Blog

Perbedaan Material Absorber Dengan Diffuser Pada Home Theater

Apa material absorber dan diffuser itu?

Perbedaan Material Absorber Dengan Diffuser Pada Home Theater – Di beberapa rumah mungkin sudah menerapkan satu ruang untuk dijadikan home theater. Mempunyai home theater sendiri di dalam rumah memang sangat mengasikan, serasa mempunyai bioskop pribadi di dalam rumah. Walaupun sangat menyenangkan, tetapi ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat membuat home theater, khususnya pada material suara. Pemilihan material suara yang baik untuk home theater akan membuat home teater tersebut lebih memukau.

Perlu diketahui tidak semua kualitas suara dari home teater sama kualitasnya, agar suaranya lebih bagus, anda perlu menggunakan sound atau pengendali suara dengan kualitas yang bagus pula. Ada beberapa kelompok material pengendali suara pada home teater, seperti Absorber dan Diffuser, seperti apa perbedaannya? Berikut informasinya

absorber dan disfuser home theaterDiffuser

Diffuser atau juga dikenal dengan pemecah suara, kelompok material diffuser ini merupakan pengendali suara yang tinggi atau treble. Jadi suara yang tinggi dikendalikan atau dipecah sehingga saat sampai ditelinga kita tidak begitu terlalu nyaring dan menyakitkan. Diffuser juga tidak hanya berfungsi sebagai pengendali suara saja tetapi juga dapat membuat suara surround seperti yang kita dengar di bioskop-bioskop.

Seperti apa sih efek suara surround itu?? Efek suara surround adalah efek seolah-olah anda dikelilingi oleh suara tersebut, sehingga terasa lebih nyata. Cara untuk mendapatkan efek suara tersebut yaitu dengan menempatkan diffuser berbentuk cembung di beberapa titik di rungan home teater.

Saat pemasangannya, harus diperhatikan dengan baik-baik. Penempatannya haruslah benar dan tepat, salah-salah bukannya suara surround yang di dapat malah suara seperti gema.

Absorber

Beda diffuser beda juga dengan material yang satu ini yaitu Absorber. Apa itu kelompok material absorber? Yaitu kelompok material yang dapat menyerap suara. Fungsi dari material ini adalah untuk mengendalikan gema dan suara yang berfrekuensi rendah atau nge bass. Suara akan diserap dan memperbaiki suara bass sehingga kita tidak akan mendengar suara dentuman yang terlalu kuat.

Karakter atau ciri dari material absorber adalah material berbahan lunak, seperti busa, melamin, dan bahan-bahan lunak lainnya, bahan kain pun bisa digunakan. Bila anda ingin membeli material absorber, material ini umumnya dijual sudah dalam bentuk panel yang bisa langsung anda pasang di dinding.

Adakah benda lain yang bisa menyerap suara?? Selain material absorber yang merupakan material khusus, ada juga benda-benda yang bisa menyerap suara yaitu seperti sofa, karpet, tirai dan lain sebagainya.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Shared Bedroom Kamar Anak, 3 Cara Untuk Merubah Tampilan Dinding, dan 5 Ide Desain Interior Dengan Washi Tape. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp