Upholstery

Upholstery

SHARE
Upholstery
Upholstery

Mengenal Fungsi Upholstery

Upholstery yang baik bisa mencegah suasana ruang dan menciptakan tampilan “warna” baru sebuah sofa. Jika anda termasuk orang yang gemar mengganti penampilan sofa anda, rajin-rajinlah memperbarui pengetahuan tentang bahan yang anda miliki.

Lalu, apa aja bahan-bahan sofa tersebut?? Berikut informasinya :
Katun

Yang kita tahu, katun adalah salah satu bahan utama pakaian, bahan katun ini cukup banyak disenangi di Indonesia, karena Indonesia yang beriklim tropis dengan suhu yang relative tinggi, sehingga membuat kita membutuhkan bahan tipis dan cepat menyerap keringat.

Bahan katun juga dipakai pada sofa, pada pembuatan sofa, serat katun yang tipis membuat bahan ini lebih sering dipakai sebagai pelapis atau penutup sofa berukuran kecil dan sedang. Jika dilihat dari segi harga, harga bahan ini bisa dijangkau oleh banyak kalangan, begitupun dengan perawatannya, cara perawatannya cukup mudah, rendam bahan ini dengan deterjen sebentar, kotoran akan langsung terangkat.

UpholsterySerat alami

Selain berbahan katun, adapula sofa yang dibuat dengan unsure alami, yaitu dibuat dengan serat alami. Biasanya sofa berbahan serat alami, banyak dibuat oleh pengrajin-pengrajin di daerah. Mereka mengolah bahan-bahan alam seperti eceng gondok, daun kelapa, rumput, serta kulit dan daun jagung menjadi serat alami yang kemudian dijalin samapai membentuk tampilan yang menyerupai bahan kain pada umumnya.

Selain itu, bahan serat alami ini mulai dimanfaatkan sebagai bahan pelapis furniture. Beberapa hunian yang menerapkan konsep alami memanfaatkan tampilan natural serat ini sebagai penyempurnaan keseluruhan desain interior ruang.

Chenille

Adalah bahan yang terbuat dari campuran bahan sintetis tengah menjadi primadona dalam dunia soft-furnishing. Kenapa?? Karena sekarang ini makin banyak desainer yang mulai beralih pada bahan-bahan sintetis dengan kualitas, ketahanan umur, keberagaman motif serta aplikasi yang setara dengan bahan alami biasa lainnya. Kesulitan untuk mendapatkan bahan alami juga menjadi factor untuk beralih ke bahan sintetis.

Untuk harga chenille, cukup bervariasi, tergantung dari motif, corak, ketebalan, serta kehalusan bahan. Sebelum menggunakannya sebagai pelapis sofa, anda harus mengetahui bahwa perawatan bahan ini tidaklah mudah. Bahan chenille yang sudah terlanjur terkena noda harus segera dibersihkan dengan tekhnik dry cleaning. Fungsinya untuk menjaga supaya serat bahannya tidak berkerut atau tertarik keluar.

Beludru

Bahan yang satu ini kerap dijadikan pilihan utama soft furnishing untuk menciptakan kesan mewah dan elegan. Yang menyukai bahan ini biasanya adalah orang-orang yang kehidupannya sudah mulai mapan. Bahan beludru sangat cocok diterapkan untuk gaya interior klasik dan modern.

Jenis serat yang tebal menciptakan permukaan kain dengan tekstur khusus. Karena teksturnya yang unik itulah maka tak heran bila bahan ini kerap digunakan sebagai salah satu bahan eksperimen untuk mewujudkan ide-ide kreatif para desainer interior.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai gazebo taman, desain dapur, dan dapur minimalis. Selamat membaca, Happy design 🙂

Berikan Rating
Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY