Memanfaatkan Ruangan Di Bawah Atap ( Loteng )

Memanfaatkan Ruangan Di Bawah Atap ( Loteng )

SHARE
desain-ruang-bawah-atap-kayu-1

Ruangan Di Bawah Atap

Ruangan Di Bawah Atap atau biasa disebut Loteng ini biasa di gunakan sebagai gudang saja, padahal Loteng bisa kita manfaatkan untuk menjadi ruangan yang menarik terlebih lagi kalo kita memiliki rumah minimalis keterbatasan ruangan pada rumah minimalis sudah menjadi hal yang wajar terjadi, akan tetapi kalo kita bisa memanfaatkan sepace yang ada kita bisa memiliki ruangan – ruangan yang kita perlukan salah satunya yaitu Memanfaatkan Ruangan Di Bawah Atap ( Loteng ) yang akan kita bahas kali ini.

Ada beberapa faktor yang harus di perhatikan seblum sobat imania memanfaatkan loteng. supaya pemanfaatan loteng ini lebih maximal.
Berikut Faktor – Faktor yang harus Sobat Imania perhatikan di kutip dari rumahkuunik.

  1. Bentuk atap : Rumah yang cocok untuk penambahan ruang adalah rumah bentuk  pelana karena rangka atap pelana hanya terdiri dari kuda-kuda yang diletakkna di ujung-ujung dinding. Atap bentuk limasan memiliki rangka atap yang lebih rumit dan hanya cocok dimanfaatkan sebagai gudang.
  2. Kontruksi kuda-kuda : Konstruksi kuda-kuda pada struktur atap rumah sangat mempengaruhi bisa atau tidak sebuah loteng digunakan untuk ruangan. Untuk memanfaatkan sebagai ruangan, atap dengan kuda-kuda kayu atau beton yang memiliki jarak 3-4 meter cukup leluasa. Hindarilah pemakaian kuda-kuda baja ringan bila ingin memanfaatkan loteng sebagai ruangan, karena deretan kuda-kuda yang berjarak rapat akan menyebabkan ruangan di bawah atap tidak termanfaatkan.
  3. Ketinggian : Tinggi minimal ruang di bawah atao yang dianjurkan sekitar 2,4 m dihitung dari titik atas plafon hingga titik bawah rangka atap
  4. Material lantai : Gunakan material ringan yang tidak terlalu membebani struktur bangunan. Jika menggunakan material kayu, gunakan anti rayap atau bisa di coating lebih dahulu. Bila merencanakan sebagai ruang untuk fungsi tertentu, rencanakan pondasi sejak awal untuk menahan beban lantai loteng.
  5. Insulasi panas : Berada di bagian atas yang paling banyak tersinari matahari, maka harus dilakukan pemasangan insulasi tambahan agar ruangan tidak terlalu panas. Anda bisa memasang aluminium foil, glasswool atau polyurethane di bawah lapisan ganteng, kemudian pasang plafon seperti biasa. ANda bisa menggunakan plafon berbahan gypsum atau fiber cement dengan rangka kayu atau besi hollow.
  6. Ventilasi dan pencahayaan : Pasang ventilasi pada dua sisi berhadapan agar memperoleh ventilasi natural. Untuk pencahayaan alami bisa menggunakan genteng kaca pada bagian tertentu atau memasang jendela skylight. Pastikan memasang pada arah utara dan selatan untuk menghindari radiasi panas berlebihan dari arah barat.
  7. Tangga : Tangga sangat penting untuk akses menuju ke loteng. Anda bisa menggunakan Model Tangga Bentuk L, Model Tangga Bentuk U ataupun Model Tangga Melingkar jika memiliki space terbatas. Material bisa menggunakan bahan besi atau kayu yang buat dengan aman dan nyaman.

Jika semua faktor – faktornya sudah di rasa cukup sobat imania tinggal pilih ingin di buat apa Loteng yang ada dirumah sobat imania.
Kali ini kita akan memberikan rekomendasi ruangan yang cocok buat sobat imania :

1.  Ruangan Kerja Di Loteng

Memanfaatkan Loteng sebagai ruangan kerja merupakan salah satu cara alternatif untuk rumah minimalis , jika sobat imania bingung ingin memiliki ruangan kerja namun space terbatas.

2. Kamar Di loteng

desain-kmar-di-ruang-bawah-atap4
desain-kmar-di-ruang-bawah-atap4

Membuat Kamar Tidur dengan memanfaatkan Loteng yang biasanya menjadi gudang merupakan salah satu cara yang paling sering di gunakan dalam pemanfaat Loteng.

Selain yang di atas kami juga memiliki Ide Desain yang lainnya untuk sobat imania terapkan pada Loteng rumah minimalis

Bagaimana sobat imania ? sudah mempunyai bayangan ingin di buat apa Loteng rumah sobat imania miliki ?
Jika sobat imania memerlukan Desain ataupun Interior untuk keperluan Loteng, sobat imania bisa menghubungi kami di menu contact us

Berikan Rating
Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS