Blog

Jurusan Desain Interior

Lebih Dekat Dengan Jurusan Desain Interior

Jurusan Desain Interior – Bila kita memasuki ruangan hotel, perkantoran, atau mall seringkali kita tepukau dengan keindahan desain ruangan dan interior tersebut. Namun, tahukah anda dibalik kemegahan dan keindahan suatu bangunan maupun interior tak lepas dari tangan-tangan kreatif para desainer. Ide dan inspirasi mereka tergambarkan dengan jelas dari hasil karya mereka.

Segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan dan daya tarik suatu ruangan adalah ranah dari para desainer interior tersebut. Meraka jugalah yang menerapkan konsep, memilih bahan material, melakukan riset dan pengawasan saat dilapangan. Peran para desainer interior ini memang sangat penting. Terlepas dari segala peran seorang desainer, hal yang sangat jarang diketahui masyarakat luas adalah, seperti apa proses belajar sebagai desainer? Dimanakah mereka belajar? Dan apa saja yang mereka pelajari?

Dalam membuat sebuah desain, tentulah harus memperhatikan beberapa aspek, mulai dari data dan hitungan, tetapi selain factor tersebut ada satu factor yang cukup penting untuk dimiliki oleh seorang desainer, seperti yang dikatakan oleh Steve Jobs “ Design is not just what it looks like and feels like. Design is how it works”.

Seorang desainer interior mempunyai beberapa pertimbangan dalam membuat suatu ruangan menjadi nyaman, seperti bagaimana pencahayaannya, pemilihan warnanya, alur desainnya dan lain sebagainya. Bidang interior pun sering digunakan dalam ilmu arsitektur. Sebab, dalam membangun suatu bangunan tak hanya menyentuh bagian luar bangunan saja, dalam bangunan pun juga mengikuti.

jurusan desain interior

kuliah jurusan desain interiorDalam dunia kerja pun profesi seorang desainer interior pun tergolong baru. Masyarakat terkadang sering bingung dalam membedakan antara arsitek dengan desainer interior. Apa bedanya desainer interior dengan arsitek? Perbedaan yang paling menonjol ada pada research. Research atau penelitian seputar manusia dengan lingkungannya. Seperti seberapa nyaman mereka, factor apa saja yang membuat manusia cocok berada disebuah lingkungan, dan lain sebagainya. Hal tersebut membuat dunia desain interior semakin penting.

Jurusan desain interior bisa ditempuh melalui jalur kursus dan perkuliahan. Bila anda belajar desain interior melalui kursus anda akan diajarkan teknis menggambar suatu desain, software yang digunakan untuk membuat gambar dan lainnya. Namun, bila anda belajar desain interior melalui perkuliahan, anda bisa masuk ke kuliah jurusan desain interior dan mengambil fakultas desain interior.

Dengan kuliah jurusan desain interior, anda bisa mendapat sertifikat ( lisensi ) sebagai seorang desainer interior dalam dunia professional, dengan jalur perkuliahan anda bisa lebih focus dan linknya lebih jelas. Sedangkan untuk tempat kuliahnya, anda bebas memilih mau diluar negeri atau di dalam negeri. Universitas dalam negeri pun sudah banyak yang membuka fakultas desain interior dan sudah mempunyai link perusahaan yang berkaitan dengan disiplin ilmunya.

Tapi, bila anda ingin belajar di universitas luar negeri, umumnya untuk staff pengajar, tidak saja diisi oleh akademisi, namun juga diisi oleh para pengajar dari kalangan praktisi dan beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang design interior. Dengan begitu, memudahkan para mahasiswa yang telah lulus dalam mencari kerja.

Di Universitas luar negeri pun mempunyai program S2 sampai Ph.D. Hal ini sangat cocok untuk anda yang memang menyukai dan ingin mendalami ilmu desain interior. Bila anda mempunyai gelar Ph.D, anda bisa mengajar design interior di salah satu universitas tersebut. Hal ini tentunya sangat baik bagi anda yang menjadikan design interior sebagai passion hidup.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai desain interior rumah minimalis, desain interior kamar, dan jasa desain interior. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp