Category: Info Material

Ragam Material Untuk Pijakan di Taman 1

Ragam Material Untuk Pijakan di Taman

Tips Memilih Material Pijakan Pada Taman

Ragam Material Untuk Pijakan di Taman – Mempunyai taman yang indah di depan rumah atau di halaman belakang rumah memang sangat menyenangkan. Dengan adanya taman, rumah kita menjadi lebih sejuk, segar dan indah. Saat membangun atau membuat suatu taman, banyak orang yang bingung harus menggunakan bahan material apa untuk pijakan jalan taman tersebut. Adanya โ€˜jalanโ€™ atau pijakan di taman mempunyai beberapa manfaat, yaitu rumput taman tersebut tidak mudah rusak karna pijakan kita. Umumnya ada 2 jenis sirkulasi atau jalan yang sering digunakan banyak orang pada taman rumah.

Yaitu jalan setapak ( pathway ) dan pijakan ( stepping stone ). Untuk jalur setapak, sifatnya lebih permanen dan tak mudah untuk dipindah-pindah. Beda halnya sengan pijakan ( stepping stone ) yaitu serangkaian dari bagian-bagian terpisah dan membentuk satu rangkaian jalur. Untuk stepping stone ini umumnya banyak orang menggunakan material dihamparkan begitu aja diatas permukaan tanah taman, dan tidak diperkuat dengan semen atau semacamnya.

Untuk material jalan setapak, ada beberapa jenis material yang bisa anda gunakan, material dengan unsur alaminya, material alami seperti batu alam, potongan kayu, batu paving bisa anda gunakan untuk membuat jalan setapak ataupun pijakan untuk taman rumah anda. Dan material-material inilah yang sangat popular digunakan.

Jalan setapak di tamanSedangkan untuk jenis batu alamnya pun ada banyak ragam yang bisa anda pilih, batu alam seperti dari jenis batu andesit, batu paras, batu koral, dan batu kali. Agar lebbih menarik, anda bisa memadukan dari beberapa ragam batu alam tersebut. Sedangkan untuk bentuk batu alamnya bisa anda pilih yang sesuai dengan selera, apakah berbentuk bujur sangkar, persegi panjang atau sesuai dengan bentuk alaminya.

Bagaimana cara mengkombinasikannya? Contohnya, anda bisa meletakkan batu koral di sela-sela batu andesit yang dipasang tidak saling menempel satu dengan yang lainnya. Atau bisa juga anda taruh di pinggir jalan setapak yang anda buat dengan batu andesit, sisi kiri dan kanannya, bisa anda letakkan batu koral.

Bila dengan menggunakan batu andesit sudah terlalu umum menurut anda, anda bisa menggantinya dengan batu paving. Sama seperti batu andesit, batu paving juga mempunyai banyak ragamnya, diantaranya ada yang padat dan ada juga seperti grass block.

Selain batu alam, unsur kayu pun bisa anda gunakan untuk membuat jalan setapak atau pijakan, dengan adanya unsur kayu akan memperkental kesan alami di area taman. Kalau yang anda buat jalan setapak, anda bisa menggunakan potongan panjang untuk dek. Sedangkan kalau yang dibuat pijakan, anda bisa menggunakan batang kayu yang dipotong melintang.

Namun yang harus diperhatikan dalam memilih kayu sebagai material jalan setapak atau pijakan adalah kayu yang anda pilih haruslah yang tahan terhadap cuaca, baik saat hujan ataupun panas. Pilihlah kayu yang berkualitas baik seperti kayu ulin, merbau, bangkirai, yang karakternya cocok digunakan di area luar.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Hal yang Harus Dilengkapi Pada Taman Anda, 3 Tips Dalam Membuat Kamar Tamu, dan Mengapa Memilih Furniture Built In. Selamat membaca, Happy design ๐Ÿ™‚

Berikan Rating
counter top dapur

Material Counter Top Dapur yang Paling Populer

Mengenal Macam-macam material untuk countertop dapur

Material Counter Top Dapur yang Paling Populer – Material untuk counter top di dapur mempunyai peranan yang cukup penting, dari segi estetika, material tersebut dapat menambah nilai suatu dapur dan dapat membuat tampilan kitchen set lebih indah dan elegan. Untuk material dapur ini khususnya untuk counter top bisa anda dapatkan diluar sana, berbagai jenis material untuk counter top bisa anda temukan,seperti granit, marmer, stainless steel, baja nirkarat dan material terbaru yang terbuat dari batu sintetis adalah quartz.

Dari berbagai macam jenis material yang ada, kami coba share mengenai kelebihan dari material untuk counter top di dapur yang paling popular saja, dalam hal ini yang paling banyak digunakan banyak orang. Mungkin dari material ini banyak yang sudah menggunakannya, namun mungkin diantara anda masih ada yang belum mengetahui kelebihan dari material-material ini. Nah, berikut informasinya ๐Ÿ™‚

Granit dan Marmer

granit dan marmerMaterial yang satu ini paling banyak digunakan untuk counter top dapur. Karakternya yang alami, kuat, keras dan memiliki banyak tekstur khasnya menjadikan granit dan marmer disenangi banyak orang. Granit dan marmer termasuk ke dalam jenis batu alam, oleh karena itu, bila konsep dapur yang bernuansa alam sangat cocok menggunakan jenis material ini. Namun, walaupun memiliki kelebihan, material granit dan marmer juga memiliki beberapa kelemahan, apa saja kelemahan dan kelebihannya?? Berikut informasinya ๐Ÿ™‚

  • Keunggulan utama dari granit dan marmer adalah banyaknya motif dan warna yang menarik, dan hal ini sulit disaingi oleh material sintetis sejenisnya. Tak hanya itu, nuansa alami yang ada di material ini juga merupakan keunggulannya.
  • Kelemahannya adalah granit dan marmer memiliki pori, yang dapat menjadi tempat mengendapnya kotoran sehingga sulit untuk dibersihkan. Kelemahan lainnya adalah, kedua marmer dan granit agak sulit untuk dibentuk yang sesuai dengan kebutuhan desain.

Solid Surface

solid surface counter topSalah satu material favorit untuk counter top adalah solid surface. Material ini termasuk material yang ramah lingkungan dan berbahan dasar sintetis atau modifikasi akrilik dengan polyester dan filler aluminium hidroksida. Ada beberapa kelebihan di dalam material ini, yaitu :

  • Solid surface tidak berpori sehingga mudah untuk dibersihkan, dan tidak menimbulkan noda, jamur dan bakteri
  • Walaupun bahan sintetis, solid surface tidak mengandung toxic ( racun ), solid surface juga tahan terhadap panas dan lembab.
  • Tahan terhadap goresan, bila solid surface tergores, anda bisa memulihkannya lagi yaitu dengan cara menggosok kertas amplas harus di bagian goresan, setelah itu gosok kembali dengan menggunakan busa, agar permukaannya tetap berkilau.
  • Bobotnya ringan dan mudah di daur ulang, sehingga meminimalkan emisi karbon disetiap tahap produksinya.

Quartz

quartz counter topMaterial terbarun untuk counter top adalah Quartz. Material ini gabungan dari bahan yang alami dengan teknologi canggih atau bahas lainnya adalah fabricated/engineered stone.ย  Kelebihan dari quartz ini adalah material yang satu ini tahan tehadap jamur dan goresan, perawatannya juga sangat mudah.

Demikianlah informasi singkat mengenai kelebihan dan kekurangan material yang paling popular untuk counter top di dapur. Dengan mengetahui masing-masing kelebihan tersebut, tentunya dapat membantu anda dalam memilih material mana yang cocok digunakan untuk counter top dapur anda. Untuk harga relative, tergantung dari jenis masing-masing material.

Bila anda ingin mempunyai pertanyaanย  atau ingin berkonsultasi mengenai pembuatan interior, renovasi rumah, apartemen maupun kantor, anda bisa langsung menghubungi kami. Kami memberikan konsep desain dalam bentuk 3D yang dapat memudahkan anda dalam memvisualisasikan desain tersebut. Untuk nomer contact kami, anda bisa menghubungi kami via telepon di โ€ฆ. Atau melalui email di โ€ฆ. Selamat mencoba, Happy design ๐Ÿ™‚

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Ada Rembesan Air di Sink? Ini Tips Memperbaikinya, Cara Simpel Membersihkan Headboard, dan Tips Membuat Dinding Lebih Cantik Dengan Teknik Sponging. Selamat membaca, Happy design

Berikan Rating
home theater

Perbedaan Material Absorber Dengan Diffuser Pada Home Theater

Apa material absorber dan diffuser itu?

Perbedaan Material Absorber Dengan Diffuser Pada Home Theater – Di beberapa rumah mungkin sudah menerapkan satu ruang untuk dijadikan home theater. Mempunyai home theater sendiri di dalam rumah memang sangat mengasikan, serasa mempunyai bioskop pribadi di dalam rumah. Walaupun sangat menyenangkan, tetapi ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat membuat home theater, khususnya pada material suara. Pemilihan material suara yang baik untuk home theater akan membuat home teater tersebut lebih memukau.

Perlu diketahui tidak semua kualitas suara dari home teater sama kualitasnya, agar suaranya lebih bagus, anda perlu menggunakan sound atau pengendali suara dengan kualitas yang bagus pula. Ada beberapa kelompok material pengendali suara pada home teater, seperti Absorber dan Diffuser, seperti apa perbedaannya? Berikut informasinya

absorber dan disfuser home theaterDiffuser

Diffuser atau juga dikenal dengan pemecah suara, kelompok material diffuser ini merupakan pengendali suara yang tinggi atau treble. Jadi suara yang tinggi dikendalikan atau dipecah sehingga saat sampai ditelinga kita tidak begitu terlalu nyaring dan menyakitkan. Diffuser juga tidak hanya berfungsi sebagai pengendali suara saja tetapi juga dapat membuat suara surround seperti yang kita dengar di bioskop-bioskop.

Seperti apa sih efek suara surround itu?? Efek suara surround adalah efek seolah-olah anda dikelilingi oleh suara tersebut, sehingga terasa lebih nyata. Cara untuk mendapatkan efek suara tersebut yaitu dengan menempatkan diffuser berbentuk cembung di beberapa titik di rungan home teater.

Saat pemasangannya, harus diperhatikan dengan baik-baik. Penempatannya haruslah benar dan tepat, salah-salah bukannya suara surround yang di dapat malah suara seperti gema.

Absorber

Beda diffuser beda juga dengan material yang satu ini yaitu Absorber. Apa itu kelompok material absorber? Yaitu kelompok material yang dapat menyerap suara. Fungsi dari material ini adalah untuk mengendalikan gema dan suara yang berfrekuensi rendah atau nge bass. Suara akan diserap dan memperbaiki suara bass sehingga kita tidak akan mendengar suara dentuman yang terlalu kuat.

Karakter atau ciri dari material absorber adalah material berbahan lunak, seperti busa, melamin, dan bahan-bahan lunak lainnya, bahan kain pun bisa digunakan. Bila anda ingin membeli material absorber, material ini umumnya dijual sudah dalam bentuk panel yang bisa langsung anda pasang di dinding.

Adakah benda lain yang bisa menyerap suara?? Selain material absorber yang merupakan material khusus, ada juga benda-benda yang bisa menyerap suara yaitu seperti sofa, karpet, tirai dan lain sebagainya.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Shared Bedroom Kamar Anak, 3 Cara Untuk Merubah Tampilan Dinding, dan 5 Ide Desain Interior Dengan Washi Tape. Selamat membaca, Happy design ๐Ÿ™‚

Berikan Rating
Keramik lantai

Lantai Keramik Tips Mengatasi Penutup Lantai Lepas

Tips Mengatasi Penutup Lantai Lepas Pada Lantai Keramik

Lantai keramik merupakan alas atau dasar sebuah ruangan atau bangunan yang terbuat dari papan, semen, ubin, dan sebagainya. Lantai merupakan salah satu elemen yang paling sering dimanfaatkan semua penghuni rumah. setiap hari lantai selalu dipijak dan menjadi alas untuk menahan beban barang-barang yang ada di atasnya. Akibatnya lama kelamaan lantai mengalami perubahan atau masalah. Permalahan sederhana yang terkadang terjadi pada lantai dan terasa sangat menganggu. Beberapa permasalahan tersebut terjadi karena factor dari bahan dasar atau proses pemasangannya.

motif lantai keramikKasus 1 >> Penutup lantai lepas

Faktor yang sering menjadi penyebab salah satu keramik lantai terangkat ialah tidak stabilnya bagian bawah ( tanah ) keramik atau tidak padatnya bahan perekat. Adukan semen dengan pasir tidak bercampur dengan baik sehingga menyisakan ruang dibawah keramik. Selain itu ada factor lain yang mempengaruhi lantai lepas yaitu perubahan suhu, pergerakan bangunan akibat getaran bumi, perubahan struktur bangunan, dan pengaruh getaran-getaran halus.

Bahan perekat keramik berupa campuran semen dan pasir memiliki kekurangan, bersifat kaku/ tidak fleksibel. Sementara itu, keramik memiliki sifat keras dan sedikit menyerap air. Hal ini terjadi karena dalam proses pembuatannya, keramik dipanaskan sampai suhu 800 derajat celcius, sehingga kedua sifat tersebut menyebabkan keramik mudah lepas.

Untuk mengatasi hal tersebut, saat ini dipasaran telah tersedia banyak semen instan yang berupa campuran semen dengan silicon/lateks berdaya rekat cukup kuat dan bersifat fleksibel. Permasalahan nat yang terlalu sempit, adukan spesi tidak rata, dan spesi tidak menutupi seluruh permukaan bawah keramik, sebaiknya kerusakan tersebut segera diperbaiki agar tidak bertambah parah.

Alat dan Bahan yang digunakan :

  • Palu
  • Pasir
  • Semen
  • Sendok Semen

Langkah-langkahnya :

  1. Bongkar terlebih dulu keramik lantai yang terangkat
  2. Setelah dibongkar, hancurkan lapisan semen perekat keramik yang tersisa dengan menggunakan palu atau sendok semen kurang lebih sedalam 3 mm
  3. Buat spesi baru dengan cara menebarkan adukan semen secara merata pada lokasi yang akan dipasangi keramik dengan menggunakan sendok semen
  4. Bentuk alur pada adukan yang telah ditebarkan tersebut dengan menggunakan serok bergigi. Alur ini berfungsi untuk lebih meratakan adukan semen jika telah dipasang keramik
  5. Pasang keramik diatasnya hingga merata. Bila perlu, gunakan palu karet untuk meratakannya. Untuk pemasangan ini keramik tidak boleh direndam.
  6. Sebelum pemasangan keramik berikutnya, bersihkan dulu sisa adukan di sekeliling keramik yang baru dipasang dengan menggunakan kape agar pemasangan berikutnya tidak mengisi rongga nat
  7. Setelah semua keramik terpasang, bersihkan sisa adukan yang menempel pada keramik dengan menggunakan busa / kain yang lembab
  8. Cor sela-sela antar keramik dengan menggunakan bahan pengisi nat keramik
  9. Bersihkan dan rapikan pengisi nat dengan menggunakan kain/busa.

Demikianlah sahabat Imania informasi atau tips singkat dalam memperbaiki lantai keramik yang lepas. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai 5 ide desain rumah minimalis sederhana, 4 ide desain rumah mewah, dan tips memilih warna cat rumah minimalis. Selamat membaca, Happy design ๐Ÿ™‚

Berikan Rating
kulkas

Kulkas

Fungsi Kulkas Sebagai Storage Dapur

Kulkas adalah salah satu elektronik yang mempunyai peran atau fungsi penting di dalam dapur. Kulkas juga bisa dikategorikan sebagai storage atau tempat penyimpanan terbesar di area dapur. Fungsinya sebagai storage atau tempat penyimpanan yang mempunyai ukuran luas yang besar, memang mampu menyimpan apa saja, terutama yang menyangkut masak-memasak, seperti bahan untuk memasak, buah-buahan, minuman dan lain sebagainya.

Kulkas termasuk kedalam cold storage, oleh karena itu untuk bahan memasak, tidak semua jenis bahan makanan bisa masuk kedalam kulkas, seperti bawang putih, kentang dan sejenisnya tidak harus disimpan didalam kulkas, ditempat penyimpanan di area dapur yang sejuk atau cool storage juga bisa.

kulkasPertanyaannya adalah apa beda cool dan cold storage?? Jenis kulkas ada beberapa jenis, yaitu, jenis pertama adalah non freeze, jenis ini biasanya berada pada rumah-rumah, termasuk rumah kita. Ciri kulkas ini mempunyai pintu satu walaupun ada juga yang pintu dua sampai tiga. Kulkas jenis ini dibilang non freezer karena evaporatornya tidak lebih dari 1/3 ukuran total kulkasnya. Biasanya kulkas ini juga digunakan untuk menyimpan sayur-sayuran, minuman.

Jenis kedua adalah jenis freezer, jenis lemari pendingin ini biasanya digunakan usaha, lemari pendingin ini pada tiap-tiap rak terdapat evaporator sehingga tingkat kedinginannya tinggi. Lemari pendingin ini bisa membuat es dalam waktu singkat saja, dibandingkan dengan lemari pendingin jenis pertama ( non freeze )

Dan pada jenis terakhir adalah lemari pendingin jenis Door Glass Refrigerator. Lemari pendingin apa ini?? Bila anda berjalan-jalan di swalayan anda akan menemukan lemari pendingin seperti ini.

Ciri-cirinya aalah pintunya terbuat dari kaca transparan, serta temperature yang dihasilkan adalah 9-15 derajat celcius, walaupun dingin, namun lemari ini tidak akan membekukan minuman di dalamnya, tapi hanya menyegarkan dan mendinginkan saja.

Video Tips Merawat Kulkas

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai tips renovasi rumah, pot racks, dan lemari sapu. Selamat membaca, Happy design ๐Ÿ™‚
Berikan Rating
Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp