Blog

Tips Bikin Rumah Sejuk Tanpa Harus Menggunakan AC

Memiliki rumah yang teduh dan mempunyai sirkulasi yang baik tentunya akan membuat orang yang tinggal didalamnya merasa nyaman dan betah. Selain itu, rumah dengan sirkulasi yang baik akan berpengaruh pula pada kesehatan para penghuninya. Udara yang segar dan bersih pastinya membuat kita lebih terhindar dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh udara yang kurang bersih.

Salah satu cara instan untuk bisa mendapatkan suasana sejuk didalam rumah adalah dengan menggunakan pendingin ruangan atau AC. Namun penggunaan AC secara terus menerus dan berlebihan juga sebenarnya kurang baik untuk kesehatan. Udara panas didalam rumah juga sebenarnya tidak hanya dipengaruhi oleh udara dari luar, pengaruh bahan kimia berbahaya yang tak terlihat juga bisa jadi meningkatkan temperature udara secara berlebih.

Ada beberapa cara dan tips bikin rumah sejuk tanpa harus menggunakan AC yang biayanya tidaklah murah. Anda bisa lebih berhemat dan yang pasti, suasana rumah menjadi sejuk dan kesehatan keluarga juga tetap terjaga.

Tips Bikin Rumah Sejuk Tanpa Harus Menggunakan AC 1
rumah kontainer

desain teras rumahkriteria rumah sehat

interior rumah bali
interior rumah bali
Kurangi Penggunaan Alat Elektronik

Saat ini hampir setiap rumah memiliki peralatan elektronik seperti televisi atau laptop. Namun peralatan tersebut menghasilkan hawa panas yang cukup besar. Sebaiknya kurangi penggunaan peralatan alat elektronik dan cabut juga kabelnya karena kabel yang terpasang sebenarnya masih mengaliri listrik dan memicu peningkatan suhu di dalam ruangan.

Buat Pendingin Udara Sendiri

Jika Anda punya kipas angin meja, Anda bisa menyulapnya menjadi unit AC dengan meletakkan semangkuk air es di depannya sehingga butiran air dingin tertiup oleh kipas dan membuat ruangan menjadi sejuk. Ini adalah solusi cerdas untuk membuat aliran udara es yang segar.

Mendinginkan Sarung Bantal

Tidur dengan bantal yang dingin akan membuat Anda lebih rileks dan nyenyak beristirahat. Dinginkan sarung bantal dengan cara membungkusnya didalam plastik kemasan (Plastic wrap) dan masukkan ke dalam lemari beku (freezer).

Menjelang waktu tidur, keluarkan dan pasang ke dalam bantal. Meski terdengar aneh, namun cara ini bisa cukup efektif membuat waktu tidur Anda terasa lebih nyaman.

Pilih Bahan Alami

Hindari menggunakan bahan bermaterial sintetis khususnya di kamar tidur, karena mereka tidak bisa membuat kulit bernafas dengan lega dan meningkatkan suhu tubuh.

Sebaiknya gunakan bahan katun atau linen untuk seprai, sarung sofa, gorden, sampai dengan karpet.

Bahan-bahan tersebut bisa menjauhkan kulit yang lembab karena kepanasan.

Mematikan Lampu

Semua lampu mengeluarkan panas, bahkan yang memiliki teknologi LED sekalipun. Untuk menghindari ruangan terasa gerah karena cahaya lampu, matikan ketika tidak digunakan dan ganti semua bohlam dengan teknologi energi efisien.

Lihat juga: Cara Membuat Ruang Makan Minimalis dan Menarik

Berikan Rating
Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp