Category: Info Material

pelindung stainless steel

Pelindung Stainless Steel

Mengenal Fungsi Pelindung Stainless Steel

Pada dapur mungkin ada sebagian orang yang menggunakan bahan pelindung stainless steel pada dapur mereka. Memang biasanya bahan stainlees steel di dalam dapur, digunakan sebagai lis cabinet kitchen set atau sebagai back panel. Atau bisa anda lihat digunakan sebagai penutup top table terutama didaerah sink.

Bahan stainless steel yang digunakan pada cabinet dapur, memang menjadikan desain dapur atau desain kitchen set anda terlihat lebih manis. Tidak hanya itu, bahan stainlees steel juga termasuk bahan material nir karat, namun, walaupun begitu, bahan ini juga termasuk sangat rentan terhadap goresan. Sehingga cepat atau lambat dapat membuat kitchen set menjadi kusam.

pelindung stainlees steelNamun, anda tak perlu cemas, ada bahan atau material yang bisa menjadi pelapis yang melindungi stainless dari goresan, apa itu? Yaitu plastic. Ya, plastic yang berfungsi melindungi bahan stainless dari goresan, plastic ini yang biasa digunakan untuk alas meja. Apa saja alat dan bahannya?? Untuk alat dan bahannya, berikut ini informasinya

Alat dan Bahan :

  • Gunting
  • Meteran
  • Plastic lembaran
  • Penggaris
  • Pensil

Langkah-langkahnya :

  • Tahap pertama adalah gunakan meteran untuk mengukur meja yang akan dilapisi oleh plastic, untuk sink, ukurlah bagian per bagian sinknya
  • Setelah diukur, aplikasikanlah bentuk ukuran tersebut pada plastic yang akan digunakan, gunakanlah penggaris dan pensil agar hasilnya persisi
  • Tahap selanjutnya, gunakanlah gunting untuk menggunting plastic sesuai dengan ukuran yang tadi
  • Tempelkan plastic yang sudah digunting tersebut kebagian yang telah ditentukan, missal ukuran plastic untuk sink, tempelkan ke sink, begitu seterusnya
  • Enaknya, jika plastic-plastik tersebut sudah kusam, anda bisa menggantinya dengan yang baru, dan stainless steelnya masih terlihat baik dan cerah.

Itulah beberapa tips dan langkah-langkah dalam menjaga dan merawat kualitas dari stainlees steel yang ada pada dapur kita. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua untuk menjaga keawetan  dan keindahan pada dapur anda. Informasi ini kami rangkum dari iDea, So, selamat menggunakan bahan pelindung stainlees steel.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai cooker hood, pentingnya kitchen storage, dan office cinooc pabelokan island. Selamat membaca, Happy design 🙂

cooker hood

Cooker Hood

Sesuaikan Ukuran Cooker Hood

Apa sih cooker hood itu? Dan apa fungsinya? Cooker hood adalah suatu alat yang ditempatkan diatas cabinet kompor yang mempunyai fungsi sebagai penghisap asap saat memasak. Cooker hood ini sangat membantu apabila di ruangan dapur tidak ada vetilasinya atau jendelanya. Ada baiknya dapur harus ada jendala dan cooker hood.

Kebayangkan apa jadinya kalau dapur tidak ada jendela atau ventilasi udara dan cooker hood? Pasti badan pada lengket terkena asap yang ditumbulkan dari aktivitas memasak. Saat ini dipasaran, cooker hood berbagai macam jenis, apa saja? Keep reading ya 🙂 Pertama Chimney hood,  CH ini berbentuk cerobong dan biasanya dipasang di dinding dapur. Built in hood, CH ini bersatu dengan kompor dan menyatu dengan dinding cabinet kitchen set.

Island hood, biasanya pemasangannya digantung dilangit-langit ditengah ruangan, dan jenis CH ( cooker hood ) yang terakhir adalah slim hood, CH ini untuk pemasangannya serupa dengan chimney hood namun, pada slim hood ini bentuknya lebih pipih dan lebih tipis.

Cooker HoodPada saat anda memilih menggunakan CH, ada baiknya, sesuaikan lah dengan  desain kitchen set atau dengan konsep dapur anda. Bagi anda yang menggunakan kompor gas biasa atau yang bukan ditanam bisa menggunakan penghisap asap ( CH ) yang berjenis slim hood

Saat pemilihan penghisap debu mana yang akan dipasang, sesuaikanlah dengan ukuran kompornya, standar rata-rata ukuran kompor gas yang ada di pasaran adalah 70cm. Beda halnya dengan kompor gas portable, ukurannya beragam, ada yang 30cm, 60cm, 70cm, sampai 90 cm. Untuk kompor gas yang kecil, biasanya kebanyakan orang menggunakan hood yang berukuran 60 cm, jika lebih panjang bisa memakai yang ukuran 90cm pada hoodnya.

Bagaimana dengan daya hisapnya?? Tentu, untuk daya hisapnya juga berbeda-beda, namun, jika luas ruangan dapur sekitar 30m2 atau tinggi 3 meter luas 10 meter, anda bisa memilih ukuran hood yang berukuran 60cm, ukuran tersebut masih cocok untuk digunakan. Nah, tak kalah penting, yang harus diperhatikan adalah jarak saat pemasangan hood.

Jarak pemasangan hood ( atas ) dengan kompor ( bawah ) yang ideal adalah 65-75cm, dengan ukuran seperti ini selain aman, asap pun tidak akan kemana-mana karena akan langsung terhisap oleh hood ini. Sangat disarankan kalau hood ini rutin untuk dibersihkan.

Rawatlah Cooker hood dengan baik, rajinlah untuk membersihkannya

Agar hood bisa bekerja dengan maksimal setiap saat, dan tahan lama, maka sangat disarankan untuk rutin dalam merawat serta membersihkannya. Karena mengingat peran atau tugas pada hood ini cukup berat. Kapan waktu yang tepat untuk membersihkan hood tersebut?? Untuk bagian luarnya sekitar 1 minggu sekali bisa anda bersihkan, sedangkan untuk bagian dalamnya 1 bulan sekali juga bisa.

Bagaimana cara membersihkannya?? Untuk bagian luar hood, anda bisa menggunakan lap lembut yang direndam dulu diair panas bersabun, setelah selesai membersihkan, keringkanlah bagian luarnya dengan lap kering lembut. Sedangkan untuk bagian filternya, rendamlah dalam air panas yang sudah diberi cairan pencuci piring selama 10 menit, setelah itu sikat lalu basuh dengan air panas kembali lalu keringkan.

Terakhir, dan ini sangat penting, saat anda menyalakan hood, jangan sekali-sekali menyalakan kompor yang tidak ada piranti memasak diatas kompor. Kenapa begitu?? Karena panas api, atau bara api bisa merusak komponen atau melelehkan komponen yang ada di dalam hood. Dan setelah memasak matikan kompor dan biarkan hood menyala beberapa waktu lalu matikan.

Semoga dengan mengetahui beragam jenis hood, serta fungsi-fungsinya, anda bisa memilih hood mana yang cocok untuk dapur anda, serta bagaimana cara merawat dan membersihkannya, Selamat memilih cooker hood.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai aura semangat pada meja kerja, pagar kayu, dan pagar besi. Selamat membaca, Happy design 🙂

kasur lateks

Kasur Lateks

Keunggulan Kasur Lateks

Kasur Lateks  Dalam dunia desain interior semua faktor haruslah diperhatikan, baik itu factor keindahan, fungsi, kebersihan, kenyamanan dan factor lainnya. Khususnya pada kamar tidur, karena kamar tidur adalah tempat kita beristirahat, oleh karena itu, factor-faktor tersebut haruslah ada.

Bila ingin kamar tidur yang nyaman, bersih, dan indah maka kamar tidur tersebut haruslah mendapatkan sentuhan desain interior.  Anda bisa memulainya dengan memilah-milah barang atau perabot yang kira-kira tidak terpakai lagi, dengan begitu ruangan kamar akan menjadi lebih lapang.

Hal lainnya adalah dengan mendesain ulang atau merubah cat dinding anda, bila anda bosan dengan warna cat dinding yang sekarang, maka anda bias merubahnya dengan cat dinding yang lebih baru. Dengan mengganti cat pada dinding akan memberikan kesan segar dan baru dalam ruangan kamar.

Kasur Lateks
Kasur Lateks

Apakah harus mengganti cat dinding?? Tidak ada keharusan untuk merubah cat/warna  dinding dengan yang baru, bila anda sangat suka dengan warna dinding yang lama, anda bisa mempertahankannya, atau agar Nampak lebih segar, anda bisa mencat ulang dengan warna yang sama.

Dan perhatikan juga sirkulasi udara dalam kamar tidur tersebut,  sirkulasi udara yang baik akan membuat ruang kamar menjadi lebih sejuk. Namun, tidak hanya factor-faktor diatas saja yang membuat nyaman suatu kamar, tempat tidur serta kasur pun ikut ambil bagian, khususnya kasur.

Kenapa kasur?? Iya, karena tidak semua kasur dapat memberikan kenyamanan ketika kita sedang tidur. Salah satu kasur yang recommend dapat memberikan kenyamanan saat tidur adalah kasur lateks. Kasur lateks?? Apa kelebihannya?

tahukah Anda bahwa Kasur lateks ternyata mampu menyangga punggung dengan lebih sempurna dibandingkan kasur dengan bahan lainnya. Selain itu bahan lateks juga anti bau dan antibakteri. Namun, tidak semua kasur lateks diluar sana asli, anda harus cermat dalam memilihnya.

Lantas, bagaimana cara memilihnya dengan benar?? Ada beberapa cara memilih kasur tersebut dengan tepat dan benar, berikut tipsnya :

  • Sebelum beli coba cek berat Kasur dengan sedikit mengangkatnya. Kenapa? Karena lateks asli memiliki berat yang lebih dari bahan lateks yang berkualitas buruk.
  • Cek apakah kasur yg Anda beli memiliki lubang- lubang yang kecil. Karena kasur lateks dengan presentase 80%-90% memiliki lubang yang cenderung besar.
  • Kasur lateks berkualitas memiliki side wall system yang baik. sehingga Anda tidak akan terjatuh walaupun sudah tidur di posisi paling pinggir.
  • Coba gosok sekuat tenaga kasur tersebut. Karena lateks asli tidak akan rontok walau digosok.
  • Perhatikan warnanya. Kasur lateks asli berwarna kuning keemasan. Sedangkan lateks sintetis berwarna keputih- putihan.
  • Naiki kasur yang ingin Anda beli, pastikan kasur tersebut tidak tenggelam karena lateks asli tidak tenggelam ketika di duduki.
  • Pastikan kasur lateks yang Anda pilih tidak dapat berdiri. Kasur lateks asli tidak dapat berdiri karena sangat lentur.
  • Kasur lateks berkualitas dirancang untuk kenyamanan dan kesehatan.
  • Pastikan terdapat logo Latex Naturally atau Bio Latex.
  • Carilah produsen kasur latex yang berpengalaman dan sudah dibuktikan kualitasnya

Itulah beberapa tips dalam memilih kasur lateks. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai kamar bermain anak, bedroom unique, dan pernak-pernik. Selamat membaca, Happy design 🙂

pernak-pernik

Pernak Pernik Interior

Cara Membuat Pernak Pernik Kaca

Pernak pernik ~ Tak hanya diri kita sendiri yang harus kita rias tetapi rumah pun harus kita rias, dalam desain interior menghias suatu ruangan itu sangat penting. Dengan  bentuk-bentuknya yang unik dan lucu sebagai  penghias atau pemanis, Seperti pada ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur , furniture-furniture rumah dan masih banyak lagi. Pernak-pernik identik dengan Perempuan, yaa… perempuan sangat menyukainya apalagi untuk menghias rumah. Kadang mereka rela mengeluarkan budget banyak demi membeli aksesoris pelengkap interior rumah untuk menunjang nilai keindahan pada rumahnya. Banyak berbagai macam pernak-pernik dengan macam warna dan bentuknya yang unik, seperti lampu gantung kristal, lampu hias , guci, vas bunga, frame foto dan  masih banyak lagi.

Untuk Anda yang hobi mengkoleksi pernak pernik desain interior , tak perlu khawatir untuk mengeluarkan banyak budget, Anda bisa berhemat juga membantu pengurangan sampah di lingkungan. Dengan cara mandaur ulang benda-benda yang sudah tidak terpakai lagi. Contohnya botol-botol kaca, mungkin Anda sering membeli minuman atau bahan masakan dengan botol berbahan kaca, botol yang ada di dapur Anda jangan dibuang, botol yang sudah bekas tersebut bisa jadi benda berguna lho.. Anda bisa membuat aksesoris penghias ruang rumah Anda seperti membuat hiasan meja dari botol bekas dengan berbagai macam warna kaca dan lilin.

pernak-pernik-desain-interior

pernak-pernik-interiorCaranya mudah saja, Anda tinggal menyiapkan beberapa botol bekas dengan bentuk yang unik dan beberapa warna yang menarik. Anda juga bisa menggunakan toples dan gelas kaca atau beling yang sudah tidak terpakai sebagai hiasan. Setelah itu siapkan juga lilin sebagai aksen pencahayaan. Bersihkan terlebih dahulu botol kaca dengan kain lap, bisa juga dicuci sampai bersih, lalu dikeringkan, lalu Anda tinggal menempelkan lilin diatas mulut botol carilah ukuran mulut botol sesuai dengan lebar diameter lilin tersebut, agar lilin tersebut tidak masuk kedalam botol, tidak perlu memakai lem untuk perekatnya cukup dengan lelehan-lelehan lilin itu sendiri.

Kemudian letakan botol-botol kaca tersebut di atas meja sesuai dengan keinginan Anda , Anda bisa meletakkan nya dimana saja dan posisikan botol tersebut dengan rapi agar terlihat indah dan menarik apabila dimalam hari, lilin-lilin botol kaca tersebut bisa menghiasi ruangan dirumah Anda. Caranya mudahkan ?? tak ada salahnya Anda mencoba pernak pernik cantik dirumah tidak dengan bermodalkan budget banyak tetapi cukup dengan mendaur ulang benda yang sudah tak terpakai menjadi berfungsi lagi.

Cara merawatnya pun mudah Anda tak perlu repot-repot untuk membersihkannya, cukup dengan alat pembersih atau lap saja untuk membersihkannya dari debu secara rutin. Jangan lupa botol-botol tersebut diberikan alasan untuk lelehan lilin tersebut, sebisa mungkin jauhkan dari jangkauan dari anak-anak Anak yaa,, 🙂 Semoga bermanfaat dan terinspirasi untuk Anda :), demikian informasi mengenai pernak pernik desain interior yang bisa anda gunakan ke dalam hunian atau tempat tinggal yang anda miliki.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai lampu misterius, kamar bermain anak, dan bedroom unique. Selamat membaca, Happy design

jendela

Jendela

Aneka Model Jendela

Jendela ~ Desain Interior rumah yang termasuk kategori sehat di daerah beriklim tropis lembab adalah rumah yang memiliki penerangan alami dan sirkulasi udara yang baik. Karena Itu, salah satu ciri rumah tropis—khususnya rumah tradisional—adalah memiliki bukaan yang banyak untuk menghasilkan kapasitas pertukaran udara yang cukup, guna mendapatkan ruangan yang nyaman dan sehat.

Pergantian udara segar adalah sesuatu yang mutlak dilakukan dalam sebuah rumah. Hal Ini berkaitan langsung dengan kesehatan penghuni rumah.

Dalam sebuah rumah, sirkulasi udara terbagi menjadi dua jenis. Pertama, sirkulasi udara yang berlangsung secara alami dan kedua, sirkulasi udara yang terjadi karena bantuan alat mekanis, misalnya exhaust fan di kamar mandi dan cookerhood di dapur.

Jenis jendela yang sederhana tetapi cukup baik untuk menghasilkan pergerakan udara yang optimal adalah jendela nako yang dapat menghasilkan pertukaran udara hampir 95%. Dengan bentuk yang berupa “bilah-bilah” yang dapat diubah-ubah posisinya, aliran udara dapat diarahkan seperti yang Anda kehendaki.

Furniture ini juga dapat digunakan untuk daerah yang kecepatan anginnya tinggi. Bilah-bilah nako dapat menjadi penahan angin, sehingga kecepatan angin berkurang,dengan cara membuka ke samping (swing) akan menghasilkan pertukaran udara 100%. Namun bentuknya memerlukan ruang gerak yang cukup besar untuk membuka daun jendela, sehingga tidak dapat menghemat ruang di bagian depannya.

model jendelaBentuknya dengan cara jungkit di bagian bawah lebih menghemat ruang, namun udara yang masuk sangat sedikit, hanya sekitar 20%. Hal Ini disebabkan pergerakan udara harus terhalang lebih dahulu oleh daun jendela baru kemudian dibelokkan atas.

Bentuk jungkit di bagian atas juga menghemat ruang, namun udara yang masuk relatif lebih banyak dibandingkan dengan jendela jungkit di bagian bawah. Pertukaran udara yang terjadi dapat mencapai 50%, karena angin dapat diarahkan secara langsung mengikuti bentuk kemiringan dari daun jendelanya.

Semua ciri dari jendela tersebut di atas berlaku juga untuk bovenlicht, yaitu bentuk kecil yang biasanya diletakkan di bagian atas dinding, sebagai lubang pertukaran udara dan masuknya cahaya di kamar mandi, gudang, atau dapur. Bovenlicht sering pula dijumpai di atas jendela ataupun di atas pintu yang berfungsi sebagai ventilasi. Secara arsitektur, bovenlicht sendiri memiliki arti lubang pencahayaan yang terletak di sisi atas dinding.

TIPS

Memperkirakan Luas Bukaan:

Teori arsitektur menyebutkan bahwa luas bukaan untuk keperluan sirkulasi udara pada sebuah bangunan sebaiknya berkisar antara 40 – 80% dari luas dinding secara keseluruhan. Ada juga teori lain yang menyebutkan, bahwa luas bukaan sebaiknya sebesar 10 – 20% dari luas lantai. Hal ini tentunya dapat disesuaikan dengan selera penghuni, bentuk arsitektur bangunan, dan jangan lupa, dengan memperhatikan arah aliran angin di sekitar rumah Anda.

Selain terkait dengan susunan ruang,besar atau kecilnya bukaan tergantung dari fungsi ruang, apakah ruang tersebut digunakan untuk orang banyak atau tidak. Misalnya untuk ruang keluarga yang kegiatannya cukup banyak, bukaannya tentu harus lebih besar daripada ruang tidur yang cuma diisi 2-3 orang. Dapur dan ruang-ruang lain yang berpotensi menghasilkan panas harus diberi bukaan yang lebih besar dari ruangan lain. Demikian informasi mengenai Jendela. 🙂

Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp