Blog

Japanesse Style

Elemen Desain Rumah Japanesse Style

Japanesse StyleDesain Interior rumah Jepang merupakan rumah yang unik hampir semua material rumah jepang menggunakan kayu dan dibuat sederhana serta tidak terlalu banyak barang. Rumah jepang sengaja didesain sebagai rumah untuk kawasan gempa seperti di jepang sehingga tidak akan mengakibatkan kerusakan parah saat terjadi gempa.

Biasanya rumah dengan interior rumah bergaya Jepang dibuat seperti rumah panggung yang ditinggikan sekitar 10 cm dari tanah lalu ditutup dengan balok kayu untuk lantai, hal ini bertujuan untuk menghindari embun dari tanah.

Area dapur dan ruang utama memiliki lantai kayu namun ruangan dimana biasanya digunakan untuk duduk seperti ruang tamu. Lantainya ditutupi dengan sejenis anyaman yang disebut tatami. Orang jepang tidak biasa menggunakan kursi diruangan beralasan tatami atau menggunakan bantal tipis zobuton.

tatami adalah sejenis tikar tebal yang dibuat dari jerami,sudah dipakai dirumah jepang sejak sekitar 600 tahun lalu.ukuran kamar biasanya didasarkan pada jumlah tatami.lantai tatami terasa sejuk pada musim panas dan hangat pada musim dingin,dan tetap lebih segar daripada karpet selama bulan-bulan.

Japanesse style
Japanesse style

kerangka rumah bergaya Jepang terbuat dari kayu dan balok yang disusun mendatar.ciri khas dan rumah Jepang adalah adanya atap yang lebar dan atap yang tinggi untuk melindungi penghuninya dan sinar matahari di musim panas. Pada masa lalu dinding rumah terbuat dari anyaman  bambu yang direkatkan dengan tanah sebagai perekat.namun kini banyak  material lain yang bermacam macam untuk membuat dinding rumah jepang.

bahkan yang sering digunakan saat ini adalah tripleks. sebaiknya ditata sesuai fungsinya, dapat menggugah selera saat bersantap, dan nyaman digunakan. Begitu pula dengan dapur yang merupakan tempat aktivitas yang cukup sering digunakan. Oleh karena itu, kenyamanannya pun harus tetap diperhatikan. Desain yang optimal dan efisien dapat memberikan kemudahan bagi pengguna di kedua ruang tersebut.

desain interior menjadi salah satu bagian yang dapat mengoptimalkan kenyamanan pada ruangan. Salah satunya dengan menghadirkan lemari dua sisi sebagai elemen desain interior rumah. Lemari dua sisi dekoratif berikut mengusung nuansa Jepang yang mampu memberikan atmosfer berbeda di dalam ruangan.

Unsur tradisional budaya Jepang terlihat dari desain interior rumah lemari dua sisi ini. Di salah satu sisi lemari ditempatkan lukisan yang menggambarkan Gunung Fuji, sebuah gunung yang terkenal di Jepang. Selain itu, penggunan bilah-bilah kayu kecil seperti jeruji pada lemari pintu geser juga mengambil ciri khas desain pintu rumah tradisional Jepang. Bukaan lemari berpintu geser ini pun dapat dibuka dari dua arah sehingga mempermudah akses penggunaan lemari di kedua ruangan.

Tampilan bagian belakang lemari, tidak terlalu berbeda jauh dengan tampilan bagan depan lemari. Aksesori yang diletakkan di sisi ini pun masih berkaitan dengan tema furniture ataupun desain interior ruangan yang bernuansa Jepang. Lukisan yang sama juga dihadirkan di sisi sebaliknya, sedangkan untuk hiasan dipilih tanaman khas Jepang yang dikenal dengan nama bonsai. Bonsai hadir mempercantik dan menyelaraskan tema ruangan. (sumber : Majalah Griya Kreasi)

Demikian informasi Mengenai Rumah yang bergaya Jepang. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai dapur putih, kreatif bermain warna, dan desain interior modern tropis. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp