Tips Memaksimalkan Pencahayaan Ruangan

Tips Memaksimalkan Pencahayaan Ruangan

SHARE
Pencahayaan Ruangan
Pencahayaan Ruangan

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Pencahayaan Ruangan

Kita tahu, bahwa pencahayaan ruangan adalah salah satu factor penting dalam mempercantik rumah. Dengan memberikan pencahayaan yang baik, maka akan baik juga tampilan objeknya, namun, apabila pencahayaan tersebut kurang baik, maka objek yang dituju juga akan terlihat kurang baik. Pertanyaannya adalah, bagaimana caranya agar pencahayaan tersebut dilakukan dengan baik?? Apa kuncinya suksesnya??

Ada 3 hal yang harus dipahami agar sukses menata cahaya, berikut informasinya :

  1. Intensitas cahaya. Hal ini ditentukan dari kebutuhan yang ada di dalam suatu ruang. Penyinaran yang penting dalam suatu ruang yaitu penyinaran yang sesuai untuk pekerjaan tertentu dan penyinaran untuk keindahan. Masing-masing kegiatan ini memerlukan intensitas cahaya yang berlainan.
  2. Warna cahaya, tergantung pada kesan yang ingin ditampilkan dari suatu objek
  3. Komposisi,, penataan dan komposisi yang tepat dari pemakaian general lighting, task lighting, dan decorative lighting. Hal ini butuh kepekaan, kreativitas, dan rasa seni yang tinggi. Apa itu general lighting, task lighting, dan decorative lighting?? Untuk mengetahuinya, anda bisa baca artikel di blog ini tentang pencahayaan.

pencahayaan pada ruangan pencahayaan ruang kamar mandi

Apa saja tahap-tahap dalam penataan cahaya?? So, berikut informasinya :

  1. Membuat konsep pencahayaan yang digunakan
  2. Menentukan penempatan titik lampu dan menuangkan dalam rancangan
  3. Menentukan jenis cahaya yang diperlukan dan kekuatannya ( intensitas ) disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan di dalam ruang
  4. Analisis terhadap objek yang ada, agar dapat menentukan cahaya pantul yang sesuai
  5. Temukan sudut-sudut menarik pada ruang untuk peletakan lampu dekoratif yang menambah estetika
  6. Melakukan uji coba dan memperbaiki rancangan dengan menghidupkan, memindah, mengurangi, bahkan menambah titik lampu sampai dicapai pencahayaan yang paling memuaskan
  7. Harus tetap kreatif dan hemat sesuai kebutuhan

Pencahayaan Ruangan – Kesalahan dalam mengatur pencahayaan

Cahaya terlalu silau,, ada dua hal yang menyebabkan hal ini. Yaitu kesalahan dalam memilih lampu ( watt terlalu besar ) dan kesalahan dalam mengarahkan sinar, sehingga pantulan sinar tidak sesuai yang diharapkan.

Over load daya,, seharunya satu sakelar maksimal untuk 4 buah lampu. Hal ini untuk mencegah pemborosan, karena lampu yang tidak terpakai akan ikut menyala jika berada dalam satu sakelar.

Ukuran fisik rumah lampu tidak sesuai,,, lampu dengan rumah lampunya tidak sesuai, sehingga efek cahaya yang seharusnya terlihat bagus akan menjadi buruk terhalang oleh ukuran lampu yang terlalu besar.

Peletakkan yang salah,, kesalahan menentukan sudut/tempat yang sesuai untuk meletakkan lampu, sehingga lampu justru menyorot bagian yang tidak indah.

[ Sumber >> Serial Rumah ]

Itulah beberapa informasi dan tips seputar pencahayaan ruangan. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai cara pasang wallpaper dinding, furniture kayu, dan pencahayaan. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
Aksesoris
SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.