Blog

Material Counter Top Dapur yang Paling Populer

Mengenal Macam-macam material untuk countertop dapur

Material Counter Top Dapur yang Paling Populer – Material untuk counter top di dapur mempunyai peranan yang cukup penting, dari segi estetika, material tersebut dapat menambah nilai suatu dapur dan dapat membuat tampilan kitchen set lebih indah dan elegan. Untuk material dapur ini khususnya untuk counter top bisa anda dapatkan diluar sana, berbagai jenis material untuk counter top bisa anda temukan,seperti granit, marmer, stainless steel, baja nirkarat dan material terbaru yang terbuat dari batu sintetis adalah quartz.

Dari berbagai macam jenis material yang ada, kami coba share mengenai kelebihan dari material untuk counter top di dapur yang paling popular saja, dalam hal ini yang paling banyak digunakan banyak orang. Mungkin dari material ini banyak yang sudah menggunakannya, namun mungkin diantara anda masih ada yang belum mengetahui kelebihan dari material-material ini. Nah, berikut informasinya 🙂

Granit dan Marmer

granit dan marmerMaterial yang satu ini paling banyak digunakan untuk counter top dapur. Karakternya yang alami, kuat, keras dan memiliki banyak tekstur khasnya menjadikan granit dan marmer disenangi banyak orang. Granit dan marmer termasuk ke dalam jenis batu alam, oleh karena itu, bila konsep dapur yang bernuansa alam sangat cocok menggunakan jenis material ini. Namun, walaupun memiliki kelebihan, material granit dan marmer juga memiliki beberapa kelemahan, apa saja kelemahan dan kelebihannya?? Berikut informasinya 🙂

  • Keunggulan utama dari granit dan marmer adalah banyaknya motif dan warna yang menarik, dan hal ini sulit disaingi oleh material sintetis sejenisnya. Tak hanya itu, nuansa alami yang ada di material ini juga merupakan keunggulannya.
  • Kelemahannya adalah granit dan marmer memiliki pori, yang dapat menjadi tempat mengendapnya kotoran sehingga sulit untuk dibersihkan. Kelemahan lainnya adalah, kedua marmer dan granit agak sulit untuk dibentuk yang sesuai dengan kebutuhan desain.

Solid Surface

solid surface counter topSalah satu material favorit untuk counter top adalah solid surface. Material ini termasuk material yang ramah lingkungan dan berbahan dasar sintetis atau modifikasi akrilik dengan polyester dan filler aluminium hidroksida. Ada beberapa kelebihan di dalam material ini, yaitu :

  • Solid surface tidak berpori sehingga mudah untuk dibersihkan, dan tidak menimbulkan noda, jamur dan bakteri
  • Walaupun bahan sintetis, solid surface tidak mengandung toxic ( racun ), solid surface juga tahan terhadap panas dan lembab.
  • Tahan terhadap goresan, bila solid surface tergores, anda bisa memulihkannya lagi yaitu dengan cara menggosok kertas amplas harus di bagian goresan, setelah itu gosok kembali dengan menggunakan busa, agar permukaannya tetap berkilau.
  • Bobotnya ringan dan mudah di daur ulang, sehingga meminimalkan emisi karbon disetiap tahap produksinya.

Quartz

quartz counter topMaterial terbarun untuk counter top adalah Quartz. Material ini gabungan dari bahan yang alami dengan teknologi canggih atau bahas lainnya adalah fabricated/engineered stone.  Kelebihan dari quartz ini adalah material yang satu ini tahan tehadap jamur dan goresan, perawatannya juga sangat mudah.

Demikianlah informasi singkat mengenai kelebihan dan kekurangan material yang paling popular untuk counter top di dapur. Dengan mengetahui masing-masing kelebihan tersebut, tentunya dapat membantu anda dalam memilih material mana yang cocok digunakan untuk counter top dapur anda. Untuk harga relative, tergantung dari jenis masing-masing material.

Bila anda ingin mempunyai pertanyaan  atau ingin berkonsultasi mengenai pembuatan interior, renovasi rumah, apartemen maupun kantor, anda bisa langsung menghubungi kami. Kami memberikan konsep desain dalam bentuk 3D yang dapat memudahkan anda dalam memvisualisasikan desain tersebut. Untuk nomer contact kami, anda bisa menghubungi kami via telepon di …. Atau melalui email di …. Selamat mencoba, Happy design 🙂

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Ada Rembesan Air di Sink? Ini Tips Memperbaikinya, Cara Simpel Membersihkan Headboard, dan Tips Membuat Dinding Lebih Cantik Dengan Teknik Sponging. Selamat membaca, Happy design

Berikan Rating
Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp