Category: Info Material

manfaat batu granit

Macam-Macam Granit Lantai Rumah, Kelebihan Granit dan Harga

Saat ini ada beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai bahan lantai dirumah kita. Salah satunya adalah bahan granit yang sangat bagus dan memiliki banyak keuntungan jika digunakan untuk lantai hunian tempat tinggal kita. Macam-macam granit juga bervariasi baik dari segi corak, warna maupun ketebalan. Harga granit juga bervariasi tergantung dari kualitas dan juga tampilan dari lantai granit yang anda inginkan.

Granit lantai rumah bisa menjadi pilihan yang sangat tepat karena memberikan kesan modern, elegan dan tampilan yang menarik. Tampilan interior rumah juga jadi lebih nyaman, adem, sejuk, dan terlihat lebih natural. Hal tersebut karena batuan alam ini dapat membuat suasana dalam ruangan menjadi sejuk dan tidak panas.

Buat kamu yang ingin tahu mengenai bahan yang satu ini, berikut ini kami informasikan mengenai macam- macam jenis granit, kelebihan, dan juga cara memilih batu granit lantai rumah dengan tepat dan sesuai dengan interior rumah anda.

 

Macam-Macam Granit Lantai Rumah

Batu granit yang digunakan untuk lantai rumah sendiri memiliki berbagai karakteristik dan jenis-jenis yang berbeda. Mengetahui jenis granit akan sangat berguna terutama jika anda ingin membeli untuk digunakan sebagai lantai rumah atau untuk keperluan lain, misalnya untuk digunakan di kitchen set anda.

Berikut ini adalah beberapa jenis batu granit yang ada dipasaran dan bisa anda pilih sebagai referensi rumah anda.

 

Batu Granit Emas
Macam-Macam Granit Lantai Rumah, Kelebihan Granit dan Harga 1
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Jenis batu granit yang pertama adalah batu granit mas. Jenis batu yang satu ini dapat memberikan kesan yang elegan didalam rumah anda. Interior rumah akan terlihat lebih natural dan juga lebih memberi kesan ‘kilau’ karena memang sifat batu granit yang permukaannya mengkilap.

Jenis batu yang satu ini sangat pas untuk diterapkan di hunian tempat tinggal minimalis. Kebanyakan batu jenis ini digunakan untuk lantai gedung atau bangunan besar lainnya.

 

Batu Granit Hijau

Macam-Macam Granit Lantai Rumah, Kelebihan Granit dan Harga 2Jenis batu granit hijau cukup popular digunakan untuk hunian tempat tinggal seperti rumah atau apartemen. Warna hijau dari batu granit hijau ini memberikan kesan alami dengan gradasi yang bermacam-macam.

Warnanya yang menarik dan alami membuat jenis batu granite yang satu ini sering dipasang diruang tamu, ruang depan dan ruangan lainnya.

 

Batu Granit Hitam
Macam-Macam Granit Lantai Rumah, Kelebihan Granit dan Harga 3
source: alibaba .com

Jenis granit hitam termasuk salah satu tipe yang sangat popular diantara jenis lainnya. Hal tersebut karena tampilan dan warnanya yang memberikan kesan elegan dan modern didalam rumah. Tipe warna yang satu ini sangat sering digunakan sebagai alas meja, kitchen set, atau juga sebagai lantai di berbagai hunian tempat tinggal.

 

Jenis Batu Granit Putih
Macam-Macam Granit Lantai Rumah, Kelebihan Granit dan Harga 4
source: alibaba .com

Selanjutnya dari macam batu granit yang ada dipasaran adalah granite putih yang memiliki harga yang bisa dibilang lebih murah dibandingkan dengan warna hitam dan hijau. Granit ini juga paling sering digunakan karena harganya yang murah tadi. Terutama granit putih digunakan sebagai permukaan lantai rumah atau apartemen atau bisa juga dinding dan permukaan meja dibagian kamar mandi, dapur dan lain-lain.

 

Ubin Granit

Macam-Macam Granit Lantai Rumah, Kelebihan Granit dan Harga 5

Ubin granit saat ini juga semakin popular dan banyak dijadikan pilihan utama dibandingkan dengan keramik karena memiliki kualitas bahan yang baik dan kuat, serta tampilannya yang cukup cantik dan menarik. Karena memiliki ketahanan yang tinggi, bahan ubin granit sering digunakan untuk bahan lantai gedung perkantoran atau rumah.

 

Jenis Granit CoklatMacam-Macam Granit Lantai Rumah, Kelebihan Granit dan Harga 6

Granit warna coklat sangat cocok dikombinasikan dengan bahan lain seperti keramik, logam dan kayu yang membuat rumah anda menjadi lebih menarik dan lebih sempurna.

Lihat juga: Tips Membersihkan Kitchen Set dan Perawatan

 

Kelebihan-Kelebihan Granit

Kesan Alami

Batuan granit dapat memberikan kesan elegan dan modern, keunggulan lainnya ialah dapat memberikan kesan yang natural dan alami pada rumah. Sangat cocok untuk diaplikasikan ke dalam rumah bergaya minimalis dan tropis yang sedang trend saat ini. khususnya untuk bagian dalam desain interior rumah dan desain dapur minimalis anda.

Tahan Suhu Panas

Fungsi dapur adalah tempat untuk kita memasak, maka dari itu, daerah yang ada disekitar kompor khususnya meja kabinet, pastilah akan terasa panas juga. Bila lapisannya atau bahan permukaan kitchen set terbuat dari keramik atau plastic, dikhawatirkan tidak akan tahan panas dan bisa terjadi kebakaran. Hal tersebut tidak termasuk denga granit, granit cenderung memiliki ketahanan terhadap  panas yang tinggi.

Tahan Lama   

Batu Granit mempunyai kualitas keawetan yang dapat bertahan lama, hal ini sangat baik untuk jangka panjang. Memang, untuk harga dari granit relatif cukup mahal dibandingkan dengan keramik, namun tentunya tergantung dari jenisnya pula, Akan tetapi, harga tersebut terbayarkan dengan benefit yang kita dapat dari granit tersebut, serta lebih awet.

Tahan Gores dan Beban Berat

Keunggulan lain dari lantai atau kitchen set yang menggunakan granit ialah dari proses pembuatannya. Lantai rumah tinggal dengan berbahan granit dibuat dengan cara permukaan nya dipoles sampai mengkilap sehingga jauh lebih tahan gores atau benda jatuh. Lantai granit juga sangat kuat dan sanggup menahan beban berat hingga maksimal 500 kg. Sehingga memiliki keunggulan dibandingkan keramik.

Mudah Dibersihkan

Selain itu lantai granit juga mempunya daya serap air yang relatif kecil yaitu hanya sekitar 0,05% jika kita bandingkan dengan lantai yang menggunakan bahan keramik. Jika tampak kusam, cukup poles dengan bubuk khusus yang ada tersedia dipasaran.

 

 

Itulah info mengenai jenis batu granit dan kelebihan dari bahan tersebut. Untuk harga granit sendiri sangat bervariasi tergantung dari jenis, ukuran, dan corak granit tersebut. Biasanya harganya dihitung per meter untuk granit kitchen set, dengan puluhan hingga ratusan ribu permeternya. Untuk info lengkap mengenai pembuatan kitchen set, anda bisa menghubungi kami DISINI.

Berikan Rating
Cara Memelihara Tembok Rumah Supaya Awet dan Tahan Lama 7

Cara Memelihara Tembok Rumah Supaya Awet dan Tahan Lama

Dinding merupakan salah satu bagian dari hunian tempat tinggal yang sangat penting dan harus kita rawat supaya awet dan tahan lama. Tentunya kita sendiri yang akan kerepotan jika dinding dirumah rusak atau bahkan sampai bolong gara-gara tidak dirawat dengan baik.

Dinding yang kuat dan tahan lama akan bisa melindungi kita dari terpaan angin, hujan, dan juga menjaga kita tetap hangat didalam rumah. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga dinding rumah kita.

Disini imaniadesain akan memberi tips untuk memelihara tembok rumah supaya awwet dan tahan lama. Namun sebelumnya kita ketahui dulu mengapa cat dinding cepat kusam dan kotor.

 

Mengapa Cat Dinding Cepat Kusam dan Kotor?

Cat dinding cukup cepat untuk berubah menjadi kotor dan kusam terutama bagian cat yang ada diluar rumah. Hal yang wajar tentu saja karena cat merupakan bagian terluar tembok dan sering terkena debu, sinar matahari, kelembaban yang bisa menyebabkan tembok menjadi cepat kotor, kusam, berjamur bahkan akan tergerus jika dibiarkan begitu saja.

 

Tips Memelihara Tembok Rumah

Ada beberapa tips dan cara memelihara dinding rumah yang bisa kamu lakukan supaya tembok dirumah tidak mudah kotor, kusam dan juga tidak mudah rusak. Terdapat beberapa pertimbangan pula dalam memilih dan merawat bahan atau cat tembok dirumah. Berikut ini tips-tips nya:

jasa desain interior rumahBersihkan Dinding Dalam dan Luar

Tips atau cara memelihara tembok rumah supaya awet yaitu pertama-tama kita harus rajin dan rutin melakukan pembersihkan dinding rumah terutama untuk bagian luar tembok. Lakukan pembersihan kurang lebih sebulan sekali supaya tembok tidak terlalu lama kotor dan menjadi kusam warnanya.

Hilangkan noda didinding dengan menggunakan bahan yang tidak mengelupaskan cat tembok. Terutama jika anda menggunakan cat tembok warna putih dan bukan cat minyak.

 

Dinding di Cat Ulang

Jika warna tembok sudah terlalu kusam, sebaiknya cat ulang dinding rumah anda dengan cat yang lebih awet dan tahan terhadap hujan maupun panas. Untuk bagian dalam rumah, anda bisa menggunakan cat minyak atau cat khusus yang bisa dibersihkan dengan lebih mudah bahkan bisa dengan menggunakan air tanpa membuat cat-nya terkelupas.

Sebaiknya pilih warna yang sama atau warna cerah yang dapat membuat suasana rumah menjadi tidak kusam dan lebih ceria.

 

Jaga Kelembaban Dinding

Dinding yang terlalu sering lembab dan terkena air akan membuat cepat kusam dan juga tergerus bagian dalamnya. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pelapis anti bocor agar dinding terutama bagian dalam tidak langsung terkena air dan menjadi tidak cepat lembab dan rusak. Dengan begitu cat dinding luar rumah akan lebih awet dan tahan lama.

Menjaga kebersihan dan kualitas dinding rumah kita tentunya harus dilakukan, agar kita bisa tinggal didalam rumah dengan nyaman dan aman dalam waktu yang lama.

 

 

Berikan Rating
motif lantai keramik

Tips Memilih Ubin atau Keramik yang Tepat untuk Rumah Kita

Supaya interior rumah kita terutama bagian lantainya tampak selalu bersih dan terlihat kinclong, maka ubin ataupun keramik yang digunakan haruslah yang terbaik dan tepat untuk dipasang di rumah kita. Sebelum kita memilih ubin apa yang akan kita gunakan didalam ruangan rumah, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal atau factor dalam memilh ubin atau keramik yang sesuai. Salah satu yang biasanya diperhatikan adalah masalah uang atau budget.

Selain dari budget yang memang penting untuk diperhatikan, ada hal lain yang harus diperhatikan seperti misalnya seberapa sering anda berlalu-lalang atau seberapa sering ruang tersebut digunakan. Pemilihan warna, ukuran dan tekstur juga termasuk dari hal-hal yang menjadi perhatian saat membeli dan memesang ubin kamar atau ruangan. Ubin yang pas akan membuat anda merasa nyaman dan juga akan tahan lama.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti. Tentunya tips ini bertujuan supaya ubin anda tahan lama dan terus tampak cantik.

tips memilih ubinkeramik lantai kamar mandimotif lantai keramik

Tips Memilih Ubin atau Keramik

Kuat Menahan Beban

Ubin atau keramik biasanya digunakan untuk lantai ataupun dipasang di dinding. Namun keduanya memiliki jenis ubin yang berbeda baik daya tahan maupun ketebalan. Ubin yang digunakan untuk lantai harus kuat untuk menahan beban berat dan tahan lama. Ubin jenis ukiran, kaca dan juga ubin 3 dimensi sangat tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai alas lantai.

Ruangan yang Digunakan

Untuk ruangan yang sering digunakan dan dilalui seperti dapur, depan pintu dan kamar mandi, keramik yang digunakan haruslah memiliki ketahanan dan keawetan yang tinggi. Ubin berbahan batu alami sangat dianjurkan karena mudah dalam perawatan, kualitasnya bagus dan juga tahan lama. Kekurangannya adalah harganya yang cukup tinggi.

Keramik Porselen

Batu alam memang terbilang cukup mahal karena kualitasnya yang cukup tinggi, namun anda masih bisa menggunakan bahan lain yang tidak kalah dari segi kualitas seperti ubin yang menggunakan bahan porselen. Bahan ini juga cukup kuat dan sangat bagus untuk ditempatkan di lantai kamar mandi atau dapur.

Pilih Gaya Anda

Ubin bertekstur bisa anda pilih jika anda ingin memiliki tampilan lantai yang berkarakter namun tetap terlihat simpel. Warna putih bisa menjadi pilihan terbaik karena memang bisa dikombinasikan dengan berbagai konsep interior seperti minimalis, klasik, industrial dan lain-lain.

Nah, setelah membaca beberapa tips memilih ubin dan keramik diatas, sekarang anda tentu sudah bisa memilih ubin atau keramik yang tepat untuk interior rumah anda.

Lihat informasi menarik lainnya mengenai desain interior dan arsitektur di imaniadesain.com.

 

Lihat juga: Tips Membuat Taman Minimalis Sendiri di Rumah

Berikan Rating
3 Langkah Membersihkan Wastafel Berjamur dengan Cepat dan Tepat 8

3 Langkah Membersihkan Wastafel Berjamur dengan Cepat dan Tepat

Hidup sehat tentunya menjadi keharusan bagi setiap keluarga. Rumah yang bersih dan rapi sangat diperlukan agar kita dan keluarga tetap bisa hidup dengan sehat. Salah satu yang harus kita perhatikan kebersihannya adalah wastafel dirumah. Biasanya wastafel berada di dapur atau bisa juga berada didalam kamar mandi. Hampir setiap hari wastafel digunakan untuk kita mencuci sayuran, buah-buahan atau mencuci tangan kita.

Karena sering digunakan dan sering tersiram oleh air maupun kotoran, wastafel tersebut akhirnya menjadi terlihat kusam dan tidak jarang jadi berjamur. Nah, supaya wastafel dirumah kita tetap bersih dan terjaga dari jamur maupun warna kusam. Imania Desain akan memberikan beberapa langkah membersihkan wastafel baik di kamar mandi ataupun di dapur anda.

Wastafel Alumunium/Stainless

Banyak orang yang menggunakan wastafel berbahan alumunium di kitchen set atau kamar mandi. Untuk membersihkan wastafel tersebut, anda bisa menggunakan campuran perasan lemon dan juga soda kue. Cara mempersiapkannya pun tidak terlalu sulit. Yang perlu anda lakukan adalah mencampur dua sendok soda kue dengan perasan air jeruk sebanyak 300 ml, kemudian aduk secara merata.

wastafelKemudian siramkan larutan tersebut ke seluruh bagian wastafel atau bisa menggunakan semprotan. Tunggu hingga beberapa menit, setelah itu gosok dan bersihkan wastafel menggunakan spoon yang bersih. Terakhir, bilas wastafel dengan air dan lap menggunakan lap kering.

Wastafel Keramik

Selain menggunakan bahan alumunium, wastafel keramik juga banyak dipakai karena kualitasnya dan juga kemudahannya untuk dibersihkan. Wastafel berbahan keramik memang lebih mudah dalam perawatan dan pembersihan. Yang perlu anda lakukan adalah mengeringkan menggunakan lap setiap kali selesai digunakan.

Untuk membuat wastafel tampak terus mengkilap setiap saat, anda bisa menggunakan pasta gigi dan membilasnya menggunakan air hangat setiap minggu. Setelah itu keringkan dengan lap yang lembut.

Tips Menghilangkan Jamur

Untuk membersihkan jamur yang tidak jarang muncul di wastafel, anda bisa menggunakan tips berikut ini.

  • Siapkan campuran air hangat dan pemutih. Satu cangkir pemutih digunakan untuk 3.5 liter air hangat.
  • Bilas seluruh bagian dinding wastafel dengan campuran tersebut, kemudian tunggu beberapa menit.
  • Keringkan wastafel menggunakan lap kering yang lembut atau bisa juga menggunakan tisu yang kering.

Jika ingin lebih mudah anda bisa menggunakan pembersih yang mengandung peroksida yang bisa membunuh jamur dengan efektif. Kemudian anda tinggal mengelapnya dengan kain atau tisu.

Lihat juga: Tren Desain Interior di tahun 2017

Berikan Rating
sofa minimalis

Model Kursi dan Sofa Minimalis Modern

Kursi atau sofa menjadi komponen yang penting terutama untuk beberapa ruangan dirumah seperti ruang tamu, ruang keluarga. Kursi ataupun sofa terkadang juga bisa ditempatkan di teras atau disamping rumah sebagai tempat bersantai dan bercengkerama bersama dengan keluarga ataupun tamu. Keduanya memberikan hal yang diperlukan dari ruangan tersebut yaitu kenyamanan. Maka dari itu, pemilihan kursi ataupun sofa yang pas dan nyaman akan membuat orang yang duduk dan berada diruangan tersebut menjadi betah untuk berlama-lama disana.

Terdapat berbagai macam pilihan baik corak, bentuk maupun ukuran dari sofa. Terdapat pula berbagai macam konsep yang bisa kita pilih seperti vintage, minimalis modern ataupun konsep glamor. Salah satu yang paling banyak digunakan dan dicari adalah konsep sofa minimalis modern karena selain dapat menunjukan kesan sederhana, namun tetap bisa menunjukan sisi modern dan mengikuti kemajuan desain interior masa kini. Model kursi atau model sofa minimalis modern juga banyak digunakan karena lebih hemat dari segi biaya dan bisa ditempatkan di berbagai macam ruangan ataupun berbagai konsep rumah.

Disini kami akan memberikan beberapa contoh dari model kursi minimalis modern ataupun sofa yang bisa anda pilih sebagai salah satu furniture penghias ruangan. Namun sebelumnya kita akan membahas beberapa tips dan ide dalam memilih produk tersebut.

 

Tips dan Ide Desain Sofa Minimalis Modern

Jika kita ingin membeli sofa minimalis modern, tentunya sebaiknya anda juga menggunakan konsep minimalis untuk ruangana atau bahkan rumah anda secara keseluruhan. Tentunya hal tersebut dilakukan agar terdapat keserasian dan juga tampilannya yang harmonis serta sedap dipandang. Pilihlah kursi atau sofa yang tidap terlalu memiliki banyak motif dan corak yang berlebihan. Pilih juga bentuk yang sederhana dan simple, karena salah satu hal yang terpenting dari konsep minimalis adalah daya guna dan juga fungsi dari furniture yang digunakan.

Selain itu, sebaiknya hindari menggunakan sofa yang berukuran terlalu panjang atau terlalu besar, karena tentunya akan memakan terlalu banyak ruangan. Anda bisa menggunakan kursi atau sofa tunggal (Pouf), selain sangat nyaman saat diduduki, kursi jenis ini juga bisa menghemat ruang yang cukup banyak.

Model Kursi dan Sofa Minimalis Modern 9
pict by weimgs .com

Dari segi pemilihan baham, sofa yang berbahan kulit sangat disarankan karena memiliki ketahanan yang lebih baik dan lebih mudah dibersihkan. Model sofa bed juga bisa anda pilih karena kebanyakan sekarang ini sofa minimalis modern bisa digunakan tidak hanya untuk duduk, namun juga untuk tidur.

sofabed, pict by structube .com
sofabed, pict by structube .com

Pemilihan warna yang terbaik adalah warna hitam, putih, ataupun warna cerah yang tidak terlalu terang. Contoh dari warna tersebut adalah warna kuning, orange, merah muda, hijau muda dan juga beberapa warna kombinasi yang bisa anda pilih sesuai dengan selera dan ekstetika warna.

 

Desain Kursi dan Model Sofa Minimalis Modern Terbaru

Buat kamu yang penasaran ingin tahu bagaimana model kursi maupun sofa minimalis yang terbaru dan terbaik saat ini, berikut kami sajikan untuk kamu semua 7 terbaik dari model kursi dan sofa minimalis yang bisa diaplikasikan di rumah anda masing-masing.

sofa minimalissofa kainSofa Rumah Tebetsofa komp. depsossofa citra grandpelengkap sofa

sofa minimalis modern

Bagaimana, menarik bukan contoh-contoh model kursi ataupun sofa diatas. Beberapa diantaranya merupakan hasil buah tangan dari para pengrajin dan juga berdasarkan desain interior dari Imaniadesain.com.

Lihat juga: Cara Merawat Sofa Kulit dengan Simpel

Berikan Rating
Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp