Blog

Tips Desain Ruang Tamu Kecil Supaya ‘Beda’ dan Nyaman Ditinggali [Plus Contoh]

Desain ruang tamu kecil kemungkinan banyak dimiliki terutama untuk rumah dengan ukuran atau tipe 45 kebawah. Walau memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, bukan berarti anda tidak bisa mendapatkan ruang tamu yang nyaman dan menarik untuk ditempati. Anda tetap bisa memiliki sebuah ruang tamu atau ruang keluarga yang enak dilihat dan ‘beda’ dari ruang tamu yang lain. Kreativitas dan juga niat menjadi hal yang penting untuk membuat desain ruang tamu kecil anda menjadi lebih baik dan lebih menarik.

Mendesain  dan mendekorasi ruang tamu yang tidak terlalu besar memang sedikit membingungkan. Mungkin kamu sering melihat kondisi ruang tamu teman, saudara, atau tetangga yang terkesan penuh, sumpek dan berantakan, atau ada juga yang walau memiliki ukuran ruang tamu yang mungil, dapat terlihat luas dan menarik. Hal tersebut salah satu kemungkinannya adalah disebabkan oleh pemilihan furniture dan juga tata interior ruangan yang kurang tepat dan terlalu memaksa.

Pemilihan furnitur seperti sofa, lemari, wardrobe yang tepat sangat penting, karena untuk ruang tamu dengan ukuran yang mungil, anda harus memperhitungkan dengan cermat penempatan, ukuran dan juga tata letaknya.

Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips desain interior ruang tamu kecil agar tetap bisa tampil menarik dan juga terasa nyaman ditinggali.

 

Tips Desain  Ruang Tamu Kecil

Pemilihan Furniture

Tips yang pertama untuk anda yang memiliki desain ruang tamu mungil yaitu dalam hal pemilihan furniture. Sebaiknya anda memilih peralatan furniture dengan ukuran yang tidak terlalu besar dengan konsep minimalis, dan sebaiknya gunakan furnitur yang multifungsi.

Bentuk furniture juga sebaiknya anda sesuaikan dengan bentuk dari ruang tamu anda, apakah memanjang, persegi atau melebar. Furnitur yang terlalu memakan tempat tentunya akan membuat ruangan tersebut menjadi terlihat sangat sumpek dan terasa sempit.

Tata Letak/Penyusunan

Tatak letak atautehnik penyusunan yang tepat sangat berpengaruh besar untuk bisa membuat interior ruang tamu kecil anda tampak lebih besar. Cek dan pastikan bagaimana bentuk dari ruang tamu anda. Jika desain interior dari ruang tamu anda cenderung memanjang, anda dapat memanfaatkan dan menggunakan susunan sudut atau bisa juga memakai tehnik susunan berhadapan secara sejajar.

Namun jika ruangan tersebut berbentuk persegi, tehnik sudut empat bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Yaitu dengan menaruh di setiap sudut namun tanpa menempel ke dinding. Hal tersebut akan membuat interior ruangan menjadi lebih rapid an juga memberikan kesan yang lega.

Pemilihan Warna

Warna-warna interior juga sangat berpengaruh di dalam desain interior, setiap warna dapat memberikan efek dan kesan yang berbeda-beda. Untuk dapat memberikan kesan yang nyaman dan luas, warna seperti putih dan rem sangat disarankan untuk digunakan. Karena warna tersebut dapat memberikan kesan yang bersih dan juga rapi secara psikologi. Warna putih bisa anda terapkan ke dinding dan warna krem ke furniture atau aksesorisnya.

Aksesoris Ruangan

Gunakan aksesoris yang berkesan minimalis dan tanpa corak yang terlalu banyak. Anda bisa menggunakan rak dinding untuk memaksimalkan penggunaan ruang penyimpanan dan juga bisa memberikan kesan ‘unik’ didalam desain ruang tamu kecil anda.

 

Berikut ini adalah beberapa contoh desain untuk ruang tamu yang bisa anda gunakan sebagai referensi untuk hunian tempat tinggal anda.

Ruang Tamu Anda Lebih Fresh Dengan Dekorasi Ruang Tamu Berikut
sumber gambar dari Interior HomeScapes

Ruang Tamu Rumah Tebetwarna kuning dalam ruang tamudekorasi ruang tamu minimalisinterior ruang tamudesain ruang tamu dengan batu alamdesain interior ruang tamu minimalis modern

 

Buat anda yang ingin memiliki desain interior ruang tamu minimalis, bisa menghubungi kami untuk konsultasi secara gratis atau sekaligus melakukan desain dan penataan untuk ruang tamu anda.

Berikan Rating
Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp