Blog

Two in One

Kelebihan Ruangan Two In One

Two in One, Pada jaman dulu kamar mandi sering di buat di bagian belakang rumah, bahkan ada yang membuatnya secara terpisah dengan bangunan desain interior rumah. Karena mereka punya anggapan apabila kamar mandi untuk membersihkan diri merupakan area yang kotor dan lembab sehingga harus dibuat di tempat yang agak jauh agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Namun ketika sistem kesehatan bisa diciptakan dengan baik dan makin sempurna. Kamar mandi tidak dibuat secara terpisah lagi namun menyatu dengan bangunan desain interior rumah. Bukan itu saja, saat ini juga sudah banyak orang yang tertarik membuat kamar mandi yang diletakkan secara menyatu dengan kamar tidur.

Selain itu, pembuatan kamar mandi yang disatukan dengan kamar tidur juga menimbulkan efek positif yang lain yaitu tidak membutuhkan lahanย  atau tempat lain. Apalagi jikaย  mengingat lahan yang tersedia dalam komplek rumah tersebut tidak terlalu besar dan terbatas. Karena itu sistem ini lebih sering diaplikasikan pada bangunan desain interior yang ada di tengah kota karena lahan yang tersedia sudah tidak mencukupi lagi.

Tapi meskipun mempunyai beberapa kelebihan, membuat kamar mandi di kamar tidur sebaiknya bisa mempertimbangkan beberapa segi lebih dahulu. Pertama posisi pintu kamar mandi tidak boleh menghadap ke tempat tidur secara langsung. Karena ketika ada di kamar mandi kemudian ingin membuka pintu, tentu pemandangan yang ada di tempat tidur bisa terlihat secara langsung.

Hal yang sama juga bisa terjadi jika sedang ada yang tidur dan ada orang yang mandi dan pintunya sedang dalam kondisi yang terbuka tentu bisa terlihat jelas peristiwa seperti ini menimbulkan rasa tak nyaman. Lebih bagus lagi apabila kamar mandi ini diberi sekat pemisah ruang meski ukurannya tidak usah terlalu besar.

two in oneSelain itu aturlah posisi tempat tidur sedemikian rupa agar tidak menempel pada dinding kamar mandi. Karena sering terkena cipratan air, dinding tersebut selalu dalam keadaan basah sekaligus lembab. Jika ada di tempat tidak jauh dari dinding lembab pasti bisa membuat orang yang ada di tempat tidur akan merasa dingin dan tidak enak.(besthomedecorators)

Desain Two in one dalam ruangan yang sifatnya paling privat di rumah. Ketika keduanya digabungkan dalam satu ruangan, keintiman yang menyatu antar ruang akan lebih terasa, terlebih jika hanya dipisahkan oleh partisi kaca transparan. Penggunaan material ini sekaligus menjadi solusi melapangkan kesan kamar mandi yang kecil.

Saat kamar mandi berada di dalam kamar tidur pribadi, privasi yang maksimal tak lagi dibutuhkan. Ruangan ini dapat dibuat menyatu dengan menggunaan dinding kaca yang memberi kesan modern, ringan, dan lapang. Sisi dinding pada area kering diisi oleh kaca transparan tanpa pintu.

Sedangkan sisi dinding pada area basah tetap diisi oleh dinding bata berpelapis keramik sebagai penanda fungsi area kamar mandi yang berbeda antara basah dan kering. Penggunaan material ini membuat kamar mandi terkesan menyatu dengan ruang tidur, sekaligus menghadirkan kesan modern melalui pengolahan pencahayaan yang maksimal. Cermin besar pun diletakan pada dinding untuk semakin memperkuat kesan luas.

Namun, dengan desain yang seperti ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kualitas kamar mandi. Selain harus menjaga kebersihan dan kerapian kamar mandi, sebaiknya pasanglah exhaust fan sebagai antisipasi dari nihilnya pintu kamar mandi. Ini untuk mencegah bau tak sedap tercium hingga kamar tidur.(tabloid rumah).ย 

Dan Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai taman mungil, dapur pop tematik, dan kamar tidur nuansa maskulin. Selamat membaca, Happy design ๐Ÿ™‚

Berikan Rating

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Send Button Widget
WhatsApp
Phone
More
Powered by WhatsHelp