Tips Membuat Ruang Keluarga Kecil Terasa Lebih Luas

Tips Membuat Ruang Keluarga Kecil Terasa Lebih Luas

SHARE
Langkah-langkah mendekorasi ruang keluarga
sumber gambar dari Casa de Valentina

Rumah dengan luas yang terbatas atau minimalis tetap bisa terasa luas dan nyaman jika kita bisa mengelola dan mendekorasinya dengan baik. Hunian tempat tinggal yang baik dan nyaman bukanlah tentang besar atau tidaknya ruangan didalamnya, namun bagaimana cara kita menata, mengatur, dan juga memilah mana yang tepat untuk ditaruh dan mana yang sebaiknya tidak kita gunakan untuk ruangan rumah kita.

Buat sahabat Imania yang mempunyai hunian tempat tinggal dengan ruang keluarga yang tidak terlampau luas, disini kami akan memberikan tips membuat ruang keluarga kecil anda menjadi terasa lebih luas dan pastinya lebih nyaman. Dengan memiliki dekorasi ruang keluarga yang tepat, maka pastinya akan meningkatkan kenyamanan dan juga pastinya anda akan lebih betah tinggal didalamnya.

 

Tips Ruang Keluarga Kecil nan Minimalis

Berikut ini beberapa tips untuk ruang keluarga yang kecil atau tidak terlalu besar.

 

Pilihlah Gaya Minimalis

Ruang Keluarga Rumah TebetSebelum kita memasuki ke bagian dekorasi ruang keluarga minimalis kita, pertama-tama yang harus kita lakukan adalah memilih konsep desain apa yang sebaiknya kita terapkan ke ruangan tersebut. Untuk tipe rumah 36 atau 45, gaya minimalis sangat direkomendasikan untuk diterapkan karena menawarkan gaya yang tetap terlihat modern tanpa harus menggunakan banyak properti atau aksesoris didalamnya.

Desain interior ini juga sangat cocok untuk anda yang memang menginginkan desain yang simple dan dapat membuat penghuninya menjadi terasa lebih nyaman saat berada didalamnya. Konsep minimalis tidak membutuhkan tempat yang luas dan juga tidak banyak membutuhkan unsur dekoratif.

 

Pilih Sofa yang Tepat dan Sesuai

Tips membuat ruang keluarga kecil agar terasa lebih luas yang selanjutnya adalah dengan memilih sofa yang tepat dan sesuai dengan ukuran dari ruang keluarga kita. Ukuran menjadi hal yang penting, pilih ukuran yang tepat dan tidak terlalu membuat ruangan menjadi terlihat sumpek.

Ukuran yang terlalu besar dapat merusak tampilan ruangan dan juga membuat ruang gerak menjadi lebih terbatas. Sebaiknya tempatkan sofa yang bisa ditempatkan disudut ruang dan juga menempel ke dinding ruangan.

 

Gunakan Hiasan nan Sederhana

Langkah-langkah mendekorasi ruang keluarga
sumber gambar dari STYLECASTER

Supaya tidak terlihat penuh namun tetap tampak menarik, hiaslah ruang keluarga dengan menggunakan aksesoris yang simpel. Contohnya bisa memasang beberapa lukisan, ukiran atau bisa juga figura foto yang minimalis.

Tidak usah terlalu banyak memberikan hiasan. Anda juga bisa menaruh jam dinding yang unik untuk memberikan nilai tambah lebih kedalam dekorasi ruang keluarga anda. Menambahkan satu pot tanaman hijau kecil di pojok ruang dapat memberikan tambahan suasana segar.

Lihat juga: Tips Desain Warna Ruang Keluarga di Rumah

 

Tambahkan Tirai Panjang

Untuk ruang keluarga yang ada jendelanya, anda sebaiknya menggunakan tirai dengan model panjang yang sampai menyentuh lantai ruangan. Mengapa menggunakan tirai tersebut? Tirai itu sendiri berfungsi untuk dapat memunculkan suatu ilusi plafon terlihat lebih tinggi dan juga ruangannya menjadi terlihat lebih luas.

Selain dari fungsi diatas, tirai yang menyentuh lantai juga membuat jendela jadi terlihat lebih elegan. Sesuaikan warna tirai dengan warna dinding atau dengan konsep yang anda gunakan.

 

Gunakan Rak Minimalis

Untuk tempat penyimpanan barang-barang anda di ruangan tersebut, anda bisa menggunakan rak dengan desain minimalis bertingkat atau rak yang menempel di dinding. Gunakan rak yang tidak terlalu besar dan warna yang tidak terlampau mencolok.

Untuk rak dinding, anda bisa menggunakan papan yang disusun atau bentuk rak dinding yang unik lainnya.

 

Penerangan Ruang

Ruang keluarga harus mempunyai pencahayaan yang cukup dan juga ventilasi udara yang baik. Jika ruang keluarga tidak ada ventilasi atau tidak terlalu baik ventilasi udara dan cahayanya, Anda dapat memakai trik penggunaan tiga lampu dari beberapa sudut yang berbeda.

Lihat juga: Trik Membuat Ruang Tamu Tampak Mewah

Penerangan tiga lampu akan menciptakan cahaya yang cukup dan juga bisa membuat rasa nyaman untuk Anda, terutama saat malam hari.

Berikan Rating
Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS