Blog

Ragam Material Untuk Pijakan di Taman

Tips Memilih Material Pijakan Pada Taman

Ragam Material Untuk Pijakan di Taman – Mempunyai taman yang indah di depan rumah atau di halaman belakang rumah memang sangat menyenangkan. Dengan adanya taman, rumah kita menjadi lebih sejuk, segar dan indah. Saat membangun atau membuat suatu taman, banyak orang yang bingung harus menggunakan bahan material apa untuk pijakan jalan taman tersebut. Adanya ‘jalan’ atau pijakan di taman mempunyai beberapa manfaat, yaitu rumput taman tersebut tidak mudah rusak karna pijakan kita. Umumnya ada 2 jenis sirkulasi atau jalan yang sering digunakan banyak orang pada taman rumah.

Yaitu jalan setapak ( pathway ) dan pijakan ( stepping stone ). Untuk jalur setapak, sifatnya lebih permanen dan tak mudah untuk dipindah-pindah. Beda halnya sengan pijakan ( stepping stone ) yaitu serangkaian dari bagian-bagian terpisah dan membentuk satu rangkaian jalur. Untuk stepping stone ini umumnya banyak orang menggunakan material dihamparkan begitu aja diatas permukaan tanah taman, dan tidak diperkuat dengan semen atau semacamnya.

Untuk material jalan setapak, ada beberapa jenis material yang bisa anda gunakan, material dengan unsur alaminya, material alami seperti batu alam, potongan kayu, batu paving bisa anda gunakan untuk membuat jalan setapak ataupun pijakan untuk taman rumah anda. Dan material-material inilah yang sangat popular digunakan.

Jalan setapak di tamanSedangkan untuk jenis batu alamnya pun ada banyak ragam yang bisa anda pilih, batu alam seperti dari jenis batu andesit, batu paras, batu koral, dan batu kali. Agar lebbih menarik, anda bisa memadukan dari beberapa ragam batu alam tersebut. Sedangkan untuk bentuk batu alamnya bisa anda pilih yang sesuai dengan selera, apakah berbentuk bujur sangkar, persegi panjang atau sesuai dengan bentuk alaminya.

Bagaimana cara mengkombinasikannya? Contohnya, anda bisa meletakkan batu koral di sela-sela batu andesit yang dipasang tidak saling menempel satu dengan yang lainnya. Atau bisa juga anda taruh di pinggir jalan setapak yang anda buat dengan batu andesit, sisi kiri dan kanannya, bisa anda letakkan batu koral.

Bila dengan menggunakan batu andesit sudah terlalu umum menurut anda, anda bisa menggantinya dengan batu paving. Sama seperti batu andesit, batu paving juga mempunyai banyak ragamnya, diantaranya ada yang padat dan ada juga seperti grass block.

Selain batu alam, unsur kayu pun bisa anda gunakan untuk membuat jalan setapak atau pijakan, dengan adanya unsur kayu akan memperkental kesan alami di area taman. Kalau yang anda buat jalan setapak, anda bisa menggunakan potongan panjang untuk dek. Sedangkan kalau yang dibuat pijakan, anda bisa menggunakan batang kayu yang dipotong melintang.

Namun yang harus diperhatikan dalam memilih kayu sebagai material jalan setapak atau pijakan adalah kayu yang anda pilih haruslah yang tahan terhadap cuaca, baik saat hujan ataupun panas. Pilihlah kayu yang berkualitas baik seperti kayu ulin, merbau, bangkirai, yang karakternya cocok digunakan di area luar.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Hal yang Harus Dilengkapi Pada Taman Anda, 3 Tips Dalam Membuat Kamar Tamu, dan Mengapa Memilih Furniture Built In. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp