Category: Info Material

kabinet gantung 2

Kabinet Gantung

Tips Perawatan Kabinet Gantung

Kabinet Gantung ~ Unsur utama penunjang suatu tampilan desain interior yang harmonis adalah kesesuaian tema ruangan dengan karakter furniture di dalamnya. Tampilan desain interior ruangan berikut ini mengedepankan kesan ringan, seperti pemilihan warna dinding yang berkarakter soft, pemilihan sofa berkaki stainless, hadirnya banyak bukaan pada ruang, dan sebagainya. Agar terlihat harmonis, kesan ringan juga dihadirkan pada lemari lemari dua sisi yang didesain khusus.

Lemari dua sisi ini dipesan khusus di produsen furniture. Dari segi harga, tentu berbeda dengan yang ada di toko furnituer. Harganya bisa lebih mahal dibanding dengan harga di toko furniture. Namun, sudah dapat dipastikan secara keseluruhan tampilannya dapat disesuaikan dengan penataan desain interior hunian. Oleh karena itu,  yang membatasi antara ruang makan dengan dapur juga dirancang dengan konsep ringan. Hasilnya berupa olahan bentuk pada kabinet simpannya. Lazimnya, kabinet simpan memang cenderung  full sampai ke lantai, tetapi kali ini dibuatlah seolah-olah menggantung.

desain kabinet gantungFokus utama pada lemari dua sisi ini memang hanya ada di kabinet simpannya yang dirancang tidak full sampai ke lantai atau seolah-olah menggantung. Oleh karena itu, olahan bentuk lainnya hanya dipadupadankan dengan tampilan backdrop kaca dekoratif dan tiang-tiang kayu yang dipermanis dan diikat oleh permainan ambalan saja. Minimnya olahan bentuk dan alternatif area simpan pada lemari ini sengaja dihadirkan untuk menghindari kesan “berat”. Apabila rancangan lemari dua sisi memiliki banyak olahan bentuk dan alternatif area simpan maka akan mengakibatkan ketidaksesuaian dengan tema tampilan desain interior  nya secara keseluruhan yang mengangkat konsep “ringan”.

Area simpan pada kabinet gantung dirancang berupa laci. Kabinet laci lebih termudahkan pengguna dalam menjangkau barang yang tersimpan di dalamnya. Selain itu, penataan barang pada kabinet aci pun bisa lebih rapi. Kabinet laci yang ditempatkan pada sisi yang menghadap ruang dapur sengaja dipilih dikarenakan aktivitas dan kebutuhan simpan pada ruang dapur lebih banyak daripada di ruang makan. Oleh karena itu, area simpan pada kabinet gantung dirancang terbuka. Rak terbuka tersebut hanya berfungsi untuk meletakkan benda-benda yang lebih bersifat dekoratif atau pajangan dengan harapan benda-benda dekoratif tersebut bisa dinikmati keindahannya dari arah ruang makan.

Ada beberapa tips cara perawatan desain interior dengan menggunakan  kabinet gantung :

  1. Selain menggunakan permainan kaca dekoratif bisa juga diganti dengan kaca sandblast.
  2. Hindarkan penyimpanan benda yang beratnya berlebihan pada kabinet laci karena akan menyulitkan pada saat mengambil barang.
  3. Hindarkan menyimpan benda lebih tinggi daripada tinggi laci. Hal tersebut akan membuat benda yang disimpan tidak awet.
  4. Rawatlah sela-sela tiang dan ambalan yang jaraknya terlalu rapat. Perawatan bisa menggunakan  kuas bekas cat. Sesuaikan besar kuas dengan permukaannya. Kemudian basahi dengan air bersih lalu sapukan pada celah yang ada dilemari. Bulunya yang lembut bisa menyapu debu yang menumpuk. Terakhir, bungkus kuas dengan lap bersih yang kering kemudian sapukan untuk mengeringkan area pada celah tersebut.

Demikianlah tips cara merawat desain interior dengan menggunakan kabinet gantung. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai interior klasik dan oriental, desain interior metal, dan gaya etnik. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
lantai kayu

Lantai Kayu

Tips Perawatan Lantai Kayu

Lantai Kayu ~ Kayu merupakan material favorite untuk furniture dan elemen desain interior. Selain memiliki serat dan warna yang indah, kayu dapat menghadirkan suasana hangat dan alami. Kayu yang dipakai sangat bervariasi. Ada kayu lokal seperti Mahogany, Teak, Nyatoh, dll dan juga kayu impor seperti Walnut, Maple, Cherry, Sapele, Oak, Sycamore, Anegre. Selain kayu lokal dan impor ada pula kayu olahan , olahan kayu tersebut dapat berupa partikel atau serbuk kayu maupun serat kayu seperti partikelboard, dapat pula berbentuk lapisan-lapisan kayu seperti plywood/multipleks dan pengolahan dengan proses kimiawi seperti MDF (Medium Density Fiberboard) .

Produk furniture yang memanfaatkan material alam yang jarang digunakan seperti sisa batang pohon/wood branch. Terobosan baru pada produk ini juga merupakan wujud dukungan terhadap program berwawasan lingkungan (green design). Dengan pemakaian irisan kayu (veneer) berarti kita mengurangi penggunaan kayu gelondongan tanpa mengurangi keindahan estetika produk tersebut. Dengan pengerjaan yang teliti, veneer ini dapat memberi tampilan yang serupa dengan furniture dari Kayu Solid.
Material kayu untuk penutup lantai memberi kesan “hangat” dan natural. Pilihan jenis dan kreativitas dalam penerapannya di lapangan merupakan upaya yang melengkapi nilai sebuah karya desain interior.
Pemakaian Lantai kayu parket untuk penutup lantai hanya diterapkan pada ruang – ruang publik. Beberapa ruangan dalam desain interior rumah tinggal seperti kamar tidur dan ruangan duduk keluarga kini sudah mulai banyak menggunakan parket untuk penutup lantai. Hal ini juga diterapkan diruang – ruang pribadi lain yang membutuhkan elemen interior yang menunjang kesan hangat.
Parquet dibuat dari beberapa lapisan. Lapisan struktural yang merupakan kayu lapis (plywood) atau , yang terdiri dari beberapa lapis yaitu lapisan atas (face layer), lapisan tengah (middle layer) dan lapisan bawah (bottom layer). Face layer berasal dari Solid wood atau disebut juga solid surface dipilih dari jenis kayu yang memiliki keindahan tekstur dan keindahan warna yang alami.
Saat ini sudah diproduksi lebih dari 100 tipe desain interior , yang bahannya diambil dari kayu lokal dan kayu impor yang khusus karakternya. Keberagaman tekstur solid surface tersebut merupakan keunggulan.
Dari berbagai jenis produk yang diproduksi, tipe Line saat ini sedang menjadi favorit karena memiliki karakter yang sesuai dengan bangunan modern kotemporer yang banyak dibangun.
Pola face layer dihasilkan dari inovasi dengan cara membuat beberapa jenis Kayu Solid yang sangat berbeda karakter dan warnanya dalam susunan vertikal lalu dipotong melintang sehingga menghasilkan lapisan multistripes yang sangat dinamis (mixed wood cocktail line).
Dalam perawatannya parquet membutuhkan perhatian khusus dikarenakan parquet sedikit lebih sensitive. Oleh karena itu kami berbagi tips bagaimana cara membersihkannya. Ini adalah tips cara merawat lantai kayu parket :
jenis lantai kayu lantai kayu parket
1. Perhatikan instruksi bagaimana cara mengepel dari tukang kayu saat anda memutuskan untuk memilih parquet. Jika suatu saat ada noda kopi atau teh yang tumpah, bersihkan daerah yang terkenan noda tersebut dengan kain basah yang bersih terlebih dahulu. Usahakan agar tidak menetes.
2. Sapu semua kotoran, debu atau pertikel kotoran lainnya. Dengan begitu, anda akan akan lebih mudah untuk membersihkan dan mengepel parquet.
3. Pilih dan gunakan kain pembersih yang tepat, bagus dan benar. Perhatikan banyaknya cairan digunakan yang tepat, jangan terlalu banyak, karena hal ini dapat meninggalkan noda membandel dan semakin sulit dibersihkan di parquet.
4. Lakukan proses pengeplan dua kali saat itu juga. Namun bukan berarti lantai kayu anda harus dipel dua kali sehari. Setelah lantai dari kayu dipel dengan kain lembab atau basah, keringkan kembali dengan cara mengepel untuk kedua kalinya dengan kain kering yang bersih sehingga air cepat diserap.
5. Saat proses perawatan dengan mengepel lantai dari kayu selesai, hindari parket diinjak atau dilalui jejak kaki. Anda dapat memilih kain dari bahan katun untuk melakukan pengepelan di lantai dari kayu rumah anda.
Demikian lah tips perawatan jenis lantai kayu. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai ruang kerja, terarium, dan credenza melati vista. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
Dehumidifiers

Dehumidifiers

Manfaat dan Kegunaan Dehumidifiers

Dehumidifiers – Sahabat Imania, emang paling ga enak, kalau kamar, dapur atau ruangan apapun itu terasa lembab, ruangan menjadi lembab karena salah satu sebabnya adalah udara dalam ruangan mengendap dalam ruangan tersebut, sehingga tidak bisa diganti dengan udara baru yang lebih segar. Selain itu, tidak adanya pertukaran udara dalam ruangan, dikarenakan karena tidak adanya jalur pertukaran udara tersebut, dalam hal ini bisa jendela atapun lubang angin.

Jika suatu ruangan dalam rumah lembab, maka, akan menimbulkan bakteri dan kuman, serta akan membuat furniture menjadi tidak awet. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menjaga agar suatu ruangan tidak lembab dan lebih memperhatikan sirkulasi udara dalam ruangan tersebut.

Bila, suatu ruangan tidak memiliki jendela, sahabat imania memerlukan alat yang bisa menghilangkan uap air di udara, ada berbagai macam alat, salah satunya Dehumidifiers. Alat Apa itu??  Dehumidifiers adalah mesin yang berfungsi untuk menghilangkan uap air di udara.

Apakah alat ini memang dibutuhkan?? Kondensasi di udara dapat menyebabkan beberapa masalah bagi orang-orang, suhu udara yang baik adalah harus tetap pada tingkat kelembaban 50 persen,Ini adalah suasana yang nyaman untuk banyak orang.

Berikut ini adalah beberapa manfaat seputar dehumidifier. Apa saja? Berikut informasinya :

manfaat dehumidifiers DehumidifiersIt prevents mold

Jika Anda tinggal di daerah yang lembab, rumah Anda mungkin dipengaruhi oleh kelembaban. Mold adalah masalah umum dalam kondisi lembab atau kamar yang tidak memiliki jendela atau ventilasi. Kamar mandi, dapur dan ruangan lainnya dapat dengan mudah dihinggapi oleh jamur. Namun, dengan menempatkan dehumidifier dalam ruangan bisa mencegah resiko tersebut. Karena alat tersebut akan mengurangi kelembaban tersebut.

Baik untuk pernapasan

Ruangan yang lembab, akan terasa pengap, serta dampaknya adalah akan membuat kita sulit untuk bernafas. Hal ini dapat di cegah bila menggunakan dehumidifier untuk menghilangkan kelembaban tersebut, sehingga kita akan lebih mudah untuk bernapas. Umumnya, suhu udara yang baik adalah dengan tingkat kelembaban 50 persen.

Melindungi furnitur kayu Anda

Kita tahu, bahwa kelembaban juga akan mengurangi keawetan furniture, khususnya furniture yang di buat berbahan dasar kayu. Furniture akan lebih mengembang dan akan menimbulkan bakteri atau jamur. Hal ini sangatlah tidak baik, bukan saja bagi furniture’a, tapi bagi kesehatan penghuni rumah tersebut.  Dengan adanya alat tersebut, maka akan bisa mengurangi tingkat kelembapan ruangan sehingga resiko adanya jamur sangat kecil.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai lemari dapur, batu granit, dan model tirai. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
Batu Granit

Batu Granit

Manfaat Batu Granit Untuk Interior Rumah

Batu Granit, Beda dulu beda sekarang, jika dulu dapur hanyalah sebagai tempat untuk masak-memasak, cuci piring, hampir tidak pernah digunakan sebagai tempat untuk berkumpul bersama keluarga. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan dunia desain interior, dapur mulai beralih fungsi.

Apa fungsinya?? Fungsi utamanya tetap sebagai tempat memasak dan menyajikan makanan untuk anggota keluarga, namun, selain itu, juga berfungsi sebagai tempat “nongkrong” anggota keluarga. Dapur saat ini tidak hanya ada kompor dan gas saja, tapi ada juga meja Island, meja bar, meja makanan dan lainnya. Hal ini membuat kita betah di dapur.

Untuk kitchen set, meja island, dan meja bar, saat ini sudah banyak orang yang menggunakan granit sebagai alas mejanya. Pemakaian granit dalam kitchen set memberikan banyak manfaat, manfaat batu granit adalah akan memberikan tidak hanya kesan indah saja, namun, juga memberikan kesan mewah pada dapur/kitchen set. Lantas, apa sih keuntungan lainnya bila menggunakan granit pada dapur?? Bukannya harganya mahal?? Ada beberapa benefit yang bisa kita dapat dalam mengunakan granit, apa saja? Berikut informasinya :

manfaat batu granitNilai Estetikanya,, Granit mempunyai keindahan dalam setiap motifnya, ada banyak sekali motif granit, dan semuanya itu mempunyai dan memberikan keindahannya masing-masing. Hal ini sangat cocok untuk di letakkan pada kitchen set, dengan tujuan dapat lebih membuat kitchen tersebut lebih indah. Sedangkan untuk harga batu granit berbeda-beda tergantung dari jenis granitnya.

Tahan Suhu Panas,, seperti yang dijelaskan diatas, fungsi dapur adalah tempat untuk masak-memasak, olehn kerena itu, daerah di sekitar kompor, khususnya meja kabinetnya, pastilah akan terasa panas juga, bila lapisannya terbuat dari keramik atau plastic, dikhawatirkan tidak akan tahan panas. Hal tersebut tidak termasuk denga granit, granit cenderung tahan panas.

Tahan Lama

Batu Granit mempunyai kualitas keawetan yang dapat bertahan lama, hal ini sangat baik untuk jangka panjang. Memang, untuk harganya relative, ada juga yang mahal ( tergantung jenis/motifnya ), namun, harga tersebut terbayarkan dengan benefit yang kita dapat dari granit tersebut, serta lebih awet.

Tahan Noda, Granit juga cenderung tahan terhadap noda, namun, bila ada noda yang menempel di granit, ada baiknya cepat di bersihkan.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai dekorasi ruang tamu, warna ruang tamu, dan lemari dapur. Selamat membaca, Happy design 🙂

 

Berikan Rating
wadah plastik

Wadah Plastik

Mengenal Fungsi Wadah Plastik

Pesatnya kemajuan dan penggunaan teknologi memang memberikan dampak yang positif dalam berbagai hal, antara lain dapat membantu pekerjaan kita menjadi lebih efektif dan efisien. Salah satunya wadah plastik. Saat ini berbagai macam dan bentuk wadah plastic untuk menyimpan makanan telah tersedia. Dengan bentuknya yang baik, memudahkan kita untuk menyimpan makanan.

Penggunaan tempat plastik untuk menyimpan bahan makanan memang terbilang efisien. Namun, bukan berarti tempat plastik tidak memerlukan perawatan. Berikut ini tips jitu merawat tempat plastik di dapur Anda.

  • Campurkan air hangat dan baking soda. Setelah tercampur diamkan dulu selama beberapa saat baru kemudian dibilaskan pada tempat plastik dengan menggunakan spons lembut. Diamkan beberapa saat dan cuci dengan air bersih.
  • Untuk tempat plastik yang bernoda, Anda cukup mencampurkan air hangat dengan cairan pemutih. Diamkan selama 20 menit baru digosokkan pada tempat plastik bernoda. Cuci dengan bersih menggunakan air hangat. Pastikan wadah tercuci bersih agar cairan sisa pemutih benar-benar hilang.
  • Jika masih ada bau yang tertinggal di dalam wadah plastik, baik bau cairan pembersih maupun bau bahan makanan, cukup gunakan kertas koran. Basahi kertas koran kemudian masukkan dalam wadah. Diamkan semalaman di dalam lemari es dan cuci esok harinya.
  • Solusi lain menghilangkan bau adalah dengan menggunakan jeruk lemon yang didiamkan di dalam wadah plastik selama semalam. Anda juga bisa menggunakan ketimun sebagai alternatif lainnya.
  • Salah satu keluhan dari wadah plastik adalah warna yang akan memudar seiring waktu. Solusinya, Anda dapat menggunakan minyak kelapa. Gosokkan minyak kelapa pada wadah plastik untuk merawat warnanya secara rutin. Seminggu sekali. ( Idea )

Selain tips diatas, anda juga bisa membaca tips lainnya yang berhubungan dengan desain interior rumah pada Web ini. Lihat juga portfolio interior kami untuk referensi atau ide desain interior rumah, apartemen dan kantor anda 🙂

Itulah beberapa informasi dan tips dalam merawat dan menjaga wadah plastik. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai sofa modern, ruang kerja kantor, dan pintu gebyok. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp