Blog

Mengenal Fungsi Sofa Dalam Desain Interior

Tips Memaksimalkan Fungsi Sofa

Fungsi Sofa, Mungkin kita sudah tak asing lagi dengan kata tersebut. Ya, sofa sudah mendapatkan tempat di hati masyarakat, setiap rumah pasti memilikinya, baik kecil ataupun yang ukurannya besar. Biasanya sofa ditaruh diruang tamu sebagai tempat duduk tamu-tamu yang datang kerumah kita. Tapi, apasih sebenarnya sofa itu?? Apa hanya berfungsi sebagai tempat duduk saja, atau ada fungsi-fungsi lain dari sofa?? Berikut informasinya 🙂

Biasanya istilah sofa merujuk pada sebuah perabot untuk diduduki, bahkan dijadikan tempat beristirahat, dan sofa juga memiliki bantalan empuk yang diberi sarung penutup, seperti kain, dan sebagainya.

Untuk bentuk sofa cukup beragam, seperti dipan dan beberapa jenis bangku yang dipakai untuk beristirahat. Akan tetapi cara termudah untuk mengenali sofa adalah dengan melihat tipe sandaran dan dudukannya. Jika suatu tempat duduk tidak memiliki sandaran atau dudukan yang terisi busa, maka tempat duduk tersebut tidak bisa dikategorikan sebagai sofa.

fungsi sofa
kursi sofaFungsi Sofa

Apa saja fungsi sofa itu?? Apakah hanya sebagai tempat duduk dan ber istirahat?? Fungsi utama sofa memanglah sebagai tempat duduk dan beristirahat, dibandingkan dengan jenis yang lain, sofa masih menjadi favorit banyak orang, sofa juga membuat desain interior ruangan terlihat lebih menarik. Akan tetapi, fungsinya tidak hanya sebagai tempat duduk saja, ada beberapa fungsi lainnya yang terdapat pada sofa, seperti

Elemen Estetis

Seiring berjalannya waktu, jenis-jenis sofa semakin beragam, hal inilah yang membuat banyak orang menjadikan sofa sebagai point yang penting dalam suatu ruang. Dengan banyaknya jenis dan ragam sofa dengan disertakan desain sofa yang lebih colourfull menjadikan sofa sebagai salah satu elemen estetis.

Lalu, dimana saja sofa dipakai sebagai elemen estetis?? Sebagai perabot yang mempunyai elemen estetis, sofa juga ditempatkan diruang-ruang inti, seperti ruang keluarga, ruang baca, ruang kerja, ruang tamu, ruang makan dan foyer.

Agar sofa bisa berfungsi semaksimal mungkin menjadi elemen estetis, anda bisa member sentuhan warna yang mencolok agar sofa makin stand-out. Diikuti bantal dengan sarung shocking colours atau seat cover. Sofa yang terbuat dari kain dengan motif tren terbaru bisa menjadi pilihan menarik. Hal terpenting adalah adanya saling mengisi antara sofa dengan dinding latar belakang.

Pembatas Ruang

Sofa juga dapat berfungsi sebagai pembatas ruang. Dulu, pembatas ruang hanya sebatas dinding, rangka bamboo atau rangka kayu, tetapi saat ini sofa juga bisa menjadi pembatas ruang. Jika anda ingin menjadikan sofa berfungsi sebagai tempat duduk dan pembatas ruang, pilihlah model sofa dua atau tiga seater agar batas yang tercipta cukup jelas.

Sofa dengan hanya satu dudukan ( single seater ) bisa saja dipakai sebagai pembatas ruang asalkan ukuran sofa tersebut cukup besar.

Itulah beberapa fungsi sofa. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai interior lesehan, desain dapur cantikmotif wallpaper dinding. Selamat membaca, Happy design 🙂

 

Berikan Rating

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp