Blog

Interior Rumah Gadang

Mengenal Bentuk dan Fungsi dari Interior Rumah Gadang

Interior Rumah Gadang, Rumah gadang, siapa yang tak kenal rumah yang satu ini, salah satu budaya warisan Indonesia ini mempunyai bentuk yang unik dan menarik untuk dipelajari. Rumah gadang berasal dari suku minangkabau, rumah ini mempunyai atap yang unik, bila dilihat dari ukurannya, terdapat beberapa jumlah lanjar ( ruas dari depan ke belakang ), pada atapnya bergonjong runcing menjulang, oleh karena itu, rumah ini juga disebur rumah bagonjong.

Pada rumah gadang, terdapat lipek pandan, atau biasa disebut rumah yang berlanjar dua, lipek pandan ini umumnya menggunakan dua gonjong. Ada juga rumah yang berlanjar tiga yang biasa disebut balah bubuang ( belah bubung ), yang unik pada rumah ini adalah atapnya yang bergonjong empat. Setelah rumah yang berlanjar tiga, ada juga yang berlanjar empat, atau masyarakat setempat biasa menyebutnya gajah maharam yang mempunyai arti gajah terbenam.

Adakah fungsi dari rumah gadang?? Tentu saja ada, ada beberapa fungsi dalam rumah adat gadang, yaitu sebagai rumah adat dan rumah keseharian. Bingung? Mari kita bahas satu per satu :

interior rumah gadang

rumah gadangSebagai fungsi keseharian

Sebagaimana rumah tinggal pada umumnya, rumah gadang juga mempunyai fungsi sebagai rumah keseharian. Rumah gadang adalah rumah yang dihuni oleh sebuah keluarga besar dengan segala aktifitas masing-masing. Arti dari keluarga besar disini adalah sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak perempuannya. Khusus untuk anak laki-laki tidak memiliki tempat di dalam rumah gadang.

Sebagaimana rumah pada umumnya, dalam rumah gadang juga terdapat beberapa ruangan, yaitu ruangan public yang memang disediakan untuk bersama seperti ruang tamu, ruangan lainnya adalah ruangan semi privat, Yaitu ruang peralihan yang terdapat didepan kamar tidur serta anjuang (ruang khusus) yang terdapat pada bagian ujung-ujung rumah gadang yang dapat kita temukan pada beberapa jenis rumah gadang.

Ruang privat,  Yaitu kamar tidur yang terdapat pada rumah gadang, ruang privat ini juga tergantung dari anak gadis yang dimiliki oleh pemilik rumah. Dan Ruangan terakhir adalah ruang servis, ruangan ini Adalah dapur pada rumah gadang, dapur disini adalah dapur tradisonal yang menggunakan bahan alami untuk memasak, seperti kayu.

Sebagai fungsi adat

Sebuah rumah gadang, merupakan rumah utama yang dimiliki oleh sekelompok masyarakat minangkabau yang diikat oleh suatu suku tertentu. Sebagai rumah utama, rumah gadang merupakan tempat untuk melangsungkan acara-acara adat dan acara-acara penting lain dari suku yang bersangkutan.

Kegiatan-kegiatan adat pada masyarakat minangkabau dapat kita uraikan berdasarkan kepada siklus kehidupan mereka, yaitu:

  1. Turun Mandi
  2. Khitan
  3. Perkawinan
  4. Batagak Gala (Pengangkatan Datuak)
  5. Kematian

Fungsi-fungsi di atas dapat disebut juga fungsi temporer yang berlangsung pada suatu rumah gadang, karena kegiatan tersebut tidak berlangsung setiap hari dan berlangsung pada waktu-waktu tertentu saja. Demikianlah informasi mengenai rumah gadang, semoga bisa menambah wawasan anda semua dalam mengetahui fungsi dan interior rumah gadang.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai kitchen set bsd, interior dinding dapur, dan interior rumah ala korea. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp