Category: Info Material

kulkas

Kulkas

Fungsi Kulkas Sebagai Storage Dapur

Kulkas adalah salah satu elektronik yang mempunyai peran atau fungsi penting di dalam dapur. Kulkas juga bisa dikategorikan sebagai storage atau tempat penyimpanan terbesar di area dapur. Fungsinya sebagai storage atau tempat penyimpanan yang mempunyai ukuran luas yang besar, memang mampu menyimpan apa saja, terutama yang menyangkut masak-memasak, seperti bahan untuk memasak, buah-buahan, minuman dan lain sebagainya.

Kulkas termasuk kedalam cold storage, oleh karena itu untuk bahan memasak, tidak semua jenis bahan makanan bisa masuk kedalam kulkas, seperti bawang putih, kentang dan sejenisnya tidak harus disimpan didalam kulkas, ditempat penyimpanan di area dapur yang sejuk atau cool storage juga bisa.

kulkasPertanyaannya adalah apa beda cool dan cold storage?? Jenis kulkas ada beberapa jenis, yaitu, jenis pertama adalah non freeze, jenis ini biasanya berada pada rumah-rumah, termasuk rumah kita. Ciri kulkas ini mempunyai pintu satu walaupun ada juga yang pintu dua sampai tiga. Kulkas jenis ini dibilang non freezer karena evaporatornya tidak lebih dari 1/3 ukuran total kulkasnya. Biasanya kulkas ini juga digunakan untuk menyimpan sayur-sayuran, minuman.

Jenis kedua adalah jenis freezer, jenis lemari pendingin ini biasanya digunakan usaha, lemari pendingin ini pada tiap-tiap rak terdapat evaporator sehingga tingkat kedinginannya tinggi. Lemari pendingin ini bisa membuat es dalam waktu singkat saja, dibandingkan dengan lemari pendingin jenis pertama ( non freeze )

Dan pada jenis terakhir adalah lemari pendingin jenis Door Glass Refrigerator. Lemari pendingin apa ini?? Bila anda berjalan-jalan di swalayan anda akan menemukan lemari pendingin seperti ini.

Ciri-cirinya aalah pintunya terbuat dari kaca transparan, serta temperature yang dihasilkan adalah 9-15 derajat celcius, walaupun dingin, namun lemari ini tidak akan membekukan minuman di dalamnya, tapi hanya menyegarkan dan mendinginkan saja.

Video Tips Merawat Kulkas

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai tips renovasi rumah, pot racks, dan lemari sapu. Selamat membaca, Happy design 🙂
Berikan Rating
Lemari Sapu 1

Lemari Sapu

Fungsi dari Lemari Sapu

Lemari sapu – Salah satu fungsi adanya cabinet pada kitchen set atau di area dapur adalah agar semua perlengkapan dapur mempunyai tempat-tempatnya tersendiri sehingga tidak berantakan dan tidak sembarang ditaruh, sehingga saat kita membutuhkan barang tersebut gampang untuk dicari. Cabinet apa saja? Berbagai macam, seperti cabinet untuk rak piring, cabinet untuk rak sendok, cabinet sink dan lain sebainya.

Namun, sering kali kita juga lupa untuk menyediakan cabinet untuk sapu dan semacamnya. Perlukah cabinet untuk sapu?? Tentu saja, walaupun bentuknya tidak terlalu besar dan gampang untuk disembunyikan, seperti diselipkan di space ruang antar cabinet, namun, tetap saja tidak bagus dilihatnya. Dan kalau di taruh disembarang tempat, seringkali kita mencari-carinya terlebih dahulu.

Dengan adanya lemari sapu anda dengan mudah menemukannya saat diperlukan, cabinet ini juga tidak saja hanya untuk menaruh sapu saja, tapi juga bisa menaruh peralatan lainnya seperti vacuum cleaner, serokan, dan semacamnya. Dimana lokasinya?? Lokasinya bisa anda tempatkan di sudut tembok, bisa juga dekat dengan kulkas ( jika kulkas ditempatkan disudut ).

Selain itu juga, bisa memaksimalkan area sudut dapur anda, jadi tidak kosong melompong begitu saja. Jangan lupa, lemari sapu juga bisa anda berikan sentuhan desain, misalkan finishingnya menggunakan HPL yang sesuai atau sama dengan finishing HPL area sekitar dapur atau kitchen set.

Tapi bagaimana dengan ruangan yang kecil?? Jika ruangan kecil dan tidak ada lagi space yang cukup, maka anda bisa memberikan gantungan disudut dinding, dengan begitu sapu, pengki dan lainnya bisa anda gantung di area sudut tersebut. Dengan begitu area dapur tetap terjaga kerapihannya.

 

broom closet
broom closet
lemari sapu
lemari sapu

Smart tip tool tips

Don’t go all the way to the garage every time you need a screwdriver. Keep frequently used tools in the kitchen. A screwdriver with multiple bits stored in the handle will cover most household needs, along with a small hammer, measuring tape, needle-nose pliers, an adjustable wrench, utility knife, staple gun, duct tape, glue, pencil, and a flashlight. Store them in a small toolbox, cleaning caddy, basket, or plastic container”

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai kabinet sink, tips renovasi rumah, dan pot racks. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
pot racks

Pot Racks

Apa Pot Racks itu?

Adanya pot racks sangat membantu anda dalam menyimpan peralatan memasak atau alat-alat kitchen set lainnya. Seperti panci.,Wajan dan peralatan lainnya. Terkadang peralatan masak seperti itu yang suka tergeletak di dapur, hal ini memang disebabkan karena tidak adanya ruang untuk meyimpannya, namun, dengan adanya pot racks semua hal tersebut bisa diatasi.

Bagaimana dengan desainnya?? Untuk pot rack, desainnya bisa disesuaikan, bila interior rumah anda bergaya country atau desain interior kontemporer juga bisa menerapkannya. Untuk desain minimalis pun bisa-bisa saja, hanya tinggal disesuaikan desain pot racksnya.

Tidak hanya itu, kelebihan adanya pot rack membantu anda saat memasak, karena panci dan peralatan lainnya sudah ditempatkan di pot racks maka bila anda perlu wajan dan semacamnya, anda tidak perlu repot-repot mencarinya, anda tinggal ambil di pot racks yang memang posisinya dekat dengan kompor.

Apakah hanya untuk menyimpan peralatan masak saja?? Tentu tidak, anda bisa membuatnya multifungsi, misalkan untuk menaruh panci dan semacamnya, bisa anda kaitkan/digantungkan di kail yang dipasangkan disisi kiri pot rack, sedangkan pada bagian atasnya bisa anda taruh apa saja, seperti parutan keju, atau apa saja.

Tempat mana yang cocok untuk pot rack?? Tempat yang cocok untuk pot rack adalah diatas meja island pada kitchen set, anda bisa menggantungnya di langit-langit, atau bisa juga ditempatkan di dinding-dinding kitchen set, biasanya di sudut kitchen set jarang di maksimalkan, nah, anda bisa menempatkan pot racks disana, dengan  begitu sudut tersebut bisa lebih maksimal fungsinya, anda bisa menggantung seperti sendok penggorengan dan lainnya.

Apakah cocok jika ditaruh di wastafel?? Bisa saja, mungkin bisa ditaruh beberapa kain seperti gantungan, dan beberapa kail untuk menggantung. Dengan begitu anda bisa menggantungkan handuk untuk mengeringkan tangan setelah dari wastafel.

pot racks
pot racks

 

hanging pot racks
hanging pot racks

 

Smart tips :

Besar kecilnya pot racks harus diperhatikan juga serta disesuaikan dengan luas ruangannya, jangan sampai ruangannya kecil tapi pot racksnya ukurannya besar, hal tersebut akan menjadikan dapur terlihat sempit, bijaklah dalam mendesain pot racks

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai festival ketujuh arsitektur, kabinet sink, tips renovasi rumah. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
pelindung stainless steel

Pelindung Stainless Steel

Mengenal Fungsi Pelindung Stainless Steel

Pada dapur mungkin ada sebagian orang yang menggunakan bahan pelindung stainless steel pada dapur mereka. Memang biasanya bahan stainlees steel di dalam dapur, digunakan sebagai lis cabinet kitchen set atau sebagai back panel. Atau bisa anda lihat digunakan sebagai penutup top table terutama didaerah sink.

Bahan stainless steel yang digunakan pada cabinet dapur, memang menjadikan desain dapur atau desain kitchen set anda terlihat lebih manis. Tidak hanya itu, bahan stainlees steel juga termasuk bahan material nir karat, namun, walaupun begitu, bahan ini juga termasuk sangat rentan terhadap goresan. Sehingga cepat atau lambat dapat membuat kitchen set menjadi kusam.

pelindung stainlees steelNamun, anda tak perlu cemas, ada bahan atau material yang bisa menjadi pelapis yang melindungi stainless dari goresan, apa itu? Yaitu plastic. Ya, plastic yang berfungsi melindungi bahan stainless dari goresan, plastic ini yang biasa digunakan untuk alas meja. Apa saja alat dan bahannya?? Untuk alat dan bahannya, berikut ini informasinya

Alat dan Bahan :

  • Gunting
  • Meteran
  • Plastic lembaran
  • Penggaris
  • Pensil

Langkah-langkahnya :

  • Tahap pertama adalah gunakan meteran untuk mengukur meja yang akan dilapisi oleh plastic, untuk sink, ukurlah bagian per bagian sinknya
  • Setelah diukur, aplikasikanlah bentuk ukuran tersebut pada plastic yang akan digunakan, gunakanlah penggaris dan pensil agar hasilnya persisi
  • Tahap selanjutnya, gunakanlah gunting untuk menggunting plastic sesuai dengan ukuran yang tadi
  • Tempelkan plastic yang sudah digunting tersebut kebagian yang telah ditentukan, missal ukuran plastic untuk sink, tempelkan ke sink, begitu seterusnya
  • Enaknya, jika plastic-plastik tersebut sudah kusam, anda bisa menggantinya dengan yang baru, dan stainless steelnya masih terlihat baik dan cerah.

Itulah beberapa tips dan langkah-langkah dalam menjaga dan merawat kualitas dari stainlees steel yang ada pada dapur kita. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua untuk menjaga keawetan  dan keindahan pada dapur anda. Informasi ini kami rangkum dari iDea, So, selamat menggunakan bahan pelindung stainlees steel.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai cooker hood, pentingnya kitchen storage, dan office cinooc pabelokan island. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
cooker hood

Cooker Hood

Sesuaikan Ukuran Cooker Hood

Apa sih cooker hood itu? Dan apa fungsinya? Cooker hood adalah suatu alat yang ditempatkan diatas cabinet kompor yang mempunyai fungsi sebagai penghisap asap saat memasak. Cooker hood ini sangat membantu apabila di ruangan dapur tidak ada vetilasinya atau jendelanya. Ada baiknya dapur harus ada jendala dan cooker hood.

Kebayangkan apa jadinya kalau dapur tidak ada jendela atau ventilasi udara dan cooker hood? Pasti badan pada lengket terkena asap yang ditumbulkan dari aktivitas memasak. Saat ini dipasaran, cooker hood berbagai macam jenis, apa saja? Keep reading ya 🙂 Pertama Chimney hood,  CH ini berbentuk cerobong dan biasanya dipasang di dinding dapur. Built in hood, CH ini bersatu dengan kompor dan menyatu dengan dinding cabinet kitchen set.

Island hood, biasanya pemasangannya digantung dilangit-langit ditengah ruangan, dan jenis CH ( cooker hood ) yang terakhir adalah slim hood, CH ini untuk pemasangannya serupa dengan chimney hood namun, pada slim hood ini bentuknya lebih pipih dan lebih tipis.

Cooker HoodPada saat anda memilih menggunakan CH, ada baiknya, sesuaikan lah dengan  desain kitchen set atau dengan konsep dapur anda. Bagi anda yang menggunakan kompor gas biasa atau yang bukan ditanam bisa menggunakan penghisap asap ( CH ) yang berjenis slim hood

Saat pemilihan penghisap debu mana yang akan dipasang, sesuaikanlah dengan ukuran kompornya, standar rata-rata ukuran kompor gas yang ada di pasaran adalah 70cm. Beda halnya dengan kompor gas portable, ukurannya beragam, ada yang 30cm, 60cm, 70cm, sampai 90 cm. Untuk kompor gas yang kecil, biasanya kebanyakan orang menggunakan hood yang berukuran 60 cm, jika lebih panjang bisa memakai yang ukuran 90cm pada hoodnya.

Bagaimana dengan daya hisapnya?? Tentu, untuk daya hisapnya juga berbeda-beda, namun, jika luas ruangan dapur sekitar 30m2 atau tinggi 3 meter luas 10 meter, anda bisa memilih ukuran hood yang berukuran 60cm, ukuran tersebut masih cocok untuk digunakan. Nah, tak kalah penting, yang harus diperhatikan adalah jarak saat pemasangan hood.

Jarak pemasangan hood ( atas ) dengan kompor ( bawah ) yang ideal adalah 65-75cm, dengan ukuran seperti ini selain aman, asap pun tidak akan kemana-mana karena akan langsung terhisap oleh hood ini. Sangat disarankan kalau hood ini rutin untuk dibersihkan.

Rawatlah Cooker hood dengan baik, rajinlah untuk membersihkannya

Agar hood bisa bekerja dengan maksimal setiap saat, dan tahan lama, maka sangat disarankan untuk rutin dalam merawat serta membersihkannya. Karena mengingat peran atau tugas pada hood ini cukup berat. Kapan waktu yang tepat untuk membersihkan hood tersebut?? Untuk bagian luarnya sekitar 1 minggu sekali bisa anda bersihkan, sedangkan untuk bagian dalamnya 1 bulan sekali juga bisa.

Bagaimana cara membersihkannya?? Untuk bagian luar hood, anda bisa menggunakan lap lembut yang direndam dulu diair panas bersabun, setelah selesai membersihkan, keringkanlah bagian luarnya dengan lap kering lembut. Sedangkan untuk bagian filternya, rendamlah dalam air panas yang sudah diberi cairan pencuci piring selama 10 menit, setelah itu sikat lalu basuh dengan air panas kembali lalu keringkan.

Terakhir, dan ini sangat penting, saat anda menyalakan hood, jangan sekali-sekali menyalakan kompor yang tidak ada piranti memasak diatas kompor. Kenapa begitu?? Karena panas api, atau bara api bisa merusak komponen atau melelehkan komponen yang ada di dalam hood. Dan setelah memasak matikan kompor dan biarkan hood menyala beberapa waktu lalu matikan.

Semoga dengan mengetahui beragam jenis hood, serta fungsi-fungsinya, anda bisa memilih hood mana yang cocok untuk dapur anda, serta bagaimana cara merawat dan membersihkannya, Selamat memilih cooker hood.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai aura semangat pada meja kerja, pagar kayu, dan pagar besi. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp