti, pola mozaik dan gaya fresco Italia. Ketika memasang keramik ini, anda bisa membuat jarak antar ubin bisa di buat hingga jarak yang minimum.

Demikianlah sahabat Imania beberapa informasi dan model keramik rumah. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai interior rumah mungil, desain rumah tropis dan desain pintu rumah. Selamat membaca, Happy Design πŸ™‚

Berikan Rating
Upholstery

Upholstery

Mengenal Fungsi Upholstery

Upholstery yang baik bisa mencegah suasana ruang dan menciptakan tampilan β€œwarna” baru sebuah sofa. Jika anda termasuk orang yang gemar mengganti penampilan sofa anda, rajin-rajinlah memperbarui pengetahuan tentang bahan yang anda miliki.

Lalu, apa aja bahan-bahan sofa tersebut?? Berikut informasinya :
Katun

Yang kita tahu, katun adalah salah satu bahan utama pakaian, bahan katun ini cukup banyak disenangi di Indonesia, karena Indonesia yang beriklim tropis dengan suhu yang relative tinggi, sehingga membuat kita membutuhkan bahan tipis dan cepat menyerap keringat.

Bahan katun juga dipakai pada sofa, pada pembuatan sofa, serat katun yang tipis membuat bahan ini lebih sering dipakai sebagai pelapis atau penutup sofa berukuran kecil dan sedang. Jika dilihat dari segi harga, harga bahan ini bisa dijangkau oleh banyak kalangan, begitupun dengan perawatannya, cara perawatannya cukup mudah, rendam bahan ini dengan deterjen sebentar, kotoran akan langsung terangkat.

UpholsterySerat alami

Selain berbahan katun, adapula sofa yang dibuat dengan unsure alami, yaitu dibuat dengan serat alami. Biasanya sofa berbahan serat alami, banyak dibuat oleh pengrajin-pengrajin di daerah. Mereka mengolah bahan-bahan alam seperti eceng gondok, daun kelapa, rumput, serta kulit dan daun jagung menjadi serat alami yang kemudian dijalin samapai membentuk tampilan yang menyerupai bahan kain pada umumnya.

Selain itu, bahan serat alami ini mulai dimanfaatkan sebagai bahan pelapis furniture. Beberapa hunian yang menerapkan konsep alami memanfaatkan tampilan natural serat ini sebagai penyempurnaan keseluruhan desain interior ruang.

Chenille

Adalah bahan yang terbuat dari campuran bahan sintetis tengah menjadi primadona dalam dunia soft-furnishing. Kenapa?? Karena sekarang ini makin banyak desainer yang mulai beralih pada bahan-bahan sintetis dengan kualitas, ketahanan umur, keberagaman motif serta aplikasi yang setara dengan bahan alami biasa lainnya. Kesulitan untuk mendapatkan bahan alami juga menjadi factor untuk beralih ke bahan sintetis.

Untuk harga chenille, cukup bervariasi, tergantung dari motif, corak, ketebalan, serta kehalusan bahan. Sebelum menggunakannya sebagai pelapis sofa, anda harus mengetahui bahwa perawatan bahan ini tidaklah mudah. Bahan chenille yang sudah terlanjur terkena noda harus segera dibersihkan dengan tekhnik dry cleaning. Fungsinya untuk menjaga supaya serat bahannya tidak berkerut atau tertarik keluar.

Beludru

Bahan yang satu ini kerap dijadikan pilihan utama soft furnishing untuk menciptakan kesan mewah dan elegan. Yang menyukai bahan ini biasanya adalah orang-orang yang kehidupannya sudah mulai mapan. Bahan beludru sangat cocok diterapkan untuk gaya interior klasik dan modern.

Jenis serat yang tebal menciptakan permukaan kain dengan tekstur khusus. Karena teksturnya yang unik itulah maka tak heran bila bahan ini kerap digunakan sebagai salah satu bahan eksperimen untuk mewujudkan ide-ide kreatif para desainer interior.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai gazebo taman, desain dapur, dan dapur minimalis. Selamat membaca, Happy design πŸ™‚

Berikan Rating
model tirai

Gorden Rumah

Tips Dalam Membeli Gorden Rumah

Gorden rumah adalah aksesoris rumah yang biasanya dipasang di jendela-jendela setiap ruang, gorden mempunyai peranan yang cukup besar di dalam rumah, oleh karena itu, setiap orang pasti memilikinya dan mengunakannya di rumahnya. Salah satu manfaat atau fungsi gorden adalah untuk mencegah dan menutupi sinar matahari agar tidak masuk ke dalam rumah, sehingga aktivitas rumah tak terganggu.

Dalam desain interior, fungsi gorden tidaklah hanya sebagai pembatas atau pelindung dari sinar matahari saja, tetapi ada fungsi lain dari gorden tersebut, diantaranya adalah, berfungsi sebagai pemanis ruangan. Kehadiran gorden dalam suatu ruang akan dapat memperindah rumah atau ruangan tersebut. Ruangan akan lebih menarik dengan gorden.

Dulu, model gorden rumah belumlah sebanyak sekarang ini, model gorden dulu kebanyakan bermodel polos dan terbuat dari kain, jarang yang memakai bahan yang lain. Beda halnya dengan era saat ini, model/jenis-jenis model sudah banyak sekali. Banyaknya gorden yang muncul dengan model yang berbeda menjadikan ruangan terlihat elegan. Estetika ruangan terasa begitu hangat dengan adanya gorden yang mempermanis interior ruangan anda.

Karena fungsinya bisa memperindah ruangan, maka banyak yang memakai gorden, tidak hanya di rumah saja, kantor-kantor sekarang pun banyak yang sudah memakai gorden untuk memperindah desain interior kantor– nya.

gorden rumah minimalis model gorden rumahGorden di rumah-rumah, biasanya memakai gorden dengan bahan lembut yang menjuntai hingga lantai yang dilengkapi dengan aksesoris atau hiasan gelang-gelang pada sisi kiri dan kanannya. Selain itu, gorden juga mempunyai warna-warna yang cantik.

Warna gorden yang cantik semakin mempermanis ruangan sehingga anda akan betah berlama-lama dalam ruangan, begitu juga dengan tampilan pada gorden, tampilannya yang beraneka ragam pun menjadikan ruangan akan semakin indah dipandang mata.

Saat ini banyak sekali berbagai macam model, bentuk dari gorden , yang membuat kita bingung dalam memilihnya. Selain modelnya yang bagus-bagus, tentunya diikuti dengan harganya yang bermacam-macam, semakin bagus model, bahan, dan warnanya, maka harganya pun semakin mahal, tentunya harga yang mahal tersebut, diikuti dengan kualitas yang baik juga.

Jika anda berniat untuk membeli gorden, dan bingung mau memilih yang mana, berikut tips-tips dalam membeli gorden, sehingga gorden rumah yang anda beli sesuai dengan criteria anda, ini tipsnya :

Ruangan, anda harus tahu dulu ruangan apa yang akan dipasangi gorden, sehingga saat anda membeli gorden sesuai dengan fungsi terhadap ruangannya. Apakah gorden tersebut hanya untuk pembatas ruangan atau untuk menghiasi ruangan. Sehingga anda bisa memilih gorden yang sesuai, contoh : jika gorden yang dipakai berfungsi sebagai penghias ruangan, anda bisa memilih gorden yang terbuat dari manic-manik.

Model gorden. Saat membeli gorden, ada baiknya memilih gorden sesuai dengan desain interior rumah. Jika desain interior anda bertemakan minimalis, maka pilihlah model gorden minimalis, atau jika desain interior anda klasik, pilihlah model gorden yang klasik. Model gorden pun bisa berpengaruh terhadap awet tidaknya sebuah gorden. Jika anda memiliki anak kecil, ada baiknya jangan memilih/membeli gorden yang ada manic-maniknya, karena anak bisa saja mengjangkau gorden tersebut dan memakan manic-manik gordennya.

Bahan gorden. Untuk bahan, ada bebera macam yang terdapat pada gorden, seperti ada yang berbahan ringan ,lentur, dan ada juga gorden yang berguna untuk meredam suara. Lalu, jenis bahan apa yang anda inginkan?? Apakah yang terbuat dari beludru, sutera, linen, satin atau katun? Pastikan gorden yang anda beli nanti sesuai dengan ruangannya.

Warna gorden. Pilihlah warna gorden yang sesuai dengan warna dinding atau furniture rumah anda. Kalaupun ingin warna berbeda, hendaknya warna gorden harus terlihat serasi dengan cat rumah atau furniture.

Harga rumah. Harga gorden biasanya sesuai dengan jenis bahan, warna dan lainnya, semakin bagus bahannya kemungkinan semakin mahal harganya dan semakin bagus kualitasnya. Cermatilah fungsi gorden sebelum anda membelinya.

Itulah bebrapa gambaran/tips-tips dalam memilih gorden. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai interior apartemen, kompor gas dan lemari pakaian minimalis. Selamat membaca, Happy design πŸ™‚

 

Berikan Rating
kompor gas

Kompor Gas

Jenis-jenis kompor gas

Kompor Gas merupakan salah satu elemen penting pada dapur, yang berfungsi untuk memasak. Dalam memasak, kita tentunya tidak ingin direpotkan dengan alat-alat dapur yang bermasalah, dan tidak praktis kan? Kompor pun seperti itu, kita harus memperhatikan juga unsur keamanan dari peralatan tersebut.

Oleh karena itu, sebelum memilih kompor, ada baiknya kita mengetahui kelebihan dan kekurangan kompor tersebut. Biasanya, di dapur, tidak hanya kompor saja yang ada disana, tetapi ada pasangannya, yaitu cooker hood. Cooker hood berfungsi untuk sirkulasi udara.

Apakah setiap dapur harus ada cooker hood?? Tergantung, cooker hood tidak harus ada di setiap dapur atau kitchen set, namun, jika sirkulasi udara pada dapur kurang baik, maka cooker hood ini sangat diperlukan, karena dapat membantu mengatur sirkulasi udara di dapur. Untuk jenisnya, cooker hood ada dua jenis.

Pertama, cooker hood dengan system recycle, yang berfungsi mengolah kembali udara yang kotor sampai bersih. Kedua adalah ventilasi, dengan cara kerja membuang langsung udara kotor yang terhisap tanpa diserap terlebih dahulu.

Kompor Gas Tanam

kompor tanamKompor tanam ini secara desain lebih menarik dibandingkan dengan kompor biasa. Disebut kompor tanam, karena kompor ini diletakkan pada cabinet kitchen set dan tak terlihat. Untuk bahannya, kompor ini menggunakan pelapis baja ( enamel ).

Kelebihan enamel adalah, membuat desain kompor menjadi lebih elegan, bahan ini tahan gores dan beban berat.

Pada pelapis atas kompor terdapat kaca scott yang mirip dengan kaca mobil. Jadi bila terkena benda tajam, pecahannya tidak berhamburan. Selain itu, kaca ini mampu menahan berat hingga 50 kg

Kompor Gas Portable

kompor portableKompor jenis ini banyak kita jumpai dirumah-rumah. Kelebihan dari kompor portable adalah harganya yang murah dan bisa di bawa kemana-mana. Untuk kualitasnya, kompor ini juga tidak kalah dengan kompor tanam. Banyak produsen-produsen ternama yang membuat kompor portable ini, Rinnai salah satunya.

Kompor Minyak

Walaupun saat ini sudah banyak orang yang menggunakan kompor atau listrik, namun, kompor yang berbahan minyak ini masih tetap disenangi. Biasanya, kompor ini dijadikan sebagai cadangan apabila kompor atau listrik tidak bisa digunakan. Saat ini untuk membeli kompor minyak sudah cukup sulit, pasalnya jarang sekali pedagang-pedagang yang menjualnya. Namun, sahabat imania jagan khawatir, jika ingin membeli kompor minyak bisa pergi ke daerah cawang, Jakarta Timur. Disana banyak terdapat penjual kompor minyak, nama daerahnya lebih dikenal sebagai cawang kompor.

Kompor Listrik

Diera kemajuan teknologi yang begitu pesat, industri kompor pun ikut berkembang, kalau dulu kita hanya mengenal kompor minyak dan gas, namun, saat ini sudah ada namanya kompor listrik. Seperti apa itu? Sesuai dengan namanya, kompor ini menggunakan listrik sebagai bahan dasarnya, besar kecil Wattnya tergantung dari besarnya kapasitas dari kompor tersebut. Anda bisa menemukan kompor listrik ini di toko-toko interior atau yang menjual alat-alat elektronik.

Perawatan Kompor Gas

β€’ Jika kompor ingin di bersihkan, ada baiknya, jangan menggunakan sikat berbulu kasar, karena akan merusak lapisan kompor

β€’ Untuk burner, ingatlah umur ekonomisnya, biasanya setelah dua tahun akan menciut

β€’ Sehabis masak, bersihkan segera sisa-sisa masakan, agar tidak ada noda yang menempel terlalu lama

β€’ Sangat disarankan untuk selalu mengecek kondisi pemantik, burner, baterai kompor, pipa gas, dan tabun gas-nya

Itulah Beberapa tips dalam merawat kompor gas πŸ™‚ Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai interior kantor, sejarah karpetΒ  interior apartemen. Selamat membaca, Happy design πŸ™‚

 

Berikan Rating
Glassblock

Glassblock

Mengenal Fungsi Glassblock

Glassblock ( balok kaca ) sering digunakan untuk bahan dinding penyekat kamar mandi. Material ini dapat menghalangi pandangan, tetapi memungkinkan cahaya masuk ke dalam ruang. Kamar mandi pun menjadi terang saat siang hari. Namun, kondisi dinding glass block yang sering terkena percikan air membuat permukaan kaca dan natnya menjadi terlihat keruh. Untuk menjaga tampilannya, anda harus merawatnya secara berkala. Cara merawatnya pun cukup sederhana.

Lalu, apa saja yang harus disiapkan untuk merawat glass block?? Untuk merawat atau membersihkan glass block, bahan-bahan yang diperlukan cukup simple dan sederhana dan proses pengerjaannya pun terbilang mudah, berikut informasinya :

Alat dan Bahan Untuk Membersihkan Glassblock :
β€’ Air hangat
β€’ Kain lap
β€’ Sabun cair
β€’ Sikat gigi
β€’ Wadah
β€’ Pembersih abrasive ( gunakan yang tidak terlalu keras )
β€’ Squeegee ( sapu dengan ujung karet, biasanya digunakan untuk membersihkan cairan di permukaan kaca )

Langkah Pengerjaannya :

1. Sebelum memeriksa permukaan glass block, perhatikan natnya. Jika sudah tampak kotor dan saatnya dibersihkan, siapkan pembersih abrasive dalam wadah

2. Rendam ujung sikat gigi agar bulu sikatnya menjadi lebih lembut. Kemudian celupkan ke wadah pembersih abrasive

3. Gosok perlahan permukaan nat menggunakan sikat gigi. Lakukan langkah ini sebulan sekali agar nat terjaga kebersihannya.

4. Setelah nat bersih, kini saatnya membersihkan permukaan balok kaca. Campurkan sabun cair ke air hangat. Rendam kain lap ke larutan sabun, kemudian lap permukaan kaca dengan arah melingkar

5. Bersihkan sisa air di perumukaan kaca menggunakan squeeqee, gunakan squeeqee dari atas ke bawah. Tampilan dinding glass block pun lebih cermelang.

Video Make Over Glassblock agar tampil lebih cantik

Sumber >> iDEA

video : Courtesy Youtube

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai desain interior Asia, desain kamar mandi, warna cat dinding. Selamat membaca, Happy design πŸ™‚

Berikan Rating
Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp