Ruangan Lebih Terang Dengan Skylight

Ruangan Lebih Terang Dengan Skylight

SHARE
skylight

Pencahayaan Dengan Skylight

Ruangan Lebih Terang Dengan Skylight – Untuk anda yang senang akan ruangan terbuka, anda bisa menghadirkan bukaan yang transparan pada atap rumah, metode ini umumnya lebih popular disebut skylight. Cara ini juga merupakan cara yang paling ampuh untuk mendapatkan pencahayaan alami di dalam rumah. Dalam  prinsipnya, skylight hampir serupa dengan jendela yakni elemen bukaan yang berfungsi sebagai akses masuknya sinar matahari sekaligus menjadi sirkulasi udara yang baik di dalam ruangan. Bedanya, kalau jendela menempel pada dinding, sedangkan skylight berada di langit-langit rumah.

Yang perlu diperhatikan dalam membuat skylight adalah desain dan pilihan materialnya, dan komponen instalasi menjadi titik terpenting yang harus diperhatikan dan juga keamanan instalasinya.

skylightPosisi Skylight

Banyak pertanyaan mengenai tempat skylight dibuat, sebenarnya dalam membuat skylight tidak ada ruang khusus, skylight bisa diletakkan dimana saja sesuai dengan keinginan anda, apakah itu di ruang keluarga, dapur atau ruangan lainnya tidak ada masalah. Namun, karena skylight ini mengantarkan cahaya matahari masuk kedalam rumah, ada baiknya ditempatkan di area-area yang lembab yang cukup tinggi seperti di kamar mandi, dapur dan lain sebagainya.

Memilih Material yang Tepat

Untuk material, skylight umumnya menggunakan material transparan seperti fiber, plastic, polykarbonat atau kaca. Hal tersebut karena skylight ini berfungsi sebagai bukaan. Anda bisa memilih material atau bahan yang ringan namun tetap kuat untuk mengurangi beban, agar material tersebut tidak mudah retak. Untuk kaca, bila nantinya anda memutuskan untuk menggunakan kaca sebagai bahan skylight, ada baiknya menggunakan kaca tempered yang daya tahannya lebih kuat disbanding kaca biasa yang lain.

Bila cahaya yang masuk terlalu silau, anda bisa melapisinya dengan kaca film atau dengan kisi-kisi kayu. Dengan begitu akan dapat mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan.

Instalasi Skylight

Pada instalasi skylight ada 3 hal atau komponen yang harus diperhatikan, yaitu yang pertama buatlah lubang ditengah atap pada ruang yang telah ditentukan. Setelah itu install built in frame pada persilangan yang ada di langit-langit untuk membuat bukaan. Dan komponen terakhir adalah pasanglah light shaft ( semacam lubang cahaya ), light shaft ini nantinya berfungsi menghubungkan atap dengan langit-langit.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Tanaman Rambat, 4 Hotel Dengan Interior Mewah di Bawah Laut, dan Ingin Menerapkan Innercourt? Ini Caranya !. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS