Blog

Desain Ruang Belajar yang Bikin Anak Anda Betah Belajar !

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Merancang Ruang Belajar

Apakah anda mempunyai rencana untuk membuatkan ruang belajar anak anda?? Tujuan utama tempat belajar anak adalah, agar anak kita dapat berkonsentrasi pada pelajaran mereka dengan penuh ketenangan, dan privasi.

Dalam pembuatan desain ruang belajar, tergantung dari seberapa luas ruangan yang disediakan, jika tempat belajar anak terbatas dan bersatu dengan ruang tidur atau kamar tidur, anda bisa mendesain kamar belajar anak dengan konsep ruang belajar minimalis, yakni pas, tidak terlalu berlebihan, dan menyesuaikan dengan luas ruangan.

Namun, jika kamar belajar anak anda luas, anda dapat menaruh furniture/ perabotan yang dapat mendukung kegiatan belajar anak. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merancang ruang belajar anak. Berikut informasinya :

ruang belajar anak

desain ruang belajar• Jika luas ruangan terbatas, anda bisa memakai konsep minimalis lesehan. Artinya adalah, dalam desain lesehan, tidak diperlukannya meja dan kursi belajar, namun, hanya cukup dengan menggunakan meja belajar mini. Tentunya yang masih dapat membuat anak nyaman dalam belajar.

• Untuk alas duduknya, anda bisa menggunakan bantal atau sejenisnya, yang terpenting adalah yang dapat membuat anak anda nyaman saat duduk. Dengan demikian anak anda akan dapat berkonsentrasi dalam belajarnya, dan tanpa terganggu dengan keluhan yang timbul. Bila anda ingin memakai karpet, ada baiknya menggunakan karpet yang terdapat hal-hal yang disenangi oleh anak anda. Misalnya, jika anak anda suka dengan tokoh kartun naruto, anda bisa membeli karpet yang ada gambar narutonya atau hal lainnya.

• Warna. Untuk pemilihan warna ruangan, pilihlah warna-warna yang terang yang disukai oleh anak-anak, warna pink untuk anak perempuandan warna biru untuk anak laki-laki. Ada baiknya, tanyakan kepada anak anda, warna apa yang mereka suka untuk dinding ruangan, biarkan mereka memilih sendiri warna kesenangannya. Hal ini bertujuan untuk membuat anak anda merasa nyaman berada di dalam kamar belajarnya, karena semua hal yang ada di dalam kamar belajarnya, adalah kesukaannya.

• Udara. Aturlah sirkulasi udara yang ada di dalam kamar belajar anak dengan sebaik mungkin, ada baiknya ada jendela di dalam ruang anak anda, sehingga, setiap pagi atau sore, anda bisa mengganti udara yang ada di ruangan dengan udara yang baru yang lebih alami. Untuk menambah kenyamanan kamar belajar anak anda, anda bisa menaruh Ac atau kipas angin dalam ruangan tersebut.

• Pencahayaan. Factor ini sangat penting. Pastikan pencahayaan anak anda cukup terang. Bila pencahayaan ruangan tidak baik, bisa menurunkan mood belajar anak anda, dan hal tersebut juga tidak baik bagi kesehatan mata anak. Bila pada pagi atau siang hari, anda bisa menggunakan pencahayaan dari sinar matahari.

• Anda bisa meletakkan meja dan kursi belajar dekat dengan jendela agar waktu siang hari bisa mendapatkan pencahayaan alami. Hal ini juga baik untuk ruangan. Ruangan jadi tidak lembab dan bau.

Demikianlah sahabat Imania informasi singkat mengenai desain kamar belajar anak. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai desain dapur, desain dapur minimalis dan upholstery. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp