Perbedaan Pergola Dengan Kanopi Secara Lengkap

Perbedaan Pergola Dengan Kanopi Secara Lengkap

SHARE
pergola

Apa Beda Pergola Dengan Kanopi??

Perbedaan Pergola Dengan Kanopi – Keduanya memiliki fungsi yang serupa  tetapi juga keduanya memiliki perbedaan. Bagi sebagian orang mungkin menganggap pergola dan kanopi sama saja, masih satu jenis, namun bila diamati lebih jauh, antara pergola dan kanopi memiliki perbedaan. Dilihat dari segi fungsinya pun bila diamati memiliki perbedaan, begitu juga dengan bentuknya, dan perbedaan lainnya. Ingin tahu lebih jauh mengenai perbedaan apa saja antara pergola dan kanopi? Berikut informasinya 🙂

perbedaan pergola dengan kanopi
Pergola
Fungsi

Bila dilihat dari perbedaan fungsi, fungsi kanopi lebih berfungsi sebagai media penghalang cuaca, baik dari sinar matahari maupun air hujan, sedangkan fungsi pergola merupakan berfungsi sebagai peneduh dari cahaya matahari, umumnya dalam bentuk tanaman rambat. Karena bentuk atapnya yang  dari tanaman rambat, kekurangan pergola adalah tidak bisa melindungi dari air hujan. Hanya berfungsi melindungi dari sengatan panas matahari.

Struktur Atap

Secara visual, perbedaan yang paling bisa dilihat antara pergola dengan kanopi ada pada bagian atap. Atap pada kanopi berbahan plastic polimer atau lebih dikenal dengan polycarbonate. Struktur atapnya pun dapat melengkung. Sedangkan pergola hanya terbentuk dari tanaman rambat, seperti alamanda, struktur atapnya berbentuk datar dan tersusun dari rusuk-rusuk kayu sejajar berselang-seling.

Kanopi
Kanopi
Material

Penggunaan material pun  berbeda antara kanopi dengan pergola, material yang digunakan pada kanopi umumnya menggunakan stainless steel. Bisa dengan bahan material lain, namun, karena kanopi ini sering terkena sinar matahri dan air hujan, maka ada baiknya memilih bahan yang tahan terhadap perubahan cuaca. Sedangkan material pergola umumnya terbuat dari bahan logam dan beton.

Kesan

Perbedaan Pergola dengan kanopi yang selanjutnya adalah Kesan. Kesan antara keduanya juga berbeda, dalam penempatan, keduanya kanopi dan pergola dapat diterapkan dimana saja, seperti bagian balkon, bagian luar rumah seperti garasi misalnya. Walaupun begitu, kesan diantara keduanya sangat berbeda. Pergola yang terbentuk dari tanaman rambat, akan menimbulkan kesan asri, alami dan nuansa tropis. Sedangkan kesan yang ditimbulkan kanopi adalah kesan simple dan kokoh.

Itulah beberapa perbedaan pergola dengan kanopi yang perlu anda ketahui. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Material Counter Top Dapur yang Paling Populer, 7 Kesalahan Yang Umum Terjadi di Dapur, dan Tips Dalam Memilih Bathtub. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS