Tips Menjaga Kebesihan Rumah Agar Bayi Tetap Sehat

Tips Menjaga Kebesihan Rumah Agar Bayi Tetap Sehat

SHARE

Jika anda saat ini memiliki bayi dirumah, tentunya anda harus mulai memperhatikan kebersihan dan juga kerapihan dari rumah anda terutama ruangan atau kamar yang digunakan untuk si bayi tidur.

Supaya kesehatan bayi anda terus terjaga dengan baik -termasuk juga anda tentunya agar tidak menular ke si bayi- anda harus memastikan kalau hunian tempat tinggal anda sudah terbebas dari bakteri dan juga virus yang dapat menyebabkan penyakit pada bayi ataupun anda sebagi orang tuanya. Pastikan kalau anda sudah melakukan hal tersebut sebelum bayi anda dibawa ke rumah dan dibawa kedalam kamarnya.

Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kebersihan rumah agar bayi tetap sehat yang bisa anda lakukan sehari-hari.

Makan di Meja Makan Saja

Sebaiknya selama anda memiliki seorang bayi dirumah, buatlah aturan untuk hanya makan di meja makan saja termasuk saat anda hanya ingin ngemil atau makan. Hal tersebut dilakukan supaya tidak ada remah-remah atau sisa makanan yang jatuh dan membuat kuman atau bakteri datang. Selain itu juga akan mengundang serangga seperti semut dan juga kecoa.

 

Taruh Sepatu di Luar Rumah

Tips selanjutnya dalam menjaga kebersihan rumah agar bayi anda tetap sehat adalah dengan menaruh sepatu anda dan pasangan diluar rumah. Sebaiknya hindari sepatu yang anda gunakan diluar untuk ditaruh didalam. Anda bisa menaruh di rak atau menempatkannya di area garasi. Anda bisa menyimpannya di laci atau lemari sepatu yang menggunakan kunci jika anda khawatir untuk kehilangan sepatu tersebut.

 

Pisahkan Sampah Dirumah

Pisahkan sampah-sampah seperti sampah kering atau basah terutama untuk kamar bayi anda. Jangan campurkan sampah basah dengan yang kering karena sampah basah cenderung cepat mengundang datangnya bakteri dan juga jamur.

 

Bersihkan Kamar Bayi Secara Rutin

Pastikan sebelum bayi anda mengisi kamar yang akan ia gunakan untuk tidur sudah dibersihkan dan bebas dari debu maupun kuman. Bersihkan mulai dari bagian lantai, dinding,jendela dan sudut-sudut kamar diruangan tersebut.

Setelah itu bukan jendela kamar agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik. Untuk dinding ruangan, gunakan warna-warna cerah atau terang seperti warna putih, merah muda, biru muda atau hijau muda.

 

Sediakan Tisu Basah Disetiap Ruangan

Sebaiknya juga sediakan beberapa tisu basah di beberapa ruangan terutama ditempat yang anda dan bayi anda sering gunakan seperti kamar tidur dan ruang keluarga. Anda bisa gunakan untuk membersihkan makanan, kotoran atau saat bayi anda membutuhkannya.

 

Demikian beberapa tips menjaga kebersihan rumah agar bayi anda tetap sehat dan terjaga dari berbagai penyakit.

Berikan Rating
Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS