Kreatif bermain warna

Kreatif bermain warna

SHARE
warna
macam warna

Berbagai Macam Kreatif bermain Warna

Kreatif bermain Warna, Warna adalah salah satu bentuk komunikasi, suatu metode praktis dalam desain interior yang dapat diaplikasikan untuk menciptakan suasana tertentu atau kesan tertentu. Ruangan yang kaya akan kombinasi dalam bermain warna selalu mengundang orang untuk berlama-lama menikmati desain interior ruang tersebut.

Warna merupakan salah satu alat / design tool yang paling tepat untuk mencapai efek tertentu dalam desain interior. Setiap jenis warna menciptakan respon fisik dan emosional yang spesifik juga berbeda untuk tiap orang yang menikmatinya. Efek psikologis yang timbul dari satu atau kombinasi beberapa warna menjadi suatu kekuatan yang bisa dimanfaatkan dalam desain interior rumah.

Melalui kombinasi warna yang tepat, kita bisa menyorot fokus / eye catcher dan memudahkan orientasi pandangan dalam ruang serta memberi ‘kedalaman’ maupun dimensi satu benda maupun ruang. Warna juga membangkitkan energi, menimbulkan atau menjadi ekspresi perasaan (mood) dan memberi persepsi baru yang berbeda bagi orang yang menikmatinya.

Dengan memahami karakter tiap warna dan kombinasinya kemudian menyesuaikan warna tersebut dengan kegiatan maupun orang dalam ruang, kita dapat memaksimalkan penampilan dan kenyamanan ruang. Menurut Ir. Harry Gonzo dan tim dalam buku Serial rumah desain interior yang berjudul “Kombinasi Warna” dari terbitan PT Prima Infosarana Media, kita mengenal kategori warna dasar / primary colour yakni merah, kuning dan biru serta kategori warna turunan / secondary colours yang merupakan hasil campuran dua warna dasar.

Adapula kategori warna tersier yang diperoleh dengan cara mencampur satu atau lebih warna primer dan sekunder sedangkan kelompok warna pastel yaitu warna-warna yang telah dicampur warna putih sehingga kepekatan atau gradasinya berkurang. Efek psikologis yang timbul dari tiap warna antara lain :

warna cat dinding rumah kombinasi warna cat dinding warna ruanganMERAH memberi kesan dinamis,energik, komunikatif, aktif, bersemangat, sensual, mewah dan bersifat menstimulasi. Bila terlalu banyak, bisa merangsang prilaku  agresif.

ORANYE menggambarkan sosialisasi yang bersahabat, percaya diri, ramah dan kesan penuh harapan, kreativitas serta vitalitas. Bila terlalu banyak, bisa merangsang perilaku hiperaktif.

BIRU menghadirkan kesan teduh, dingin, hening, damai, tentram, harmonis dan merangsang kemampuan intuitif. Namun bila terlalu banyak, bisa menimbulkan kelesuan.

KUNING mampu memancarkan kehangatan, cahaya dan cerah, memberi inspirasi, mendorong ekspresi diri maupun kemampuan intelektual.

MERAH MUDA  melambangkan kasih sayang dan perasaan romantis,kesan lembut serta sosok orang muda bahkan anak-anak.

COKELAT berkesan natural, membumi, stabil, menghadirkan kenyamanan, keyakinan, keamanan, kesan elegan dan akrab. Bila terlalu banyak, bisa berkesan berat atau kaku.

HIJAU menyiratkan kesan alamiah, segar, tenang, sejuk, mendorong perasaan empati, meredakan stres dan menyembuhkan. Tapi bila terlalu banyak bisa menimbulkan perasaan terperangkap.

UNGU dekat dengan aura spiritual, magis, misterius, menarik perhatian, memancarkan kekuatan, menambah imajinasi, sensitivitas dan obsesif.

PUTIH memberi arti keaslian, kesan ringan, polos dan murni. Bila terlalu banyak, bisa menimbulkan perasaan dingin, steril dan terisolasi.

ABU-ABU menggambarkan kesan serius, damai, independen dan luas. Bila terlalu banyak, bisa memberi kesan tidak komunikatif.

HITAM    mengandung kekuatan, penuh percaya diri, kesan maskulin, dramatis, penuh perlindungan, klasik dan megah. Bila terlalu banyak bisa menimbulkan perasaan tertekan.

Berdasarkan karakter tadi, ada beberapa acuan yang bisa mempermudah padu padan warna sesuai dengan kesan atau suasana yang ingin ditampilkan dalam desain interior. Pertama adalah kombinasi kontras / komplementer yaitu paduan warna-warna yang karakternya berlawanan seperti merah-hijau yang berkesan dinamis, dominan atau kuat.

Kedua adalah kombinasi analog yaitu paduan warna-warna yang karakternya serupa seperti kuning-oranye yang berkesan harmonis. Ketiga yakni kombinasi monokromatis yaitu paduan warna-warna yang intensitasnya sama seperti gradasi warna ungu tua, ungu muda dan yang pastel. Dengan kombinasi monokromatis ini, gunakan warna-warna terang untuk menimbulkan kesan luas dan warna-warna sejuk untuk kamar tidur.

Paduan warna-warna kuat bisa diterapkan pada area transisi seperti tangga dan koridor sedangkan warna-warna hangat pada tempat kerja atau kamar tidur anak -anak. Yang terakhir adalah kombinasi kompleks yang memadukan warna apa saja. Kunci kombinasi ini terletak pada kuantitas tiap warna yang dipakai. Untuk menghindari kesan monoton pada kombinasi ini, maka jadikan salah satu warna sebagai warna dominan dan warna lain sebagai aksen atau pendukung.(sumber : Griya Arsi)

Demikan Informasi singkat mengenai  cara kreatif dalam bermain warna dalam interior rumah. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai lemari pakaian minimalis, ruang dapur minimalis, dan dapur putih. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.